indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Rak Dinding untuk Percantik Interior Ruang

Rak dinding minimalis menjadi salah satu interior yang ada di dalam rumah. Fungsi dari rak ini selain untuk meletakkan benda-benda dan hiasan, adalah untuk mempercantik dinding dalam rumah. Lantas, bagaimana cara membuat rak dinding sendiri di rumah? Berikut yang harus diperhatikan.
 

Jenis-Jenis Rak Dinding Tempel Minimalis

Sebelum memutuskan untuk menggunakan rak dinding, sebaikny Anda mengetahui terlebih dahulu jenis rak dinding agar sesuai dengan kebutuhan dan desain interior rumah:
 

1. Rak Dinding Melayang

Jenis rak dinding minimalis ini sering juga disebut sebagai floating shelf. Hal ini dikarenakan rak tempel dinding ini tampak melayang saat menempel di dinding. Jenis rak dinding ini umumnya merupakan rak dinding tanpa siku yang berarti tidak ada semacam pembatas atau penahan di ujung rak.

Hal tersebut membuat desain rak dinding tempel satu ini memiliki kesan minimalis. Tetapi, jika Anda berniat untuk menjadikan rak dinding melayang ini sebagai rak buku, Anda bisa menambahkan siku di ujung rak dinding tersebut.
 

2. Rak Dinding Kabinet

Desain rak dinding minimalis satu ini menyerupai sebuah jendela. Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan desain rak dinding minimalis jenis melayang. Akan tetapi, walaupun ukurannya besar, model rak dinding ini tetap memiliki kesan minimalis, utamanya karena desainnya yang simpel.

Rak dinding minimalis ini juga bersifat lebih aman dibanding jenis rak dinding melayang. Anda bisa menambahkan kaca atau pintu untuk menjaga agar barang yang ditaruh di atas rak dinding tidak mudah jauh.
 

3. Pilih Rak Dinding Melayang Atau Kabinet?

Pilihan antara dinding melayang atau kabinet tentunya ditentukan oleh kebutuhan dan ketersediaan ruang di rumah Anda. Jika Anda hanya membutuhkan hiasan dinding dan sekedar menaruh barang-barang kecil, rak melayang mungkin adadalah pilihan yang tepat. Tetapi, jika Anda berniat untuk menjadikan rak tidak hanya sebagai hiasan dinding tetapi tempat penyimpanan barang, ada baiknya Anda membuat rak dinding kabinet karena ukurannya yang besar.

Baca juga: 5 Cara Menghaluskan Tembok yang Tidak Rata
 

Langkah Membuat Rak Dinding Minimalis Modern

Pada artikel kali ini, kita akan membuat rak kayu yang akan dijadikan rak dinding minimalis. Mengapa rak kayu? Karena sifatnya yang fleksibel bisa ditempatkan di mana saja, sebagai rak dinding kamar, ruang tamu, hingga sebagai rak dinding dapur.

Selain itu, bahan kayu juga relatif murah dari bahan lainnya, serta memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan bahan murah lainnya. Jika tertarik, Anda juga bisa membuat rak dinding dari kardus. Tetapi, daya tahannya tidak akan sekuat jika Anda membuat rak dinding minimalis dari kayu.

Tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rak dinding minimalis modern.
 

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebagai langkah awal dalam cara membuat rak dinding minimalis adalah dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Untuk bahannya sendiri ada beberapa yang perlu untuk Anda persiapkan dengan baik. Mulai dari bahan utama seperti kayu dan pelengkapnya. Berikut daftarnya:

  1. Kayu atau tripleks dengan ukuran 12 mm
  2. Plat besi berukuran 3mm dengan panjang 7-10 cm sebanyak 2 buah
  3. Plat besi berukuran 3mm dengan panjang 26 – 35 cm sebanyak 2 buah
  4. Cat kayu
  5. Lem kayu berkualitas baik
  6. Paku dan sekrup
  7. 4 buah fisher s6

Setelah semua bahan sudah lengkap, Anda pun juga wajib mempersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam membuat rak tersebut. Beberapa daftar alat ini di antaranya:

  1. Mesin las
  2. Gerinda tangan
  3. Palu dan obeng
  4. Bor dan mata bor besi dengan ukuran 6 mm dan mata bor untuk tembok 6 mm
  5. Gergaji kayu
     

2. Membuat Bagian Rak Dinding Minimalis

Kini, Anda pun bisa memulai membuat rak sendiri di rumah. Pada dasarnya, cara membuat rak dinding minimalis dengan mudah ini terdiri dari tiga hal penting. Mulai dari membuat bracketnya dan dilanjutkan dengan membuat raknya. Barulah pada proses terakhir ini adalah pemasangannya. Bagaimana selengkapnya? Ada baiknya simak langkahnya di bawah ini.
 

Buat Bracketnya

Untuk bracket Anda harus menyiapkan plat dari besi dengan kualitas terbaik agar rak dinding minimalis Anda makin kuat. Anda pun dapat memanfaatkan bahan besi ini dari sisa teralis jendela yang tidak terpakai agar lebih hemat. Kemudian, buatlah lubang kurang lebih 6 mm dengan menggunakan bor di kedua sisi pelat besi yang berukuran kurang lebih 7 cm.

Proses selanjutnya, lakukan pengelasan di plat besi dengan ukuran 2 cm di bagian tengah yang sudah dilubangi tadi dan membentuk huruf ‘T’. Untuk menjaga besi agar tidak berkarat, Anda dapat melapisinya dengan cat anti karat secukupnya.
 

Proses Membuat Rak

Langkah berikutnya adalah dengan membuat papan rak tersebut. Pertama, Anda bisa memotong tripleks dengan ukuran tertentu. Pastikan ukurannya juga sesuai dengan ukuran bracketnya. Rakitlah tripleks ini dengan menggunakan lem kayu di tiap-tiap sambungan supaya menjadi semakin kuat.

Gunakan paku maupun sekrup yang sudah disiapkan tadi dalam menyambung bagian rak. Bila menginginkan hasil yang maksimal, bisa pula dengan menggunakan paku angin. Tutuplah bagian samping tripleks dengan menggunakan dempul dan haluskan dengan amplas sampai rata. Terakhir, cat lah rak yang sudah dibuat sesuai dengan warna yang diinginkan.
 

Memasang Rak Dinding Minimalis

Langkah terakhir dari cara membuat rak dinding untuk interior rumah adalah dengan memasang rak pada dinding. Anda harus menandai bagian dinding yang akan dipasangi rak. Buatlah lubang dengan cara dibor dan pasanglah fisher S6 di tiap lubangnya. Namun jika Anda tidak memiliki bor, informasi cara memasang fisher tanpa bor mungkin akan sangat bermanfaat.

Setelah selesai, Anda bisa memasang bracket menggunakan obeng maupun sekrup. Pada saat pemasangan tersebut Anda dapat menggunakan waterpass agar semakin nampak presisi. Apabila sudah sejajar, Anda pun dapat memasangnya secara perlahan
 

3. Memasang Rak Dinding Tanpa Bor

Cara membuat rak dinding dan pemasangannya bisa pula dilakukan tanpa harus di bor. Tentu cara ini menjadi langkah praktis dan tidak merusak tembok. Berikut caranya yang bisa Anda coba.

  1. Bersihkan dinding supaya perekatnya dapat menempel dengan baik
  2. Saat membersihkan ini, Anda bisa menggunakan lap dan alkohol. Sebaiknya, jangan menggunakan cairan pembersih maupun air karena ini 
  3. akan membuat permukaannya semakin licin.
  4. Pastikan dinding tidak bergelombang dan harus rata
  5. Pada saat pemasangan, gunakanlah lem dengan kualitas terbaik
  6. Uji kekuatannya dan diamkan hingga satu hari agar lem merekat sempurna.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat rak dinding di rumah sendiri? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Membuat Rak Besi Sendiri dengan Besi Hollow Galvanis

Recent Articles