indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Membersihkan Semen di Keramik Agar Terlihat Bersih

Ada beragam cara membersihkan semen di keramik yang bisa Anda coba. Noda seperti bekas semen yang ada di keramik memang sangat mengganggu, hal tersebut dapat mengurangi nilai estetika dari rumah Anda.

Yuk simak penjelasan kami mengenai cara membersihkan semen di keramik di bawah ini!

Bagaimana Cara Membersihkan Semen di Keramik Hingga Bersih?

Noda bekas semen yang ada pada keramik dapat mengering dan merusak keramik tersebut jika tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, jika Anda telah selesai memasang keramik, segera bersihkan noda-noda sisa semen yang ada.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda bekas semen yang ada pada keramik:

1. Menggunakan Batu Apung

Anda bisa membersihkan noda semen pada keramik dengan cara menggosoknya dengan batu apung. Namun, jika Anda menggunakan cara ini, pastikan untuk tidak menggosoknya dengan terlalu banyak tekanan. Sebab, permukaan batu apung yang keras bisa merusak permukaan lantai keramik juga.

Selain itu, Anda perlu merendam batu apung dalam air hangat terlebih dahulu. Perendaman di air hangat ini dapat meminimalisir terjadinya goresan yang dapat merusak keramik. Jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan agar tidak melukai tangan saat menggosoknya dengan keramik.

2. Menggunakan Larutan HCL

Larutan HCL atau yang biasa dikenal dengan asam klorida merupakan senyawa yang telah terbukti efektif dapat menghilangkan noda bekas semen pada keramik. Untuk menggunakan larutan HCL dalam hal ini sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan larutan tersebut ke dalam ember berisi air bersih, lalu gosokkan campuran tersebut ke keramik yang ingin dibersihkan.

Namun perlu diingat, kandungan asam yang sangat tinggi dalam larutan HCL dapat merusak permukaan lantai jika digunakan terlalu banyak. Oleh karena itu, campurkan beberapa sendok larutan HCL saja ke dalam ember berisi air penuh. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika menggunakan larutan ini karena dapat melukai kulit Anda.

3. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Tidak jauh berbeda dengan larutan HCL, hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan kimia kuat yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda semen pada keramik. Namun, sebelum menggunakan bahan ini, Anda harus mencampur hidrogen peroksida dengan tepung putih. Pencampuran ini dimaksudkan agar hidrogen peroksida cair dapat menggumpal dan berubah menjadi pasta.

Jika sudah berbentuk seperti pasta, Anda bisa mengoleskannya pada area keramik yang terkena semen. Diamkan semalaman agar pasta dalam meresap sempurna, lalu bilas dengan air dingin keesokan harinya.

4. Menggunakan Lemon

Lemon dikenal sebagai bahan rumahan yang memiliki banyak fungsi; mulai dari membersihkan pipa tersumbat hingga membersihkan noda semen dari keramik.Hal ini karena air perasan lemon dikenal memiliki kandungan asam yang cukup tinggi.

Pengaplikasiannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan air lemon pada permukaan semen di lantai. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan sisa semen dengan kain pel atau sapu.

Namun, karena kandungan asam yang tinggi dalam lemon, Anda harus berhati-hati saat mengaplikasikannya. Jangan sampai cairan lemon terlalu banyak mengenai permukaan keramik, karena dapat merusak keramik.

5. Menggunakan Sisa Parutan Kelapa

Siapa sangka sisa parutan kelapa yang biasanya dibuang begitu saja ternyata bisa menjadi cara membersihkan semen di keramik. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan sisa parutan kelapa ke permukaan keramik yang terkena semen.

Seperti pada cara-cara sebelumnya, Anda perlu membiarkannya semalaman agar sisa parutan kelapanya dapat meresap. Setelah itu, bersihkan dengan kain pel, spons, atau sikat lantai hingga sisa semen pada keramik benar-benar hilang.

Baca Juga: 15 Perbedaan Granit dan Keramik untuk Lantai Rumah

Itu tadi adalah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda semen yang ada di keramik. Jika Anda sedang melakukan pembangunan dan membutuhkan tempat untuk sewa steger atau material lainnya, Anda dapat melakukannya di Indosteger.

Semoga penjelasan mengenai cara membersihkan semen di keramik ini dapat membantu Anda, ya!

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya