indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Perbedaan Besi WF dan H Beam Agar Tidak Salah Pilih

Besi baja menjadi komponen penting, sehingga ada baiknya mengetahui perbedaan besi WF dan H beam agar Anda tidak keliru. Besi yang memiliki struktur kokoh, dinilai pas dalam menahan beban dari sebuah bangunan. Dua jenis yang akan sering Anda temukan adalah besi WF dengan H beam. Secara umum mungkin banyak yang menilai jika keduanya adalah bentuk besi yang sama, namun kenyataannya berbeda. Ada perbedaan yang membuat keduanya tidak bisa disamakan. Kali ini kita akan coba mencari tahu apa perbedaan dari dua jenis besi ini.
 

Perbedaan Besi WF dan H Beam

Besi baja menjadi andalan ketika membangun sebuah gedung bertingkat, gudang besar, ataupun pabrik. Jenis bangunan ini akan membutuhkan kekokohan agar bisa tahan dari cuaca dan kondisi lainnya. Tidak heran jika kita bisa menjumpai dengan mudah penggunaan besi WF dan juga H beam di tempat seperti ini.

Kedua jenis besi baja ini memiliki perbedaan yang harus Anda ketahui. Terlebih lagi jika Anda memiliki rencana untuk membangun berbagai struktur di atas. Kenali perbedaan keduanya di bawah ini.
 

Besi WF

Besi WF alias besi wide flange merupakan jenis baja dengan daya tekan serta tarik yang tinggi. Ini bisa dicapai karena elemen sempurna yang berguna dalam menahan tarik-tekan aksial. Beratnya yang ideal dan cukup ringan serta kepadatannya yang tinggi membuat besi wf ini dapat meningkatkan efisiensi konstruksi bangunan seperti rumah. Tidak ketinggalan juga keamanannya dari gaya beban pada saat memasang pondasi, baik itu gaya beban horizontal maupun vertikal. Tingkat ketahanannya terhadap suhu dan tekanan juga menjadikan besi ini sebagai pilihan yang baik.
 

H Beam

Melalui proses produksi dengan canai panas, lalu dipelat dan juga di-las H beam ini menjadi baja yang tahan akan beban besar. Anda dapat mudah mengenali baja ini dari bentuknya yang menyerupai balok seperti huruf H dan dikenal dengan istilah hot rolled dalam bahasa Inggris. Perbedaan dari segi fungsi, H beam ini cocok untuk penggunaan dalam proyek konstruksi pembangunan jembatan, gedung tingkat tinggi, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Perbedaan Besi dan Baja yang Sering Ditemui
 

Perbedaan Dalam Dimensi

Dimensi menjadi salah satu hal yang akan bisa dikenali sebagai perbedaan antara keduanya. Ukuran besi WF adalah 200 mm x 100 mm, sementara dimensi H beam adalah 100 mm x 100 mm. Walaupun berbeda, keduanya juga sering digabungkan dalam membentuk struktur kokoh dari pembangunan gedung bertingkat tinggi.
 

Perbedaan Dalam Harga

Keduanya akan memiliki kualitas yang sama tergantung dari apakah teknik pembuatan sudah tepat. Untuk segi harga, ada perbedaan yang cukup berbeda karena dimensi dari keduanya.

Untuk besi WF yang memiliki dimensi sedikit lebih besar, harga jualnya di pasaran dimulai dari Rp15.200/kg atau Rp2.553.600/batang untuk ukuran 150 x 75 x 5 x 7 mm, hingga Rp15.900/kg atau Rp17.092.600/batang di ukuran 500 x 200 x 10 x 16 mm.

Sedangkan untuk H beam, harga pasarannya adalah Rp1.289.972 hingga Rp 1.430.600 per batang di ukuran 100 x 100 x 6 x 8 mm x 6 meter. Lalu Rp28.896.000 hingga  Rp31.992.000 per batang di ukuran 400 x 400 x 13 x 21 mm x 12 meter.

Jadi itulah dia perbedaan besi WF dan H beam yang harus diketahui, dapatkan juga informasi mengenai harga besi hollow 4x6 di Indosteger. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.

Recent Articles