indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cari Tahu Perhitungan dan Cara Membagi Ukuran Tangga Putar atau Spiral di Sini

Dalam membuat tangga, penting bagi kontraktor dan kuli bangunan untuk mengetahui cara membagi ukuran tangga putar atau spiral. Jika perhitungan tidak dilakukan dengan tepat, bisa jadi hasil tangga putar tidak terlihat cantik. Coba bayangkan jika tangga di rumah Anda bentuknya tidak sama rata, lalu jarak anak tangga yang satu dan yang lain cukup jauh. Tangga seperti ini bukan hanya tidak indah untuk dilihat, tetapi juga sangat membahayakan seluruh anggota keluarga saat menggunakan tangga tersebut. Oleh karena itulah perhitungan yang tepat dari awal perlu dibuat. 

Bagaimana Cara Membagi Ukuran Tangga Putar Dengan Tepat?

Bentuk tangga putar atau tangga spiral memang memberikan kesan yang unik dan menarik, cukup berbeda dengan bentuk tangga yang lurus saja. Dalam membuat tangga, terdapat beberapa syarat lebar dan tinggi pokok. Tidak peduli bentuk tangganya, baik spiral atau lurus, syarat ini harus diimplementasikan. 

Baca Juga: Jenis-jenis Tangga di Dalam Rumah Minimalis

  • Tinggi trap anak tangga tidak boleh terlalu tinggi, supaya orang yang menggunakan tangga tidak merasa kelelahan saat naik turun tangga. Ukuran maksimal tinggi trap anak tangga adalah 20 cm. 

  • Lebar trap anak tangga tidak boleh terlalu lebar, supaya setiap kali orang melangkah, mereka bisa merasa nyaman. Lebar yang sudah ditentukan dengan tepat juga akan memberikan keamanan dari bahaya terpeleset. Ukuran minimal lebar trap anak tangga adalah 30 cm. 

  • Ukuran lebar tangga untuk dilewati satu orang dan tanpa simpangan, minimal 70 cm - 90 cm. Apabila ingin dibuat dengan simpangan, maka minimal lebar tangga adalah 120 cm - 150 cm. Perhitungan ini bisa Anda lihat dari lebar rata-rata badan seseorang, yaitu sekitar 60 cm. 

Untuk membagi ukuran tangga, Anda membutuhkan rumus. Rumus tangga spiral adalah sebagai berikut:

Panjang tangga spiral = ((???? x radius x sudut rotasi) ÷ 180)

Dari rumus ini, Anda perlu menentukan titik pusat, di mana titik tersebut digunakan untuk menerapkan perhitungan langkah-langkah tangga. Buatlah garis tempat orang akan berjalan. Garis ini terletak ? dari pusat. Misalnya jarak antara lempengan dan ruang anak tangga adalah 3 m. Radiusnya adalah 100 cm sesuai dengan tata letaknya. Sudut rotasi adalah 360 derajat. Jika dimasukkan ke rumus, kira-kira perhitungannya seperti di bawah ini: 

= (???? x 100 cm x 360) ÷ 180) = 628 cm 

Hasil perhitungan rumus masih dalam bentuk sentimeter, Anda perlu mengubahnya dalam bentuk meter dengan membaginya dengan 100. Jadi hasilnya akan seperti di bawah ini: 

= 628 ÷ 100

= 6,28 m

Andaikan bahwa garis berguna yang dihitung adalah 4,18 m. Garis berguna ini akan dipakai untuk orang melangkah. Saat mencoba 15 langkah, maka tapak tangga adalah 27 cm dan jarak anak antara anak tangga adalah 20 cm. 

Perlu diingat dalam melakukan perhitungan ini, ada beberapa pertimbangan yang sudah sempat disinggung. Jari-jari (lebar) minimum yang harus dipertimbangkan adalah 70 cm. Preferensi tangga minimal radius 80 cm. Perhitungan ketinggian minimal 2,15 m antara tangga dan atap (atau tangga atas). 

Demikian cara perhitungan dari tangga putar atau spiral yang perlu dilakukan. Saat membangun tangga spiral dan membangun keseluruhan suatu bangunan, keselamatan para pekerja penting diperhatikan. Supaya memudahkan para pekerja berpindah dari satu lantai ke lantai berikutnya, Anda memerlukan tangga scaffolding

Anda bisa menemukan tangga ini di Indosteger dengan semua harga dan spesifikasi yang lengkap. Baik menyewa atau membeli, Anda bisa melakukan keduanya di Indosteger. Silakan mengunjungi website Indosteger untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

Semoga cara membagi ukuran tangga putar di atas bisa membantu Anda dalam membuat tangga spiral yang cantik.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya