indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bangunan Lebih Kuat dan Aman dengan Konstruksi Baja

Saat akan memulai membangun sebuah bangunan, Anda pasti memikirkan tentang rancangan yang akan dieksekusi. Salah satu rancangan tersebut adalah pembuatan konstruksi struktur bangunan. Banyak yang bilang bahwa menggunakan konstruksi baja memberikan banyak keuntungan. Tidak salah memang, bahan baku baja memang sangat terkenal dalam pembangunan sebuah bangunan. Berbeda dengan konstruksi berbahan kayu yang memerlukan perawatan rutin, konstruksi baja dipilih karena tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Selain itu, proses pembangunan konstruksi baja juga lebih mudah dan cepat didirikan daripada konstruksi kayu. Namun jangan salah, mudah dan cepat bukan berarti kualitas konstruksi baja tidak kuat dan tidak aman.

Justru sebaliknya, menggunakan konstruksi baja sangat kuat dikarenakan dalam pembuatan materialnya menggunakan teknologi termutakhir. Kualitas terbaik yang ditawarkan oleh konstruksi baja membuatnya menjadi pilihan utama untuk dibangun pada daerah-daerah yang memiliki kerawanan bencana alam. Baja sendiri terbuat dari logam yang sangat awet dan membuat bangunan sulit untuk bisa roboh.

Lalu, apa saja kelebihan yang dimiliki konstruksi baja dibanding yang lain?

Lebih Ringan Daripada Konstruksi Kayu

Ketika kayu dan baja dipotong dalam ukuran yang sama, berat baja lebih berat daripada berat kayu. Akan tetapi, siapa sangka bahwa saat menggunakan konstruksi baja, beratnya akan lebih ringan daripada menggunakan konstruksi kayu. Kelebihan ini yang mempermudah pekerjaan dalam membuat rancangan pondasi rumah atau bangunan beserta struktur penopang lainnya. Pastinya, konstruksi baja yang memiliki berat ringan ini bisa mengurangi beban kebutuhan tenaga dan pengeluaran saat pengiriman dan pemasangan.

Konstruksi Baja Lebih Stabil dan Kompak

Beban penggunaan konstruksi baja bisa disebut masih kecil. Hal ini membuat konstruksi baja mampu berdiri sendiri pada bangunan yang luas atau tinggi. Terlebih lagi, konstruksi baja bisa menjadi solusi saat ingin membangun sebuah rumah atau bangunan di atas tanah yang labil atau tidak stabil.  

Anda juga tidak perlu cemas dengan kualitas dari konstruksi baja sendiri. Baja merupakan produk buatan pabrik yang memiliki mutu terstandar. Selain itu, konstruksi baja juga mempunya kualitas yang cenderung tidak berubah atau stabil seiring waktu. Oleh karena itu, konstruksi baja dikenal dengan baik sebagai produk yang tahan lama.

Konstruksi Baja Dibangun Lebih Cepat

Jika Anda sedang dalam keadaan untuk membangun rumah dalam tempo singkat, konstruksi baja bisa menjadi solusi tepat. Terlebih lagi, baja sendiri dibuat dengan standar terbaik dan mudah dibentuk. Sehingga, Anda bisa menyingkat waktu dalam pemilihan ukuran dan kualitas. Di samping fleksibilitas baja yang mudah dibentuk dan disambungkan, konstruksi baja juga hanya memerlukan waktu yang singkat dalam proses pemasangannya. Faktor kesalahan manusia juga bisa berkurang.

Memiliki Daktilitas yang Tinggi Sehingga Lebih Aman

Kemampuan sebuah material untuk merenggang dan akhirnya putus memiliki sebutan tersendiri, yaitu daktilitas. Perlu untuk Anda mengetahui bahwa baja adalah material yang mempunyai daktilitas tingkat tinggi sehingga sifat elastisnya lebih besar dan mampu menahan beban yang lebih besar pula.

Baca Juga : Bagaimana Cara Pasang Baja Ringan yang Tepat? Semua Dibahas Di Sini

Keuntungan menggunakan konstruksi baja yang lain adalah rangkap atap baja ringan yang akan memberikan tanda pembengkokan saat beban yang ditopang terlalu berat hingga memberikan waktu yang cukup untuk mencegah keruntuhan. Karakteristik konstruksi baja seperti membuat rumah atau bangunan Anda lebih tahan dan kuat terhadap guncangan seperti gempa bumi.

Konstruksi Baja Aman Bagi Kantong Anda

Faktor kekuatan dan keamanan adalah faktor-faktor pendukung kenapa Anda harus memilih menggunakan konstruksi baja. Namun, faktor ekonomi juga menjadi pertimbangan penting kenapa Anda harus memilih menggunakan konstruksi baja saat membangun rumah atau bangunan Anda.

Meskipun terkesan mahal, konstruksi baja hanya menimbulkan pembengkakan biaya pada saat awal pembelian saja. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya yang harus Anda keluarkan jika menggunakan konstruksi dari bahan lain. Konstruksi baja sangat awet dan bisa didaur ulang.

Oleh karena itu, konstruksi baja bisa bertahan lama hingga puluhan tahun. Belum lagi, biaya perawatan, perbaikan, dan penggantian tidak akan semahal biaya pengeluaran saat menggunakan konstruksi dari material lain. Sehingga, konstruksi baja bisa dibilang aman bagi kantong Anda.

Konstruksi Baja Ramah Lingkungan

Selain awet, konstruksi baja juga ramah bagi lingkungan. Konstruksi baja bisa didaur ulang menjadi produk dalam bentuk lain, sehingga konstruksi baja tidak begitu saja menjadi sampah dan membantu mengurangi emisi karbon. Jika Anda ingin memiliki rumah atau bangunan yang ramah lingkungan. Konstruksi baja adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Itulah beberapa keunggulan konstruksi baja dibandingkan konstruksi lain seperti konstruksi kayu. Jika Anda membangun rumah atau bangunan yang menggunakan konstruksi baja, Anda tidak hanya memberikan kontribusi positif pada lingkungan, tapi juga pada keamanan orang-orang yang menggunakan dan di sekitar bangunan itu dan juga bagi dompet Anda sendiri.

You May Also Like