indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Inilah Dia Cara Pasang Keramik Tangga Dengan Mudah

 

Cara pasang keramik tangga sebenarnya mudah, asalkan Anda menggunakan teknik dan alat yang tepat. Cara di bawah ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah atau sebagai panduan tukang yang Anda pekerjakan. 

Proses pemasangan keramik tangga tidak jauh berbeda seperti pemasangan keramik lantai atau dinding. Anda hanya harus pasang keramik tangga tersebut satu demi satu anak tangga menggunakan perekat keramik. 

Tingkat kesulitan pekerjaan ini sedikit lebih tinggi dibanding melakukan pemasangan keramik lantai atau dinding karena ada lebih banyak bidang yang perlu diperhatikan kerataannya. Salah satunya adalah bidang pertemuan antara keramik anak tangga yang terpasang horizontal dan vertikal.

Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya pasang keramik di tangga, agar tahan lama, mudah dirawat dan memberikan tampilan yang bagus. Untuk memasang keramik di tangga, Anda harus memerhatikan beberapa aspek untuk menyelesaikan pekerjaan secara profesional. 

Di bawah ini adalah cara untuk pasang keramik tangga yang kami susun agar bisa Anda praktekkan dengan baik. 

Hal yang harus diperhatikan sebelum pasang keramik

Seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum memulai untuk memasang keramik pada tangga. Aspek tersebut adalah:

1. Pastikan kemiringan tangga anda sudah akurat dan tepat

Sebelum membahas cara pasang keramik tangga, pertama-tama Anda harus memastikan tangga Anda benar-benar rata dan berdiri tegak agar keramik tangga terpasang dengan benar. Untuk itu pastikan kemiringan tangga anda sudah akurat dan tepat. Anda mungkin membutuhkan bantuan level dan pita pengukur untuk menilai keadaan tangga sebelum memulai proses pemasangan keramik. 

Jika tangga Anda terbuat dari kayu, maka sebaiknya Anda memasang papan penyangga terlebih dahulu. Oleh karena itu, potong sesuai dimensi yang diperlukan dan kencangkan keduanya ke tapak dan anak tangga.

Anda juga harus menutup sambungan interior dan luar dengan menggunakan selotip dan thin-set. Bekerjalah dengan sabar dan pastikan Anda meletakkan penyangga dengan rata dan tegak.

2. Pasang keramik tangga sesuai kebutuhan

Anda harus membeli ubin keramik yang khusus dirancang untuk dipasang di tangga. Anda tidak disarankan pasang keramik lantai biasa di tangga Anda, karena keramik lantai biasa dan keramik tangga memiliki karakteristik yang berbeda (keramik untuk tangga biasanya terbuat dari keramik yang memiliki tekstur tidak licin dan memiliki efek antiselip).

Pastikan Anda memilih dan pasang keramik yang dipergunakan khusus untuk tangga. Bukan hanya terlihat lebih baik, tetapi keramik tangga juga lebih tahan terhadap benturan dan keausan selama bertahun-tahun dibanding keramik lantai. 

Ukur dengan hati-hati tiap permukaan anak tangga, dan pergi ke toko pilihan Anda untuk mengonsultasikan jumlah dan ukuran keramik tangga yang anda butuhkan.

3. Pasang keramik tangga Anda secara berurutan

Pada keramik tangga Anda harus memasangnya dari atas ke bawah, dimulai dari pemasangan keramik di anak tangga paling atas hingga terbawah agar dapat menyelesaikan proyek dengan cepat. 

Setelah Anda meletakkan keramik di seluruh permukaan, Anda tidak boleh berjalan menginjak keramik anak tangga setidaknya selama 24-48 jam ke depan, sesuai dengan perekat yang digunakan. Kami menyarankan Anda untuk membaca dengan seksama petunjuk yang tertera pada perekat lantai, untuk informasi lebih lanjut.

