indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Memahami Beragam Cara Perawatan Beton serta Tujuannya

Perawatan beton atau disebut juga curing dapat Anda lakukan saat beton sudah mulai mengeras. Cara perawatan beton yaitu dengan mempertahankan kadar air dan suhu setelah pengecoran dengan tujuan mencapai kualitas beton terbaik.

Pekerjaan curing beton dapat dilakukan setelah beton memasuki fase hardening untuk permukaan beton yang terbuka. Curing juga bisa dimulai setelah proses pembongkaran bekisting selesai dilakukan. 

Proses curing beton penting dilakukan untuk mengembangkan kekuatan dan daya tahan beton. Proses perawatan ini meliputi pemeliharaan kelembapan dan kondisi suhu, baik di permukaan beton maupun di dalamnya dalam periode waktu tertentu.

Apa Tujuan Perawatan Beton?

Tujuan utama dari proses perawatan beton yaitu menghasilkan beton yang berkualitas. Untuk mendapatkan beton yang berkualitas memang tidak mudah, terdapat beberapa metode dan biaya lain yang perlu Anda keluarkan. 

Selain itu, terdapat beberapa tujuan lain dari proses perawatan beton tersebut. Apa saja itu? Mari simak tujuan perawatan beton di bawah ini.

1. Mencegah Keretakan Beton

Jika Anda tidak melakukan perawatan pada beton, maka berpotensi mengalami keretakan. Adapun penyebab keretakan ini yaitu terjadi susut pada beton akibat berkurangnya kadar air dan hilangnya kelembapan saat proses pengerasan.

Baca Juga: Tahapan Penting dalam Proses Pembuatan Beton

2. Menjaga Beton dari Kehilangan Air

Proses penguapan beton pada hari pertama dapat menyebabkan kehilangan air, terutama saat setting time concrete. Sebab itu, penting mengecek kembali kondisi beton setelah mengalami proses pengerasan untuk memastikan kadar air masih sesuai. 

3. Menjaga Kestabilan Struktur Beton

Cara perawatan beton dengan proses curing dapat menjaga kestabilan struktur beton. Hal ini karena dalam proses tersebut, terdapat perbedaan antara suhu beton dan suhu tempat penyimpanannya. Sebab itu, suhu tersebut perlu disesuaikan agar menghasilkan kualitas dan mutu beton yang direncanakan sejak awal.

Baca Juga: Rumus Campuran Beton yang Aman, Kokoh dan Sesuai SNI

Metode Apa Saja yang Ada Pada Curing Beton?

Untuk menghasilkan beton dengan kualitas terbaik, terdapat beberapa metode perawatan yang dapat Anda aplikasikan. Metode ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, karena berpengaruh terhadap beberapa faktor, termasuk biaya yang akan dikeluarkan. 

Perawatan beton bergantung pada jenis elemen yang digunakan, suhu, kondisi cuaca, dan kelembapan di tempat kerja. Umumnya, waktu yang digunakan dalam menilai ketahanan beton yaitu 28 hari setelah dilakukan perawatan. 

Adapun beberapa metode perawatan beton yang umum dilakukan, baik di industri beton besar maupun konstruksi beton biasa. Berikut ini penjelasan mengenai metode perawatan beton tersebut. 

1. Curing Membran

Metode perawatan ini dilakukan dengan cara menutup permukaan beton menggunakan membran. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penguapan air pada beton. Perawatan membran ini dapat Anda mulai setelah permukaan beton benar-benar mengering.

Dalam prosesnya, membran akan membentuk sebuah lembaran yang melekat pada cor, tanpa menyatu, bebas racun, dan bebas lubang. Pemasangan membran ini harus rapi, sebab jika ada membran yang rusak maka harus dilakukan pelapisan dari awal.

2. Metode Pembasahan dengan Air

Pembahasan bisa mulai dilakukan setelah beton sudah mulai mengeras. Cara perawatan beton ini dilakukan dengan menyimpan beton di tempat yang lembap, meletakkan beton pada genangan air, merendam beton, dan menyiram beton secara terus-menerus dalam periode tertentu.

Proses pembasahan ini dapat dilakukan selama 7 hari setelah beton mulai mengeras. Apabila menggunakan cara penyiraman, Anda bisa menyiram dengan air biasa atau cairan kimia yang telah ditentukan.

3. Curing Penguapan 

Perawatan cor beton dengan metode penguapan harus dilakukan secara terus-menerus, setidaknya mencapai 70% kekuatan yang direncanakan sejak awal. Terdapat dua jenis proses penguapan, yaitu penguapan tekanan tinggi dan penguapan tekanan rendah.

Untuk penguapan tekanan tinggi, suhu yang diperlukan yaitu 65-95 derajat celcius dengan durasi penguapan 10 sampai 16 jam. Sedangkan suhu penguapan tekanan rendah yaitu 40-50 derajat celcius dengan durasi 10 sampai 12 jam.

4. Perawatan Form in Place

Metode perawatan ini bisa jadi belum familiar bagi orang awam, sebab kerap diaplikasikan oleh para kontraktor bangunan. Cara perawatan beton ini dilakukan dengan mempertahankan cetakan beton sebagai dinding penahan sampai batas waktu tertentu.

5. Perawatan dengan Sinar Inframerah

Cara perawatan ini dilakukan dengan menyinari beton dengan sinar inframerah selama batas waktu yang telah ditentukan. Umumnya durasi ini berkisar antara 2 hingga 4 jam dengan suhu 90 derajat celcius. Sinar inframerah akan mempercepat proses penguapan air untuk menghasilkan beton dengan kualitas terbaik.

6. Perawatan Hidrotermal

Perawatan ini dilakukan dengan cara memanaskan permukaan cetakan dengan suhu 65 derajat celcius. Metode perawatan ini biasanya dilakukan untuk industri beton besar dan jarang digunakan untuk konstruksi biasa.

Baca Juga: Macam Agregat Beton Untuk Keperluan Bangunan Anda

Demikian informasi cara perawatan beton serta tujuannya yang dapat Anda aplikasikan. Perlu Anda ingat, durasi perawatan cor beton tergantung dengan jenis semen yang digunakan, termasuk bahan tambahan, campuran, dan bahan pengganti. 

Dalam proses konstruksi, perawatan beton berperan sangat penting. Sebab, metode perawatan ini menjadi penentu kualitas beton tersebut. Mulai dari kekuatan beton, keawetan strukturnya, beton yang kedap terhadap rembesan, ketahanan permukaan beton, dan kestabilan volume.

Perawatan beton sama pentingnya dengan pembuatan rangka konstruksi, baik itu rangka kanopi, pagar, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan rangka konstruksi, tentu Anda memerlukan besi hollow sebagai salah satu material yang akan digunakan. 

Untuk mendapatkan besi hollow terbaik, Anda dapat mencarinya di Indosteger. Harga besi hollow galvanis 4x8 ini pun cukup terjangkau. Hollow Galvanis ini memiliki kelebihan tahan karat dan berumur lebih panjang alias awet. Hubungi Indosteger sekarang juga untuk mendapat informasi harga lebih lanjut.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya