indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Ukuran Lebar Tangga Ideal untuk Rumah?

Memiliki rumah dua lantai berarti harus mengetahui lebar tangga ideal yang harus digunakan. Masalahnya, ada pula rumah yang cenderung sempit tapi ingin dibangun dua lantai. Kontraktor harus bisa mengetahui ukuran lebar tangga ideal agar setiap lantainya bisa diakses dengan nyaman.

Ada pula pemilik rumah yang sudah berencana untuk menambah tangga di rumah minimalis mereka. Bukan pekerjaan yang mudah untuk membangun rumah karena harus menentukan ukurannya. Jika salah dibangun, tangga menjadi lebih susah dilewati dan kehilangan fungsi di rumah tersebut.

Bagaimana Cara Menghitung Ukuran Lebar Tangga Ideal?

Lebar tangga antara satu jenis rumah dengan yang lainnya tidak bisa disamaratakan. Belum lagi, kita juga harus memikirkan desain tangganya, apakah berbentuk L, spiral, atau hanya lurus ke atas.

Lebar tangga menentukan kenyamanan penghuni rumah saat melewatinya. Idealnya, lebar tangga bisa dilalui oleh satu orang dalam satu waktu. Namun, ada pula kondisi saat dua anggota keluarga atau lebih melewati tangga secara bersamaan. Kondisi tersebut membutuhkan angka lebar yang lebih besar sehingga nyaman dilalui bersama.

Belum lagi, kita harus memikirkan tentang perabot atau barang yang harus diangkut ke lantai atas. Tangga yang terlalu sempit akan mempersulit proses pemindahan perabotan rumah. Jangan pula terlalu lebar, justru itu akan memakan ruang lainnya yang berada di lantai bawah sehingga menghasilkan kesan sempit.

Ada pula tangga yang dilengkapi dengan bordes atau tempat berdiam di tengahnya. Biasanya, bordes ditemukan pada tangga dengan desain berkelok atau lurus dan sifatnya opsional. Pemasangan bordes ini bisa memengaruhi lebar area pembangunan tangga di sebuah rumah, apapun tipenya.

Untuk lebih detilnya, berikut adalah beberapa langkah untuk mendapatkan lebar tangga yang nyaman dan ideal:

1. Menentukan Lebar Tangga

Minimal lebar tangga adalah selebar bahu orang dewasa, yakni 60-80 cm. Itu untuk jenis tangga yang dilalui secara individu. 

Namun, Anda bisa membuat ukurannya dua kali lipat dari angka di atas jika tangga dilalui oleh dua orang secara bersamaan. Minimal 120 cm sehingga perabotan juga bisa dilalui dengan tangga tersebut.

Untuk bordesnya, akan lebih nyaman jika ukuran panjangnya minimal sama dengan lebar tangga. Bentuk bordes bisa segi empat sama sisi atau persegi panjang. Biasanya, bordes dipasang jika jumlah anak tangga lebih dari 10.

Patokan lebar tangga ideal di atas juga bisa diaplikasikan di rumah tipe 36 dengan dimensi 6x6 meter atau 9x4 meter. Masih ada ruang yang cukup luas di setiap tingkatnya, jadi ruang yang kosong bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Baca Juga: Ketahui Ukuran Tangga Rumah Minimalis yang Tepat

2. Menentukan Tinggi Anak Tangga (Optrade)

Untuk mendapatkan tangga yang ideal, Anda harus juga memperhatikan ukuran anak tangga, baik dari tinggi dan lebarnya.

Tinggi anak tangga atau Optrade ditentukan dengan melihat aspek kenyamanan para penggunanya. Dalam hal ini, sebuah tangga yang baik adalah tangga yang dapat digunakan dengan nyaman baik oleh orang dewasa, remaja, atau anak kecil.

Dengan ketentuan tersebut, menemukan tinggi tangga yang tepat memanglah tidak mudah. Secara umum, angka yang paling sering diambil ada di angka 15 hingga 19 cm. Angka ini dianggap sangat nyaman untuk digunakan orang dewasa yang memiliki tinggi lebih dari 150 cm serta anak kecil.

Walaupun rentang ukuran anak tangga tersebut relatif, Anda sangat disarankan untuk tidak membuat anak tangga dengan tinggi lebih dari 19 cm.

