indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga yang Benar

Apakah Anda mengetahui cara menghitung jumlah anak tangga yang benar? Maksud dari pertanyaan ini dikhususkan untuk konstruksi tangga yang memang membutuhkan perhitungan secara tepat dan benar. Faktor kenyamanan perlu ditekankan perihal hal ini karena mencakup ukuran tangga, seperti lebar, tinggi, dan bordesnya juga. Jika ada kesalahan penghitungan, maka hasilnya fatal. Ukuran tangga yang salah membuat kenyamanan dan keselamatan penggunanya menjadi terancam. Supaya Anda tidak mengalami kesalahan dalam konstruksi tangga, simak informasi dari Indosteger di bawah ini.
 

Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga

Untuk menghitung jumlah anak tangga yang benar, Anda harus menghitung beberapa bagiannya. Berikut rangkumannya.
 

1. Lebar Tangga

Lebar tangga dapat ditentukan dengan menyesuaikan jumlah pengguna yang melintas bersamaan. Untuk pengguna tangga dominan 1 orang, lebar tangga 70 cm hingga 90 cm. Jika untuk pengguna 2 orang, lebar tangga bisa dibuat 120 cm hingga 150 cm.

Dalam membuat lebar tangga juga perlu memperhitungkan mobilitas barang yang melaluinya. Dengan begitu, barang-barang dengan ukuran besar bisa tetap melewati tangga tersebut.
 

2. Lebar Anak Tangga

Lebar anak tangga adalah bagian yang dipijak untuk naik dan turun. Standar ukuran dari anak tangga ini sekitar 27 cm hingga 35 cm. Ukuran ini sudah sangat pas untuk telapak kaki orang dewasa. Namun jika terlalu lebar untuk di dalam rumah, Anda bisa membuat ukurannya menjadi 27 cm hingga 30 cm.

Baca juga: Arti Tie Rod dalam Pembuatan Bekisting beserta Kegunaannya
 

3. Tinggi Anak Tangga

Tinggi anak tangga yang paling pas dan nyaman adalah 15 cm hingga 18 cm. Ukuran ini cocok untuk kaki orang dewasa dan remaja. Namun untuk ukuran kaki anak-anak, memang terkadang masih terlalu tinggi. Namun demi bisa mengakomodir semua orang di dalam rumah, maka sebaiknya gunakan ukuran tangga yang seperti biasa saja.
 

4. Ukuran Pagar Tangga

Memang terkadang ada rumah tanpa pagar tangga. Namun jika memang di rumah Anda masih menggunakan pagar tangga, gunakan ukuran tinggi pagar tangga sekitar 70-90 cm. Untuk ukuran antar batang pagar, idealnya adalah 15 cm hingga 20 cm. Dengan ukuran ini, maka fungsi utama dari pagar tangga sebagai pengaman dapat berfungsi maksimal.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tangga dengan Mudah dan Akurat
 

5. Ukuran Bordes

Bagi yang belum mengetahui apa itu bordes, bagian ini merupakan area jeda tangga. Biasanya berbentuk seperti tempat Anda berdiam dulu sebelum mulai naik tangga lagi. Letaknya ada di tengah-tengah tangga tersebut. Untuk panjang dari bordes ini sangatlah bervariasi. Mulai dari 80 cm, 100 cm, hingga 120 cm.
 

6. Perletakan Tangga

Standar posisi ideal letak tangga tak lebih dari 20 m, khususnya jika diukur dari ruangan paling ujung. Dengan posisi ini, maka aksesibilitas penghuni ke tangga tidaklah terlalu jauh. Jadi jika memang ada keadaan darurat, penghuni dapat menuju ke tangga dengan lebih cepat. Untuk mendapat posisi tangga yang ideal, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui cara menghitung sudut kemiringan tangga.
 

7. Rumus Menghitung Anak Tangga

Untuk menghitung anak tangga, maka Anda bisa menggunakan penghitungan seperti contoh ini:

t = tinggi anak tangga
l = lebar pijakan anak tangga

Lebar anak tangga = 26-30 cm
Tinggi anak tangga = 16-20 cm

t = 22 cm
l = 30 cm

2t + l = (2×22) + 30 = 74 cm untuk ukuran ideal

Untuk cara menghitung jumlah anak tangga dengan tinggi bangunan tangga adalah 320 cm, maka perhitungannya:

(320/t) – 1 = (320/16) – 1 = 20 - 1 = 19 buah anak tangga

Dalam proses pembangunan tangga di rumah, Anda juga membutuhkan dukungan tangga scaffolding yang sangat berguna. Indosteger jual tangga scaffolding dengan kualitas terbaik yang bisa langsung Anda miliki sekarang juga. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga: Cara Membuat Bekisting Tangga yang Benar

Recent Articles