indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Cepat Memotong Pipa Besi dengan Sudut 45 Derajat

Pipa telah menjadi salah satu bahan konstruksi yang paling penting karena memiliki banyak sekali kegunaan. Saat bekerja dengan menggunakan bahan pipa, Anda akan menemui tantangan dalam proses pemotongan. Berikut ini akan dijelaskan cara memotong pipa sudut 45 derajat dan tips agar hasil pemotongannya bisa lebih tepat dan baik.

Menggunakan kertas

Cara memotong pipa sudut 45 derajat yang pertama yaitu bisa dengan menggunakan bantuan dari kertas. Cara yang satu ini merupakan cara yang paling sederhana, tetapi bisa memberikan hasil yang cukup tepat. Anda sebaiknya menggunakan jenis kertas yang cukup kaku agar lebih mudah untuk membuat pola pada pipa besi. Selain kertas, alat lain yang perlu disediakan adalah spidol, penggaris, pengukur sudut, dan tentunya adalah gerinda tangan untuk memotong.

Pertama-tama, ambil kertas dan lipat secara diagonal. Sejajarkan sudut-sudut yang berlawanan. Bentuk segitiga yang sudah dihasilkan kemudian disejajarkan dengan garis hipotenusa hingga tegak lurus dengan sumbu pada tabung. Bungkus kertas di atas pipa dan sejajarkan dengan titik dari sisi miringnya.

Gunakan spidol untuk memberikan tanda pada titik potongan di salah satu kaki segitiga. Setelah itu, Anda bisa memotong pipa dengan bantuan gerinda tangan pada titik yang sudah dibuat. Setelah melakukan pemotongan pipa, jangan lupa untuk menghaluskan ujung pipa dengan menggunakan amplas.

Menggunakan program penghitungan sudut

Di era teknologi seperti saat ini, rupanya teknologi juga bisa membantu proses pemotongan pipa dengan lebih mudah. Cara memotong pipa sudut 45 derajat dengan bantuan program komputer ini akan terasa lebih mudah dan hasilnya pun bisa lebih akurat. Setelah melakukan penghitungan pada program komputer, hasilnya bisa dicetak dan digunakan sebagai acuan untuk memotong pipa besi.

Menggunakan bantuan program komputer untuk menghitung sudut bisa dilakukan dengan beberapa program editing gambar. Biasanya, cara ini digunakan oleh para profesional sebelum mulai memotong bagian pipa. Hasilnya akan lebih akurat, sehingga proses pemotongannya pun juga akan lebih mudah.

Template yang telah dibuat dari program tersebut harus dicetak terlebih dahulu. Semakin besar diameter yang dimiliki pipa, maka Anda memerlukan semakin banyak kertas untuk menandainya. Setelah itu, tempelkan kertas tersebut pada permukaan pipa dan berikan tanda.  Kemudian, lanjutkan ke proses pemotongan dan lakukan dengan menggunakan bantuan alat berupa gerinda tangan.

Tips memotong pipa

Memotong pipa memang bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Pekerjaan yang satu ini juga akan cukup sulit dilakukan bagi orang yang masih awam. Memotong pipa pun bisa dilakukan dengan berbagai macam alat dan cara. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan saat akan memotong pipa.

  • Gunakan alat pemotong yang tepat

Sebelum memotong pipa, sebaiknya Anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatannya. Sebenarnya ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk memotong pipa, mulai dari gerinda tangan, PVC cutters, hingga gergaji. Salah satu alat pemotong pipa yang paling mudah ditemukan yaitu gergaji.

Jika Anda akan memotongnya menggunakan gergaji, sebaiknya pilih gergaji dengan ukuran bilah yang cukup besar karena lebih mudah untuk dikendalikan, sehingga hasilnya pun lebih tepat.

  • Gunakan amplas

Amplas juga menjadi salah satu bahan yang perlu diperhatikan saat memotong pipa. Setelah proses pemotongan selesai, Anda bisa melanjutkan proses selanjutnya dengan menggunakan amplas untuk menghaluskan bagian yang baru saja dipotong. Pertama-tama, gulung amplas dan masukkan ke dalam lubang pipa. Setelah itu, mulai amplas bagian dalam dan luar pipa hingga setiap sisinya menjadi lebih halus.

Proses penghalusan dengan amplas sangatlah penting karena ujung pipa yang kasar akibat pemotongan bisa mengganggu proses penyambungan pipa.

Itulah beberapa cara memotong pipa sudut 45 derajat yang perlu Anda ketahui. Sebelum mulai memotong pipa, jangan lupa untuk mempersiapkan dahulu seluruh peralatan agar prosesnya bisa berjalan lebih lancar.

You May Also Like