indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cari Tahu Trik dan Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Bor di Sini

Terdapat beberapa cara memasang rak dinding tanpa bor dan tanpa perlu memanggil tukang. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Namun tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukannya. Kekuatan beban yang bisa ditahan rak dinding tanpa menggunakan bor dan paku berbeda dengan menggunakan bor dan paku. Tentu saja rak dinding yang menggunakan bor dan paku akan jauh lebih kuat. Namun dengan bor dan paku, tembok Anda jadi tidak  indah seperti semula karena sudah ada lubang atau bekas retakan. Untuk membuat tembok Anda tetap utuh dan terhindar dari retakan, Anda bisa memasang rak dinding dengan cara berikut ini. 

Bagaimana Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Bor Dengan Aman dan Mudah?

Adapun trik dan cara memasang rak dinding tanpa bor adalah sebagai berikut:

1. Memilih Model Rak Dinding

Apabila ingin membuatnya melayang, Anda bisa memilih rak dinding yang memiliki berat cukup ringan. Ingatlah bahwa menggantung rak dinding tanpa bor dan paku tidak bisa menahan beban yang sangat berat. Anda bisa memilih model yang unik sekaligus ringan. Saat ini ada banyak rak dinding yang memiliki bentuk menarik dan estetik serta memiliki bobot yang ringan. Ada yang berbentuk heksagon, bentuk kotak, dan lain-lain. Pilihlah yang sesuai dengan tema rumah Anda. 

Baca Juga: Cara Membuat Rak Dinding Minimalis Modern dan Bahannya

2. Menaruhnya di Atas Meja

Meskipun disebut rak dinding, tidak ada aturan tempat menaruhnya, bukan? Anda bisa menaruh rak tersebut di atas meja untuk memberikan kesan estetik yang unik. Misalnya rak dinding model bertingkat, rak ini mungkin akan sangat sulit dibuat melayang tanpa menggunakan bor dan paku, tetapi bisa ditaruh di atas meja sebagai tempat penyimpanan barang lainnya. 

Baca Juga: 6 Ide Rak Dinding Besi Hollow Untuk Berbagai Kebutuhan

Anda bisa juga menaruhnya di atas meja atau di mana saja yang bagus dan cocok. Anda bisa berkreasi dengan bebas dalam menaruh rak dinding, demi penampilan rumah semakin nyaman dan cantik dipandang. 

3. Menggunakan Selotip Perekat

Alternatif dari paku adalah menggunakan selotip perekat. Saat ini sudah ada banyak merek yang menjual selotip perekat untuk mengangkat beban, seperti bingkai foto atau objek besar lainnya. Meskipun memang perlu diingat bahwa selotip memiliki batasan berat beban yang bisa ditanggung. 

Memasang selotip perekat memiliki cara khusus supaya selotip ini terpasang dengan kuat pada dinding dan pada rak dinding yang akan dipasang. Sebelum menempelnya, Anda perlu membersihkan bagian rak dan tembok yang ingin ditempel dengan isopropil alkohol supaya selotip bisa merekat sempurna. 

Setelah itu tempel selotip pada rak dinding dan tembok, kemudian tekan setiap selotip selama 30 detik. Jika sudah, pasang rak ke tembok dan pegang rak selama 30 detik. Selanjutnya lepas perlahan rak dinding dari tembok, dan kembali tekan selotip selama 30 detik. Sebelum memasang kembali rak ke tembok, tunggu selama satu jam. Semua proses ini dilakukan supaya selotip bisa merekat dengan baik. 

Baca Juga: Cara Membuat Rak dari Besi Hollow dengan Mudah dan Hemat

Bagaimana? Mudah bukan memasang rak dinding tanpa bor? Nantinya saat rak dinding ingin di lepas, Anda bisa dengan mudah melepasnya tanpa meninggalkan bekas apapun. Lalu Anda bisa menggunakan tempat tersebut untuk keperluan lainnya. Kini Anda jadi bisa menggunakan barang-barang yang sudah pernah digunakan berkali-kali. Sama seperti scaffolding yang bisa digunakan berkali-kali. 

Apabila Anda menginginkan lingkungan yang sehat dan terawat, mulailah menggunakan barang-barang yang bisa digunakan berkali-kali. Anda bisa sewa scaffolding murah di Indosteger. Silakan mengunjungi website Indosteger untuk mencari ukuran dan spesifikasi lain yang Anda butuhkan dan selamat mencoba cara memasang rak dinding tanpa bor!

Recent Articles