indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Menambal Dak Beton dari Bawah Untuk Bangunan

Salah satu kendala yang terpaksa harus dihadapi semua pemilik bangunan dengan dak adalah kebocoran/keretakan dak. Lantas, bagaimana cara menambal dak beton dari bawah? 

Sebenarnya, cukup mudah. Anda hanya membutuhkan pelapis waterproofing (cat anti bocor) untuk menambal bagian dak yang retak/bocor. Namun, Anda tidak dapat mengaplikasikannya secara sembarangan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa cara menambal dak beton dari bawah.

Berbicara soal kendala dak bocor yang kerap terjadi pada bangunan dengan dua lantai atau lebih, terdapat sejumlah penyebab. Di antaranya, kurangnya ketebalan dak beton sehingga daya tahannya pun melemah, terdapatnya genangan air yang membuat rembesan ke dalam dak, komposisi bahan baku bangunan yang tak sempurna, dan lainnya. 


Cara Menangani Dak Bocor dari Atas

Guna mengatasi kebocoran pada dak, Anda harus mengutamakan perbaikan bagian atas dak terlebih dahulu. Jika Anda memperbaiki dak bagian bawahnya saja, waktu dan tenaga Anda akan terbuang dengan sia-sia. Karena, masalah utama kebocoran justru terletak pada dak bagian atas. Ikuti ulasan di bawah untuk mengetahui caranya. 

  1. Pertama, periksa kondisi dak beton. Perhatikan secara seksama bagian yang bocor. Jika bingung saat menginspeksi bagian dak yang retak, coba tuangkan air di atas permukaan dak beton. Berikutnya, diamkan selama sekitar 60 menit. Bila tampak rembesan air dari permukaan bagian bawah dak, bisa dipastikan terdapat masalah kebocoran pada dak beton Anda.

  2. Setelah bagian dak yang bocor ditemukan, bersihkan spot kebocoran tersebut dari debu maupun kotoran. Pastikan dak beton sudah benar-benar kering, lalu gunakan sebuah sikat atau scraper untuk membersihkannya. 

  3. Tutuplah bagian dak yang retak dengan adonan semen yang sudah diaduk dengan larutan penguat semen (dikenal dengan istilah asing additive bonding agent) guna memperkuat daya rekat semen. 

  4. Pastikan semua bagian dak sudah ditambal dengan semen (biasanya dengan cara diinjeksikan). Setelah itu, diamkan hingga benar-benar mengering.

  5. Lapisi bagian dak yang sudah kering dengan waterproofing. Untuk memperkuatnya, Anda dapat pula menempelkan serat fiber pada saat lapisan waterproofing masih basah.

  6. Jika lapisan serat fiber telah diaplikasikan, tutup dengan selapis waterproofing kembali secara merata.

  7. Setelah lapisan waterproofing 100% mengering, tambahkan selapis waterproofing dengan mengoleskannya dalam arah menyilang. Lakukan langkah finishing ini secukupnya. 

Baca juga: Macam Agregat Beton dan Fungsinya Untuk Keperluan Bangunan


Cara Menambal Dak Beton dari Bawah

Langkah selanjutnya: mengatasi kebocoran dak dari bawah. Jangan khawatir, prosedurnya tidak rumit. Berikut ini adalah beberapa cara menambal dak beton dari bawah.

  1. Pertama, bersihkan bagian plafon terlebih dahulu dari kotoran serta debu menggunakan sebuah alat sederhana seperti sikat atau scraper.

  2. Jika ditemukan jamur pada plafon dak, gunakan larutan anti jamur (fungicidal wash) untuk menyingkirkan 99% jamur serta lumut.

  3. Selanjutnya, Anda hanya harus melapisi plafon dak dengan sealer alkali atau cat dasar guna agar menutupi semua permukaan dak beton.

  4. Diamkan hingga sealer mengering. Proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam.

  5. Sebagai finishing, lapisi bagian plafon dak yang bocor dengan cat anti bocor berkualitas secara merata. Disarankan untuk mengulang pengecatan sekali saja.

Cara menambal dak beton dari bawah memang perlu diketahui agar keadaan plafon kembali kuat seperti semula (setelah dak bagian atas yang bocor diperbaiki). Bagi Anda yang berencana membangun rumah atau gedung beratapkan dak beton, disarankan untuk menggunakan lapisan besi Galvanis pada bagian dak bawah. Tujuannya untuk melindungi atap dari kebocoran. 

Hubungi Indosteger yang membuat, menjual, serta menyewakan besi hollow serta scaffolding berbahan baku besi Galvanis guna memenuhi keperluan konstruksi rumah atau bangunan lainnya. 

Untuk pilihan produk, Anda dapat memilih besi hollow Galvanis yang berkualitas serta tahan lama. Tersedia pula UNP besi Galvanis serta CNP besi Galvanis untuk solusi pencegahan kebocoran atap bangunan Anda. 

Indosteger juga menyediakan jasa sewa scaffolding untuk daerah JABODETABEK, juga melayani jual scaffolding untuk seluruh wilayah di Indonesia. Kunjungi situs web Indosteger untuk informasi selengkapnya.

Baca juga: Cara Pasang Bondek pada Struktur Beton

 

Recent Articles