indosteger@gmail.com   +62218294428

News

4 Cara Mengatasi Bocor Pada Sambungan Atap dengan Benar

Hanya sedikit orang yang tahu cara mengatasi bocor pada sambungan atap dengan benar. Padahal atap adalah komponen yang sangat penting bagi semua bangunan. Atap berfungsi melindungi seluruh anggota keluarga atau barang-barang yang ada di dalamnya dari paparan sinar matahari dan hujan secara langsung. Oleh karena inilah peranannya sangat penting dan tidak boleh dibiarkan jika terjadi kebocoran. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengatasi sambungan atap yang bocor dengan benar. 

Bagaimana Cara Mengatasi Bocor Pada Sambungan Atap Dengan Benar?

Saat ingin memperbaiki sambungan atap yang bocor, tentu saja Anda perlu melakukan pengecekan area mana saja yang bocor. Coba Anda periksa penyebab kebocoran terjadi, apakah karena angin kencang, talang air yang tersumbat, atau hal lainnya. Saat Anda mengetahui penyebab kebocoran atap, maka tindakan perbaikan yang tepat bisa dilakukan. Adapun cara mengatasi sambungan atap yang bocor adalah sebagai berikut: 

Baca Juga: 5 Cara Menambal Atap Spandek Bocor 

1. Gunakan Lapisan Waterproof

Pernahkah Anda mendengar cat waterproof? Benar cat tahan air ini adalah jenis cat yang berguna untuk menahan kebocoran air seperti retakan kecil dan robekan pada kasa penguat. Apabila penyebab kebocoran yang terjadi adalah dua hal ini, Anda bisa menggunakan cat waterproof. 

Anda bisa melapisi area yang bocor dengan cat ini, karena daya tahannya terhadap air yang sangat efektif. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu menggunakan kuas besar seperti kuas untuk mengecat tembok. Namun dalam mengaplikasikannya Anda perlu berhati-hati, agar cat tidak mengenai tangan dan mata. 

Baca Juga: Inspirasi Cat Rumah Yang Bagus dan Cara Memilihnya

2. Memperbaiki Susunan dan Letak Genteng

Penyebab kebocoran lain bisa diakibatkan karena adanya susunan atau letak genteng yang tidak sesuai. Genteng pada atap sebenarnya sudah kokoh dan akan berada pada posisi di mana kita menempatkannya. 

Namun saat diterpa oleh hujan angin atau hujan badai, tentu saja genteng bisa berubah posisi dan meninggalkan lubang. Jika sudah begini, tidak heran bila air merembes masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu Anda perlu kembali memperbaiki susunan dan letak genteng, supaya semua tempat tertutup dengan baik. 

3. Membersihkan Talang Air 

Kebocoran lain bisa diakibatkan karena adanya penyumbatan pada talang air. Tempatnya yang berada di pinggir atap dan berguna untuk mengalirkan air hujan dari genteng jadi terbatas karena adanya kotoran yang menumpuk. Memang, kita jarang melakukan pengecekan berkala pada area-area atas seperti talang air, namun Anda bisa mulai melakukan pengecekan dari sekarang. 

Tidak hanya pengecekan, tetapi juga pembersihan secara berkala. Wajar saja bahwa talang air sering banyak menampung kotoran dari genteng saat hujan atau dedaunan yang jatuh dari ranting pohon. Oleh karena itu Anda perlu giat membersihkan talang air. 

4. Menggunakan Kasa Penguat

Saat ada retakan yang Anda temukan di genteng rumah, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda bisa membuang genteng yang retak dan menggantinya dengan yang baru. Kedua, Anda bisa menguatkan dengan menggunakan kasa penguat. Kasa ini akan bekerja maksimal saat dikombinasi dengan cat waterproof. 

Kasa penguat adalah kasa yang memiliki serat kuat, sehingga mudah menyatu dengan cairan dari cat waterproof. Dari sini Anda bisa menguatkan seluruh area yang sekiranya rawan retak atau rusak dengan kasa penguat. 

Demikian cara-cara yang bisa Anda lakukan saat ada kebocoran pada atap. Saat ingin mencoba memperbaikinya, Anda bisa menggunakan scaffolding sebagai pijakan untuk Anda naik ke atap. Apabila tidak memilikinya, Anda bisa sewa scaffolding dengan mudah di Indosteger. Selamat mencoba 4 cara mengatasi bocor pada sambungan atap rumah Anda!

Recent Articles