indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Membuat Rangka Tenda Besi yang Benar dan Aman

Di Indonesia, Anda tentunya sudah sering melihat atau menggunakan tenda pesta saat ada pesta atau acara sedang berlangsung. Tenda pesta sendiri memiliki harga yang cukup mahal, dan semakin besar tenda, maka akan semakin mahal harganya. Untuk menghemat keuangan, Anda bisa mempelajari cara membuat rangka tenda besi sendiri dengan cukup mudah.

Saat mengadakan pesta, mungkin Anda sering berpikir bagaimana cara membuat rangka tenda besi sendiri tanpa bantuan tukang? Hajatan atau acara di luar ruangan tentunya memerlukan tenda agar tamu bisa menikmati acara dengan nyaman. Tenda besar ini umumnya terbuat dari besi dan kain terpal sebagai bahan dasarnya.

Seperti yang diketahui, harga sewa tenda seperti ini tidak murah. Apalagi jika Anda memiliki budget yang terbatas. Bagaimana jika Anda mencoba cara membuat rangka tenda besi sendiri? Alternatif ini tentu akan lebih hemat dibanding menyewa tenda!

Bagaimana Cara Membuat Rangka Tenda Besi?

Sebelum Anda mempelajari lebih jauh mengenai cara membuat rangka tenda besi, mari kenali terlebih dahulu besi seperti apa yang bisa dipakai untuk membuat tenda ini. Tenda pesta yang sering Anda jumpai terbuat dari pipa besi. Pipa besi yang dipakai biasanya adalah pipa besi hollow galvanis. Umumnya, pipa besi hollow galvanis berbentuk kotak panjang dengan lubang di tengah, namun ada juga yang bentuknya tabung panjang. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pipa besi hollow galvanis sudah dilapisi dengan material seng, sehingga lebih tahan karat. Oleh karena itu, pipa besi hollow galvanis punya kualitas yang awet dan tahan terhadap cuaca atau iklim apapun. Ketebalan pipa besi hollow galvanis pun bermacam-macam, semakin tebal pipanya, maka akan semakin mahal harganya. Kelebihan lain dari pipa besi hollow galvanis adalah bahan dasar besi yang kuat menahan beban berat. Selain itu, pipa jenis ini tahan banting dan anti pecah. Kualitas ini membuat pipa besi galvanis menjadi pilihan yang lebih populer dibanding pipa jenis lain seperti pipa PVC.

Proses Pembuatan Rangka Tenda Besi

Setelah mempelajari karakteristik pipa besi hollow galvanis, kini saatnya Anda memahami proses pembuatan tenda besi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Sebagaimana proses pembuatan pada umumnya, Anda memulai proses pembuatan tenda besi dengan mengumpulkan alat dan bahan yang akan digunakan. Berikut ini merupakan beberapa bahan dasar untuk membuat rangka tenda besi:

  • Pipa besi hollow galvanis berbagai ukuran.
  • Kawat tambal.
  • Pasak tenda.
  • Mesin las.
  • Gerinda.
  • Terpal atau kain lain sesuai dengan kebutuhan untuk atap tenda.

2. Membuat Desain Tenda

Buat desain tenda yang Anda inginkan dan tentukan ukuran tenda yang akan dibuat. Semakin besar tenda, tentu akan membutuhkan semakin banyak pipa besi hollow galvanis.

3. Ukur dan Potong Pipa Besi Hollow Anda

Ukur pipa besi hollow galvanis sesuai dengan desain yang sudah Anda buat. Kemudian, potong pipa besi berdasarkan ukuran tenda yang sudah ditentukan. Pipa yang sudah dipotong tersebut harus Anda sambungkan untuk membentuk rangka tenda besi.

4. Dirikan Tenda Besi

Dirikan rangka tenda besi di lokasi yang sudah Anda siapkan. Setelah tenda besi didirikan, keluarkan terpal yang sebelumnya Anda siapkan. Lalu, tutupi rangka tenda besi dengan terpal. Ikatlah terpal menggunakan tali ke rangka tenda besi agar tidak mudah lepas jika terkena angin kencang.

5. Perhatikan Jarak Pemasangan Tenda

Untuk menjamin tenda cukup kokoh, pasang pasak tenda dengan jarak sekurangnya 15-20 cm dari setiap tiang tenda. Jika Anda tidak ingin menggunakan pasak, Anda bisa menggunakan pemberat yang diletakkan di setiap kaki rangka tenda besi. Pastikan semua elemen sudah terpasang dengan benar. Tenda besi pun sudah siap digunakan.

Itulah dia cara membuat rangka tenda besi yang dapat Anda jadikan panduan. Membuat tenda besi, khususnya untuk tenda pesta, sendiri dapat membantu Anda menghemat biaya dengan signifikan.

Jika Anda ingin membuat rangka tenda besi sendiri, pastikan Anda mempunyai perkakas seperti mesin las dan gerinda untuk memotong dan menyambungkan pipa besi hollow galvanis. Apabila Anda tidak memiliki kedua alat tersebut, Anda mempunyai alternatif lain, yaitu dengan membeli semua material yang diperlukan kemudian membawanya ke jasa pembuatan tenda.

Berkaitan dengan pipa besi hollow galvanis yang Anda butuhkan, tidak perlu khawatir. Pipa besi hollow galvanis termasuk material yang mudah dicari dan dijual dengan harga yang ekonomis. Salah satu agen dan distributor pipa besi hollow galvanis adalah Indosteger. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli pipa besi hollow galvanis, Indosteger menawarkan berbagai macam ukuran pipa besi hollow galvanis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, harga besi hollow galvanis yang Indosteger sangat bersahabat dengan kantong Anda. Selesai mempelajari cara membuat rangka tenda besi, temukan pipa besi hollow galvanis untuk tenda Anda di Indosteger!

Baca juga: Cara membuat tempat tidur dari besi holo

Recent Articles