indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Renovasi Menjadi 2 Lantai Tanpa Membongkar Bangunan Awal yang Mudah

Cara renovasi menjadi 2 lantai tanpa membongkar bangunan awal sebenarnya cukup tricky, Membongkar atap rumah atau bangunan Anda dan menambahkan tambahan lantai dua di atasnya mungkin terdengar seperti cara drastis untuk mendapatkan ruang, tetapi ada berbagai situasi yang membuat perubahan ini menjadi masuk akal. Dalam beberapa kasus, rencana penambahan lantai dua bisa dilakukan dengan penghematan dana yang besar. Ada beberapa cara atau opsi yang bisa Anda pertimbangakan seperti yang akan kita bahas selanjutnya.
 

Cara Renovasi Menjadi 2 Lantai Tanpa Membongkar Bangunan Awal Anda

Ada empat cara untuk melakukan penambahan secara vertikal sebagai opsi renovasi rumah atau bangunan. Bagaimana Anda melakukan rencana penambahan lantai ini akan tergantung pada preferensi masing-masing, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:
 

1. Membangun dari awal

Salah satu opsi akan melibatkan untuk menghancurkan dan menanggalkan atap Anda. Kemudian akan dibangun lantai tambahan yang benar-benar baru dari awal.
 

2. Mengganti atap

Cara lainnya adalah dengan memotong atap yang ada pada sekitar tepinya dan mengangkatnya sementara, kemudian memasangnya kembali setelah tingkat yang baru telah dibingkai.
 

3. Melakukan perluasan

Taktik ketiga untuk penambahan rumah Anda adalah memperluas tingkat atas di bagian datar yang sebelumnya sudah ada. Bisa berupa garasi atau teras atap datar yang sebelumnya sudah Anda miliki
 

4. Desain Modular

Penambahan lantai dua modular akan dirancang dan dibangun di lokasi lainnya yang akan dibawa kembali dan dipasangkan ke rumah Anda. Seringkali ini merupakan cara tercepat dan paling hemat biaya untuk menambahkan lantai kedua ke rumah Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai
 

Biaya Penambahan Lantai

Jika Anda ingin menambahkan jumlah ruang yang cukup besar namun memiliki anggaran yang ketat, menambahkan lantai 2 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Salah satu alasan kenapa ini bisa menjadi pilihan yang bagus adalah karena biaya renovasi rumah menjadi 2 lantai mungkin menjadi lebih rendah karena tidak perlu kembali membangun pondasi apapun sebab Anda akan membangun di atas pondasi yang sudah ada. Membangun pondasi menjadi salah satu hal yang cukup mahal.

Kedua, hal ini mungkin bisa kembali mengurangi anggaran pada konstruksi atap dengan cara mengangkat atap yang sudah ada menggunakan crane dan memasangnya kembali di lantai dua yang baru. Menyewa crane sedikit mahal, tetapi jauh lebih murah daripada membangun atap baru dari awal.

Total biaya penambahan lantai dua untuk jenis renovasi ini bisa jadi sekitar setengah dari biaya penambahan ruangan pada permukaan tanah konvensional dengan ukuran yang sama.

Saat membuat rencana renovasi penambahan lantai 2 rumah atau bangunan selalu ingat bahwa menambahkan lantai ini akan masuk akal jika tanah Anda kecil, atau memiliki keinginan untuk memiliki sebanyak mungkin ruang terbuka di luar ruangan untuk berkebun, bersantai, atau sekedar rasa jarak yang memadai antar tetangga. Mungkin juga halaman memiliki beberapa fitur lanskap yang tidak ingin Anda ubah. 

Kode atau aturan mengenai bangunan lokal mungkin akan membatasi ketinggian untuk rumah di lingkungan Anda. Tanyakan kepada pejabat kota setempat sebelum mulai menyusun rencana menambahkan atau renovasi ini.

Itu dia beberapa cara yang bisa membantu ketika ingin membangun lantai 2 di rumah atau bangunan Anda. Semoga informasi mengenai cara renovasi menjadi 2 lantai tanpa membongkar bangunan awal ini bisa membantu dan jika Anda membutuhkan tangga scaffolding untuk mendukung pekerjaan ini, Indosteger menyediakan sewa scaffolding Jakarta Selatan. Yuk, kunjungi website kami sekarang juga!

Baca juga: Cara Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai yang Aman dan Kokoh

Recent Articles