indosteger@gmail.com   +62218294428

News

2 Cara Memasang Pipa Wastafel Cuci Piring

Pada artikel ini, kami akan mengajak Anda bagaimana cara memasang pipa wastafel cuci piring yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Meskipun terkesan susah, tapi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan ada kemauan, pasti Anda bisa melakukannya. Namun dalam memasang pipa wastafel, Anda harus sangat berhati-hati dan sangat teliti supaya nantinya tidak terjadi kebocoran saat akan digunakan. Pemasangan pipa wastafel di mana saja umumnya sama, jadi jika Anda sudah mengerti cara memasangnya, kedepan Anda bisa memasang pipa wastafel apa saja. 

 

Namun sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkah pemasangan pipa, pastikan Anda sudah membeli wastafel atau tempat cuci piring yang nantinya akan disambung dengan saluran pipa. Anda bisa membelinya di mana saja sesuai desain, fungsi dan anggaran yang Anda miliki. Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa tempat Anda memasang wastafel dan pipa adalah tempat yang memang sudah dirancang sebagai saluran pembuangan. Selain itu harus dekat dengan sumber air yang juga sudah direncanakan sebelumnya. Jika semuanya sudah siap, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Cara Memasang Pipa Wastafel Cuci Piring

Terdapat 2 cara yang bisa Anda pilih dalam memasang pipa wastafel cuci piring di rumah Anda. Cara pertama adalah dengan melakukannya sendiri dan cara kedua adalah dengan meminta bantuan teknisi terkait.

1. Melakukannya Sendiri

Saat Anda ingin membeli pipa untuk wastafel Anda, pastikan Anda telah melakukan pengukuran terhadap diameter dari lubang wastafel dan lubang saluran pembuangan. Hal ini dilakukan supaya pipa yang akan terpasang dapat dipasang sesuai dengan ukuran lubang yang ada dan tidak mengakibatkan kebocoran. Jika sudah, jangan lupa siapkan plester khusus pipa untuk berjaga-jaga jika masih ada ruang yang tersisa saat pemasangan pipa. Selanjutnya, rakit pipa yang sudah Anda beli sedemikian rupa hingga menjadi satu kesatuan yang siap dipasang pada wastafel dan lubang saluran pembuangan. 

Pasang satu ujung pipa dengan wastafel dan pasang ujung yang lainnya ke saluran pembuangan. Kencangkan dengan mur yang ada. Jika sudah terpasang, lakukan uji coba dengan menyalakan keran air di wastafel. Usap dengan tisu setiap bagian pipa untuk mengetahui apakah ada kebocoran. Jika tisu basah, maka Anda harus mengulang pemasangan dan melihat bagian mana yang tidak tertutup rapat. Jika tisu kering, maka pipa wastafel Anda sudah terpasang dengan baik.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat dengan Efektif

2. Menggunakan Jasa Teknisi

Cara yang kedua memang terkesan biasa dan telah diketahui oleh banyak orang, yaitu menggunakan jasa teknisi yang sudah ahli dalam memasang pipa air wastafel. Anda dapat memanggil jasa teknisi mana saja yang memang sudah ahli dalam melakukannya. Akan tetapi lebih baik jika Anda menggunakan jasa dari tempat Anda membeli pipa wastafel cuci piring karena mereka yang paling mengerti mengenai produk dan cara pemasangan yang tepat. 

Dengan menggunakan jasa yang ada, Anda jadi dimudahkan dalam pemasangan dan tidak perlu khawatir ada kebocoran atau kerusakan saat pemasangan karena yang memasang adalah seorang yang dapat Anda percaya. Tentu Anda jadi harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk jasa yang digunakan, tetapi Anda jadi bisa menghemat waktu.

Bagaimana? Apakah Anda dapat mengikuti caranya dengan mudah? Semoga pemasangan pipa wastafel Anda dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kebocoran. Namun jika ada kebocoran berlanjut padahal sudah Anda tambal dengan plester pipa, mungkin Anda perlu menggantinya dengan pipa yang sesuai dengan ukuran diameter lubang wastafel dan lubang saluran pembuangan.

Pastikan Anda mengukurnya lagi dengan benar. Lalu Anda dapat mencari pipa dengan ukuran tersebut di Indosteger. Kami menganjurkan Anda menggunakan galvanized pipe yang sudah dilapisi dengan lapisan korosi dan karat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Demikian penjelasan cara memasang pipa wastafel cuci piring, jika Anda mencari artikel berguna lainnya, Anda bisa mengunjungi website Indosteger.

Baca Juga: Jenis Jenis Pipa Air yang Umum Digunakan

Recent Articles