Baca Juga: Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga yang Ideal Digunakan

3. Menentukan Lebar Anak Tangga (Antrade)

Hal yang harus Anda perhatikan saat menentukan lebar anak tangga atau antrade adalah ukuran pijakan kaki orang-orang yang akan menggunakannya. Oleh karena itu, lebar anak tangga yang nyaman bisa saja berbeda dari satu bangunan dan yang lainnya.

Umumnya, lebar anak tangga untuk sebuah rumah pribadi ada di angka 27 hingga 30 cm. Sementara untuk bangunan umum ada di angka 30 hingga 35 cm.

4. Menentukan Railing Tangga

Jika tangga rumah Anda memiliki lebih dari 5 anak tangga, maka Anda akan membutuhkan railing atau pagar pembatas tangga. Railing ditujukan untuk membuat tangga Anda aman digunakan oleh siapapun.

Idealnya, railing tangga memiliki ukuran 70 - 90 cm untuk tingginya sementara untuk jarak antar batangnya di angka 15 - 20 cm. Ukuran railing tangga ini dianggap efektif untuk membuat siapapun aman menggunakan tangga termasuk anak kecil.

Baca Juga: 14 Motif Railing Tangga Minimalis yang Umum Digunakan

Bagaimana Cara Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga?

Pembangunan tangga dengan lebar yang ditentukan di atas akhirnya menyisakan ruang kosong di bawah tangga. Pemilik rumah juga bisa memanfaatkan ruang ini. Meskipun lebih kecil dari area rumah lainnya, ruangan kosong ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya itu, mereka bisa merawat bagian ini pula sehingga tidak dihinggapi binatang pengerat atau rayap.

1. Ruang Penyimpanan

Cara ini lazim digunakan untuk memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Lagipula, pasti banyak barang yang tidak terpakai di rumah, jadi ruang ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Hanya saja, jangan lupa membersihkannya setiap saat agar tetap terawat.

2. Perpustakaan Mini

Ruang kosong di bawah tangga bisa digunakan sebagai perpustakaan mini jika diletakkan di dekat ruang keluarga. Tambahkan rak buku atau bisa juga dengan membuat rak buku tanam yang menyatu dengan dinding. Hias dengan dekorasi atau tanaman agar terkesan hidup.

3. Rak Sepatu

Jika lokasi tangganya berada di dekat pintu utama, gunakan saja untuk membangun rak sepatu. Baik saat bepergian maupun tiba di rumah, tidak perlu khawatir sepatu akan mengotori lantai karena kita sudah memasukkan alas kaki duluan.

4. Kamar Mandi Bawah Tangga

Banyak juga yang memanfaatkan ruang bawah tangga untuk menempatkan kamar mandi, namun Anda juga sangat perlu memperhatikan standar tinggi kamar mandi bawah tangga agar aman dan nyaman saat sedang digunakan.

5. Pajangan atau Tanaman Hias

Terakhir, bisa juga dengan menambahkan tanaman hias atau pajangan berupa lukisan di bawahnya seperti menggunakan rak dari besi hollow. Cara ini ideal dan cocok untuk diaplikasikan jika tidak ada area yang cukup lebar antara ruang dan tangga.

Itulah penjelasan tentang ukuran lebar tangga ideal yang dapat Anda jadikan panduan. Dalam penentukan lebar tangga, Anda harus memperhatikan seluruh detail tangga lainnya, khususnya ukuran anak tangga. Karena, semua elemen tangga akan mempengaruhi ukuran tangga serta kenyamanan pengguna nantinya.

Banyak sekali ide pemanfaatan ruang bawah tanah di atas, tentunya setelah mengetahui lebar tangga ideal untuk setiap rumahnya. Yang paling penting, pembangunan tangganya harus dilakukan dengan aman sebab melibatkan ketinggian yang bisa mengancam keselamatan pekerja. Indosteger juga jual tangga scaffolding yang bisa digunakan oleh kontraktor untuk keselamatan pembangunan tangga, apapun ukuran tinggi dan lebar tangga ideal yang harus dibangun.

Baca Juga: 4 Cara Membuat dan Ukuran Tangga Minimalis untuk Rumah Kecil

Recent Articles