indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Paku dengan Rapi?

Cara memasang rak dinding tanpa paku sangat mungkin dilakukan. Meskipun kita terbiasa dengan menggunakan paku untuk membuat rak dinding terpasang dengan kuat, nyatanya penggunaan paku terkadang memberikan kesan yang tidak rapi. Belum lagi kalau hasil dari memaku meninggalkan bekas lubang dan retakan pada dinding. Sangat tidak sedap dipandang mata, bukan? Oleh karena itu pada artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memasang rak dinding tanpa paku. 

Bagaimana Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Paku Dengan Mudah?

Memasang rak dinding tanpa paku bukan hanya supaya terlihat rapi, tetapi juga bisa Anda jadikan alternatif bila tempat tinggal yang dihuni sekarang memiliki aturan “dilarang memodifikasi”. Apabila Anda tinggal di kos, apartemen, dorm dan tempat lainnya yang memiliki aturan ini, tentu saja cara yang akan dijelaskan di bawah ini akan sangat berguna. 

Baca Juga: Cari Tahu Trik dan Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Bor di Sini

1. Memilih Rak Dinding yang Ringan

Memilih rak dinding yang estetik dan cantik memang perlu, tetapi memilih berat yang ringan juga penting. Apabila ingin membuatnya melayang tanpa paku, Anda harus memperkirakan berat maksimal yang bisa ditanggung oleh selotip perekat. 

Tambahkan berat rak dinding dan barang yang ingin Anda taruh di atas rak tersebut. Jumlah total itulah yang akan menjadi berat sesungguhnya yang harus ditanggung oleh selotip perekat. Sebaiknya berat rak dinding memiliki berat minimal 1,4 kg dan maksimal 4,5 kg. 

Baca Juga: Cara Membuat Rak Dinding Minimalis Modern dan Bahannya

2. Menggunakan Selotip Mounting

Selotip mounting adalah selotip perekat yang memiliki daya tahan merekat sangat kuat. Daya tahan dari setiap selotip mounting berbeda-beda, oleh karena itu Anda perlu menyesuaikannya dengan berat dari rak dinding yang ingin digantung. Sebelum Anda membeli selotip tersebut, pastikan bahwa selotip memiliki daya rekat yang sangat kuat. 

4Biasanya selotip seperti ini ada yang bisa menahan beban bingkai foto atau objek lainnya yang berukuran besar. Cari selotip yang sisi satunya menggunakan bahan perekat dan sisi lainnya menggunakan bahan sejenis Velcro. Perekat yang biasanya digunakan terdiri dari tiga selotip, yaitu selotip untuk menggantung foto atau rak dinding, perekat reclosable fasteners dan perekat mounting yang bisa dilepas. 

Baca Juga: 6 Ide Rak Dinding Besi Hollow Untuk Berbagai Kebutuhan

3. Membersihkan Rak Dinding dan Tembok 

Sebelum mulai memasang, Anda perlu membersihkan bagian rak dan tembok yang akan ditempel dengan selotip. Membersihkannya juga tidak bisa menggunakan air biasa, tetapi gunakan isopropil alkohol. Tuang isopropil alkohol ke lap bersih dan usap rak dan tembok. Cara ini akan membantu membersihkan semua kotoran seperti minyak, lilin dan debu, sehingga selotip akan menempel dengan kuat. 

4. Menempel Selotip dengan Jarak yang Sama

Saat ingin menempel selotip, pastikan bahwa setiap jarak selotip ditempel dengan jarak yang sama. Saat menempel selotip ke rak, tekan selama 30 detik. Jika setelah 30 detik selotip belum merekat, Anda bisa menggunakan stapler. Saat sudah merekat dengan baik, tempel ke rak ke tembok dan pegang selama 30 detik agar rak menempel dengan baik. 

Setelah itu lepas rak dengan perlahan dan tekan lagi setiap selotip selama 30 detik. Jika ada selotip yang terlepas, ganti dengan selotip baru dan ulangi proses menekan selotip yang sebelumnya dilakukan. Jika dirasa rak dinding sudah menyatu dengan kuat, maka Anda bisa menaruh benda-benda ringan di atas rak tersebut. 

Cara yang dijelaskan di atas bisa Anda coba sebagai alternatif untuk membuat tembok tetap utuh dan cantik. Sangat penting untuk membuat tembok dinding rumah atau bangunan menjadi kuat dan kokoh supaya aman saat digunakan. Oleh karena itu saat Anda berencana membangun rumah atau suatu bangunan, diperlukan scaffolding sebagai bingkai yang memastikan bangunan dapat berdiri kokoh. 

Anda bisa sewa scaffolding murah di Indosteger! Tersedia berbagai ukuran scaffolding yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Dengan ini, artikel cara memasang rak dinding tanpa paku telah selesai. Apabila mencari artikel berguna lainnya Anda bisa mengunjungi website Indosteger.

Recent Articles