indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Menambal Atap Spandek Bocor

Atap spandek terbuat dari campuran aluminium, silikon, dan zincalume. Dengan material tersebut, atap ini sebenarnya sangat kokoh, kuat, anti-karat, serta memiliki fleksibilitas baik. Perhatikan juga cara menghitung kebutuhan atap spandek

Namun, meski bahan pembuatnya lumayan kokoh, tidak menutup kemungkinan kalau atap spandek bakal bocor apalagi jika tidak dilakukan perhitungan yang tepat. Kalau sudah begini, Anda harus cari cara menambal atap spandek bocor agar tidak meresahkan penghuni di musim hujan. Mari simak langsung bagaimana caranya.

 

1. Gunakan waterproofing

Perubahan cuaca ekstrem bisa menjadi penyebab atap spandek tempat tinggal Anda bocor. Tentu saja, dengan sengatan sinar matahari dan guyuran hujan, genteng yang kokoh sekali pun bakal berisiko rusak. Paling mudah, cara menambal atap spandek bocor adalah dengan menggunakan waterproofing. Ini adalah cat dengan kandungan liquid yang anti air sehingga hujan tidak akan merembes ke dalam. Dengan mengaplikasikan waterproofing, atap bocor bukan masalah lagi. 

 

2. Cek kemiringan atap

Di samping perubahan cuaca ekstrem, atap spandek juga bisa cepat rusak karena pemasangannya salah, pengaturan kemiringan keliru, atau pengaturan arah atap kurang tepat. Akibatnya, pertemuan antar atap pun jadi tidak tepat. Kesalahan pemasangan atap spandek ini bakal mengakibatkan celah di antara pertemuan atap dan dinding. Tidak mengherankan kalau sampai terjadi kebocoran. 

Untuk menghindari merembesnya air hujan ke dalam rumah, pastikan dinding rumah Anda sudah memiliki tingkat kemiringan pas. Jangan sampai atap dipasang dengan agak landai dan datar karena hal itu justru menyebabkan kebocoran. Tingkat kemiringan atap rumah yang pas adalah 30 sampai dengan 40 derajat. Anda bisa memperkirakan kemiringan atap pada angka tersebut. Selanjutnya, kalau kemiringan sudah pas, kurangi sambungan atap karena juga berpotensi menyebabkan kebocoran. 

Baca juga:  Serba-serbi dan Cara Menyambung Pipa Galvanis

 

3. Perbaiki genteng yang melorot

Genteng yang dipasang miring memang bertujuan menghindari merembesnya air hujan ke dalam rumah. Namun, kalau angin sedang kencang, kemiringan genteng bisa memudahkannya untuk melorot dan membuat lubang pada atap. Jika kasusnya seperti ini, maka cara menambal atap spandek bocor adalah dengan memosisikan genteng ke tempat yang benar. Perbaikan ini bisa Anda lakukan secara berkala, khususnya jika atap yang melorot ada banyak. Minta bantuan jugalah pada orang lain agar perbaikan posisi genteng bisa lebih cepat. 

 

4. Bersihkan talang air di atap

Pernahkah Anda berpikir kalau penyebab atap spandek bocor sebenarnya bukan karena lubang atau celah di permukaannya, melainkan tersumbatnya aliran air di talang oleh kotoran sehingga menyebabkan air meluap? Ya, kondisi ini mungkin saja terjadi. Terlebih jika talang rumah sudah lama tidak dicek dan dibersihkan. Bisa-bisa bagian dalam talang kotor oleh sampah daun-daun meranggas yang menghambat jalannya air hujan.

Kalau seperti ini kondisinya, maka Anda tidak perlu cari cara menambal atap spandek bocor. Cukup bersihkan saja bagian dalam talang air dari daun dan kotoran lain yang menyumbat. Dengan begitu, ketika musim hujan tiba, aliran air bisa lancar dan tidak meluap ke dalam rumah. 

 

5. Ganti atap retak atau hancur 

Cara terakhir mengatasi atap spandek bocor adalah mengganti genteng yang sudah retak dan hancur dengan atap baru. Seiring dengan waktu dan paparan cuaca, atap spandek bermaterial kokoh bisa lapuk dan hancur. Oleh karena itu, apabila atap rumah Anda sudah lama tidak dilakukan perbaikan, segeralah cek kondisinya dan lihat apakah perlu dilakukan penggantian. Jangan tunggu musim hujan tiba dan kebocoran muncul karena akan menyulitkan proses penggantiannya. 

Nah, itulah tadi cara-cara menambal atap spandek bocor. Kalau memang benar atap bocor, maka Anda bisa menggunakan waterproofing untuk menutup bagian yang berlubang. Selain itu, jika kebocoran bukan karena lubang, maka Anda bisa memperbaiki posisi kemiringan genteng, mengecek talang air, membenarkan posisi genteng, dan mengganti atap baru kalau sudah retak.

Kalau melakukan renovasi genteng, jangan lupa pakai besi hollow galvanis sebagai rangka kanopi untuk melindungi rumah dari paparan panas dan hujan. Besi hollow galvanis bisa Anda dapatkan di Indosteger yang melayani jual scaffolding dan sewa scaffolding untuk wilayah Jabodetabek dan Indonesia. 

Baca juga: Ini 5 Langkah Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow

 

 

Recent Articles