Peralatan yang Dibutuhkan Saat Memasang Keramik

Sebelum memulai untuk pasang keramik tangga, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa peralatan lain berikut ini:

Bahan:

  • Air
  • Mortar tipis
  • Keramik khusus untuk tangga (keramik tangga)

Alat:

  • Sarung tangan pengaman
  • Pelindung mata (kacamata)
  • Mesin bor dengan palet pencampur
  • Ember
  • Palu karet
  • Gergaji keramik

 

Langkah-langkah Pemasangan Keramik Tangga

1. Siapkan Keramik Tangga yang akan Anda Pasang

Jika lantai beton terlalu kering, percikkan beberapa tetes air ke tiap anak tangga, untuk memastikan perekat keramik akan menempel dengan lantai. Untuk menambahkan air secara merata, Anda bisa menggunakan spons. 

Jangan meneteskan air terlalu banyak karena bisa membuat perekat tidak menempel di lantai. Siapkan keramik tangga yang akan anda pasang, pastikan tidak tergores atau tidak ada cacat. 

2. Oleskan Perekat pada Keramik Tangga

Sebelum Anda bisa memulai untuk pasang keramik, oleskan terlebih dahulu perekat pada tangga. Untuk memasang perekat dengan baik, Anda harus menggunakan gerakan setengah lingkaran, sampai Anda memiliki lapisan yang rata di permukaan (gunakan tepi lurus terlebih dahulu untuk menyebarkan bahan). 

Selanjutnya, sisir perekat dengan memegang trowel pada 45º. Setelah itu sisir dengan sisi berlekuk untuk membuat plester yang bisa merekat merata pada keramik. 

Anda harus mengingat dua elemen penting saat pasang keramik: permukaan harus rata (atau tegak lurus) dan lapisan perekat harus merata di seluruh permukaan (harus memiliki konsistensi yang tepat).

3. Pasang Keramik Tangga Horizontal

Layaknya saat Anda pasang keramik lantai biasa. Setelah memasang kearmik tangga secara mendatar kemudian pukul halus keramik tangga menggunakan palu karet. Dengan cara ini, Anda akan mengunci keramik ke posisi yang membuatnya sejajar. Jika keramik kotor akibat perekat, bersihkan perlahan dengan spons basah dan sedikit air. 

Pasang keramik yang mendatar terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat memberikan juga adukan semen pada bidang kerja vertikal/bagian yang berdiri tegak. 

4. Pasang keramik tangga vertikal

Setelah bidang yang mendatar dipasangi keramik lalu pasang pasang keramik tangga pada bidang vertikal/bagian yang berdiri tegak, diawali dengan memberi adukan semen sebelum memasangnya.

Khusus di bagian ini harus diikuti dengan pemberian bubuk semen kering agar kondisi adukan perekat tidak terlalu basah. Sehingga saat keramik diketuk-ketuk untuk meratakan permukaannya nanti, adukan tidak berjatuhan ke bawah. Adukan semen yang berjatuhan akan mengakibatkan keramik menjadi kopong sehingga gampang pecah.

5. Lakukan Teknik Adu Manis

Terdapat teknik bernama adu manis untuk memudahkan Anda dalam memasang keramik di anak tangga terlebih di bidang pertemuan keramik vertikal bagian yang berdiri dan horizontal bagian yang mendatar. 

Dengan mengaplikasikan teknik ini, keramik tersebut dapat terpasang dengan kuat di bidang pertemuan serta penampilannya menjadi rapi. 

Teknik dasarnya yaitu membentuk sudut 45º di masing-masing sisi keramik yang selanjutnya akan dipertemukan satu sama lain. Sehingga ketika dipasang nanti, sudut pertemuan keramik ini akan membentuk seperti ujung pigura secara otomatis.

6. Aplikasikan Nat di Keramik Tangga

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan nat pada celah pertemuan antar keramik tangga setelah anda pasang semua keramik tangga. Penerapan nat saat pasang keramik di anak tangga berbeda dengan penerapan nat di keramik lantai atau keramik dinding. 

Celah yang ada harus ditutup dan dibuat dengan bentuk sedikit melingkar agar keramik di anak tangga tidak membahayakan pengguna, terlihat rapi, dan terpasang dengan kuat. Anda bisa menggunakan bahan nat khusus ataupun adukan semen putih untuk melakukan pekerjaan ini.  

Seperti itulah cara pasang keramik tangga, dan jika Anda membutuhkan tangga scaffolding dalam pembangunan tangga, Indosteger menjual tangga scaffolding khusus dengan harga menarik. Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi website kami sekarang juga! 

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tangga dengan Mudah dan Akurat

Recent Articles