indosteger@gmail.com   +62218294428

News

6 Cara Membengkokkan Pipa Besi

Ingin membengkokkan pipa besi yang praktis, mudah, dan tidak membutuhkan banyak alat? Hal ini bisa Anda lakukan, namun teknik bending atau pembengkokkan pipa membutuhkan perhitungan matematika yang matang. Berikut ini cara-cara membengkokkan pipa besi yang bisa Anda coba.
 

1. Teknik rotary draw

Cara membengkokkan pipa besi yang satu ini lebih sering ditemukan pada proses pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar logam seperti pembuatan kandang, sangkar burung, pegangan tangan, bingkai, dan lain sebagainya. Cara ini juga bisa digunakan untuk membengkokkan besi pipa conduit besi yang keras. 

Bila Anda menginginkan hasil bengkokan pipa besi yang lebih rapi, menyeluruh, namun tetap mempertahankan diameter pipa secara konstan, Anda memerlukan cetakan bending stasioner dan cetakan bending berdiameter tetap.
 

2. Teknik induksi panas

Dengan memanfaatkan induksi panas dari listrik, maka bagian pipa besi yang ingin dibengkokkan akan jadi lebih mudah dibentuk. Tidak perlu menggunakan tenaga besar untuk melakukannya selama Anda memiliki kumparan listrik untuk memanaskan besi. 

Setelah pipa besi dipanaskan, segera bengkokkan dengan cara yang sama seperti teknik rotary draw. Lalu, dinginkan pipa besi dengan air. Hasilnya, pembengkokkan pipa besi yang lebih kuat bila dibandingkan dengan teknik rotary draw.

Selain menggunakan kumparan listrik, Anda juga bisa menggunakan teknik energi panas yang juga tidak jauh berbeda dari teknik induksi panas. Perbedaannya hanya ada pada sumber panas yang digunakan.
 

3. Teknik ram

Ingin membuat pipa besi dengan lengkungan besar? Cara membengkokkan pipa besi yang satu ini bisa Anda coba. Cara ini akan mendatangkan hasil terbaik untuk jenis pipa conduit. Caranya, tekan dua poin eksternal pipa besi. Kemudian, ram akan mendorong bagian tengah (pusat) dari pipa besi untuk membuat lengkungan berbentuk elips atau oval.
 

4. Teknik mandrel

Cara ini menggunakan teknik rotary draw bending yang juga memanfaatkan cetakan khusus atau support yang fleksibel. Cetakan khusus ini nantinya akan ikut bengkok mengikuti pipa besi, sehingga bagian dalam pipa besi akan tetap utuh tanpa adanya cacat setelah proses pembengkokkan. Karena hasilnya yang baik, tidak heran cara membengkokkan pipa besi ini diterapkan dalam pembuatan knalpot custom, tabung mesin pengolah susu, dan tabung mesin lainnya.
 

5. Teknik roll

Teknik roll atau biasa juga dikenal dengan sebutan teknik coid bending merupakan salah satu cara membengkokkan pipa besi yang kerap kali dilakukan untuk membuat lengkungan berdiameter besar. Dengan menggunakan tiga roller yang disusun membentuk segitiga, pipa besi akan dibengkokkan lewat dorongan dari salah satu poros roller tersebut. Karena prosesnya yang cukup berat menggunakan mesin roller, teknik roll pun lebih sering diterapkan dalam proses konstruksi bangunan.
 

6. Cara manual tanpa panas

Bagaimana jika Anda ingin membengkokkan pipa besi, namun tidak memiliki mesin maupun peralatan profesional? Apakah tetap harus mendatangi bengkel khusus? Tidak juga, kabar baiknya adalah Anda bisa membengkokkan pipa besi secara manual, asalkan pipa besi yang digunakan tidak melebihi ukuran 1,25 inci dan diameter luar 42 mm.

Untuk memulainya, Anda memerlukan serangkaian alat berupa sarung tangan demi keamanan Anda, clamp besi, dan mal lengkung atau benda berbentuk bulat yang bisa digunakan sebagai cetakan. Mal lengkung ini bisa berupa pot tanaman yang bentuk lengkungnya sesuai dengan bentuk lengkung yang ingin Anda ciptakan.

Pertama-tama, jepit ujung pipa dengan clamp secara kuat. Lalu, pegang erat ujung pipa yang lain menggunakan tangan Anda. Posisikan pipa besi di bagian luar mal dan tarik pipa besi dengan kuat ke arah dalam mal supaya terbentuk lengkungan yang diinginkan. Tentunya cara ini sangat memerlukan tenaga yang besar, jadi jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain.

Upaya membengkokkan pipa besi sering dilakukan dalam konstruksi bangunan. Pastikan Anda juga melengkapi kebutuhan konstruksi bangunan Anda dengan ladder frame berkualitas. Selalu utamakan keselamatan dan gunakan material bangunan terbaik. Nah, tertarik untuk mencoba cara-cara membengkokkan pipa besi di atas?

Recent Articles