indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Menghaluskan Tembok yang Tidak Rata

Penasaran dengan cara menghaluskan tembok yang tidak rata? Tembok memang merupakan bagian paling penting dalam bangunan, baik itu pada bangunan rumah maupun gedung. Tembok tidak hanya berfungsi sebagai pembatas dan pelindung saja, tetapi juga bisa menjadi bagian penuh estetika dan enak dipandang.
 

Cara Menghaluskan Tembok yang Tidak Rata

Ketika tembok retak, bolong, atau menjadi tidak rata, tentunya hal ini menjadi masalah tersendiri. Kecacatan ini selain menjadikan tembok tidak kokoh dan cepat rusak, tembok juga jadi kurang enak dipandang. Sebenarnya, cara menghaluskan tembok yang tidak rata mudah dilakukan sendiri tanpa bantuan tukang, yakni dengan proses pengacian yang tepat. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.
 

1. Periksa Kondisi Dinding

Sebagai langkah awal cara menghaluskan tembok yang tidak rata, lakukan pengkondisian dinding. Pengkondisian dinding adalah pemeriksaan pada dinding untuk melihat apakah dinding sudah kering atau belum, terutama untuk dinding yang baru dibuat.

Proses yang dibutuhkan memang cukup lama karena Anda harus mendiamkan dinding selama dua minggu setelah dilakukan plesteran. Cek secara berkala pada waktu tersebut untuk memeriksa apakah ada bagian dinding yang retak atau bagian yang belum sempurna. Jangan lupa untuk dibersihkan agar debu dan kotoran tidak menempel dan menumpuk sehingga nanti akan sulit dalam proses pengaciannya.
 

2. Buat Bahan Acian Terlebih Dahulu

Proses dan cara menghaluskan tembok yang tidak rata berikutnya adalah membuat bahan aciannya. Di sini, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan agar menghasilkan acian yang baik dan sempurna, yakni:

  • Tuangkan bubuk semen secukupnya pada sebuah ember kecil.
  • Masukkan air perlahan secukupnya sampai campuran terlihat seperti pasta
  • Tambahkan air lagi apabila semen masih bertekstur padat hingga terlihat lebih encer. Begitu pula jika terlalu encer, tambahkanlah semen secukupnya saja agar campuran mengental.
  • Aduk sampai merata hingga tercampur dengan baik, lalu oleskan pada dinding yang berplester menggunakan roskam khusus.
     

3. Basahi Plesteran Tembok

Setelah melakukan proses pengkondisian tembok dan membuat acian, proses awal pemerataan tembok bisa dilakukan dengan membasahi plesteran tembok terlebih dahulu. Tujuan membasahi tembok ini agar tembok menjadi bersih kembali setelah proses pengkondisian yang memakan waktu cukup lama. 

Proses membasahi tembok ini harus dilakukan dengan benar. Jika tidak dilakukan hingga titik jenuh, maka plesteran akan lebih banyak menyerap air. Hasilnya, acian tidak bisa melekat dengan sempurna karena tembok menyerap banyak air. Hal ini juga akan membuat tembok cepat rusak dan menjadi kering. Siramlah tembok dengan air bersih secara merata agar debu dan kotoran hilang. Tunggu sampai kering untuk melakukan proses pengacian kembali.

Baca juga: Cara Membuat Rak Dinding Cantik dan Elegan
 

4. Perhatikan Waktu Mengaci Dan Ketebalannya

Proses mengaci dan menghaluskan tembok ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengaci dan juga teliti mengatur tingkat ketebalannya. Pengacian pada tembok biasanya dapat dilakukan untuk plesteran tembok yang berusia 2-3 minggu.

Ketika mengaci, pastikan tidak dilakukan terlalu lama. Sebab, malah akan membuat dinding mudah retak dan kering. Adapun waktu pengacian idealnya adalah sekitar 20-30 menit. Ratakanlah pada tembok yang tidak merata tadi secara berkala. Hal ini tergantung pula pada ketebalan acian. Untuk ketebalan ideal adalah mulai dari 1-3 mm. Jika kurang atau lebih dari ukuran tersebut, maka dikhawatirkan akan mengurangi kualitas aciannya.
 

5. Lakukan Pengecatan Ulang

Terakhir, cara menghaluskan tembok yang tidak rata agar bisa terlihat rapi dan bersih adalah dengan melakukan pengecatan ulang pada tembok tersebut setelah diberi aci. Namun, untuk melakukan pengecatan tersebut, pastikan kondisi tembok sudah kering agar cat dapat meresap dengan sempurna dan tidak mengelupas kembali.

Kualitas cat yang dipilih pun harus yang terbaik. Terutama bila Anda melakukan pengecatan pada bagian luar bangunan. Pilihlah cat yang tahan terhadap panas dan hujan. Aplikasikan cat secara merata ke bagian tembok yang sudah dihaluskan tadi. Tunggulah beberapa saat sampai cat benar-benar kering sempurna.

Cara menghaluskan tembok yang tidak rata di rumah Anda cukup mudah untuk Anda coba sendiri di rumah. Selain memperhatikan langkah-langkah di atas, untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu menggunakan alat pendukung, terutama bila Anda memiliki rumah bertingkat. Cari tahu agen jual tangga scaffolding online yang tepercaya. untuk menopang bagian atas pada saat pengacian. Dengan begitu, cara menghaluskan tembok yang tidak rata pun bisa dilakukan dengan lebih aman dan menyeluruh.

Source:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengaci-tembok/
  • https://www.pengadaan.web.id/2020/03/4-langkah-untuk-menghasilkan-acian-yang-berkualitas.html
  • https://arafuru.com/sipil/cara-memperbaiki-acian-yang-bergelombang.html 

Recent Articles