indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kiat Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai

Pondasi rumah 2 lantai sudah pasti harus kuat karena beban yang didapat berlipat ganda. Kalau sudah begini, maka Anda jangan sampai salah memilih pondasi dan menentukan ukuran pondasi. Ada beberapa macam pondasi rumah dan cara membuat pondasi yang kokoh serta kuat. Ingin tahu lebih dalam terkait informasi ini? Simak rangkumannya di bawah ini.

Apa Saja Jenis Pondasi Rumah Dua Lantai yang Sering Digunakan?

Sebelum membahas tentang cara membuat pondasi rumah dengan 2 lantai, Anda harus mengenal berbagai macam pondasi terlebih dahulu. Hal ini agar Anda dapat proses pembangunan rumah Anda berjalan lancar dengan memperhatikan kondisi tanah tempat dimana Anda membangun.

Di dalam ilmu sipil, ada beberapa macam pondasi yang dapat Anda gunakan untuk bangunan rumah. Setiap pondasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta kasus penggunaannya sendiri. Berikut adalah penjelasan lengkapnya yang dapat Anda jadikan panduan:

1. Pondasi batu kali

Pondasi batu kali biasanya digunakan untuk rumah atau bangunan yang hanya terdiri dari satu lantai saja. Hal ini terlihat dari kedalaman pondasi yang hanya berkisar di antara 60 cm hingga 80 cm. Fungsi dari pondasi batu kali memang hanya untuk menopang pemasangan bata dan struktur bangunan di atas. Jadi, jika Anda memang ingin membangun rumah dengan memiliki satu lantai saja, maka pondasi batu kali adalah pilihan paling tepat.

2. Pondasi Foot Plat atau Tapak

Serupa dengan batu kali, jenis pondasi foot plat sering digunakan sebagai pondasi untuk rumah tinggal. Jenis pondasi ini biasanya dibangun menggunakan beton bertulang , batu split, pasir beton, semen, dan besi beton dan papan kayu untuk bekisting pondasi.

Anda juga dapat menggabungkan pondasi ini dengan pondasi batu kali. Penggunaan pondasi batu kali dan pondasi foot plat akan membuat struktur rumah Anda semakin kuat.

3. Pondasi Bor Pile

Jenis pondasi bor pile memanfaatkan kedalaman tanah dengan meneruskan beban yang diberikan bangunan langsung ke dalam tanah. Hal ini dilakukan dengan menggunakan cor beton yang ditanamkan di kedalaman lebih dari 2 m hingga 20 cm.

4. Pondasi Menerus

Pondasi menerus adalah jenis pondasi dangkal yang sangat cocok untuk digunakan di area tanah yang bertekstur keras. Sesuai dengan namanya, pondasi ini dapat dengan efektif mendukung bangunan yang memanjang.

Oleh karena itu, sangat cocok untuk menjadi pondasi ruko, rumah 2 lantai, dan lainnya.

5. Pondasi cakar ayam

Selain pondasi batu kali dan pondasi menerus, cakar ayam adalah salah satu jenis pondasi yang banyak digunakan untuk membangun rumah 2 lantai. Kekuatan yang diberikan untuk menahan beban sudah pasti jauh lebih baik. Terlihat dari bagaimana pemakaian konstruksi beton bertulang dengan kedalaman 120 cm hingga 2 meter.

Namun terkadang kedalaman yang dimaksimalkan hanya 100 cm saja karena terhitung cukup. Pondasi cakar ayam mampu menahan beban dua lantai rumah sekaligus dengan maksimal dan pastinya aman.

Pondasi cakar ayam sendiri dapat digunakan pada berbagai jenis kondisi tanah. Pondasi yang awalnya digunakan untuk membangun konstruksi di daerah tanah rawa ini memiliki daya cengkram yang sangat kuat di antara berbagai jenis pondasi. Dengan cakar ayam sebagai jenis pondasi rumah, Anda dapat memastikan kalau rumah Anda akan berdiri kokoh dan bahkan tahan bencana alam seperti gempa bumi.

Untuk lebih memahami bagaimana proses pembuatannya, informasi mengenai cara membuat cakar ayam akan sangat berguna untuk Anda.

Baca juga: 6 Macam Macam Gaya Dalam Struktur Bangunan

Kaitan Antara Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai dengan Struktur Tanah

Setelah mengenal beberapa macam pondasi yang dapat Anda jadikan pondasi rumah, saatnya Anda mengetahui kapan harus menggunakan berbagai macam pondasi tersebut sesuai dengan kondisi tanah.

Secara garis besar, berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  • Gunakan pondasi batu kali jika Anda hanya ingin membangun rumah satu lantai dan kondisi tanah ideal untuk membangun rumah.
  • Gunakan pondasi batu kali dengan bantuan pondasi cakar ayam atau pondasi batu kali dan foot plat jika Anda ingin membangun rumah 2 lantai.
  • Jika struktur tanah sangat lembek atau sangat jauh dari kondisi ideal untuk membangun rumah, Anda sebaiknya berkonsultasi pada kontraktor untuk mempertimbangkan jenis pondasi rumah 2 lantai apa yang cocok digunakan.

Baca juga: Jarak Cakar Ayam Rumah 2 Lantai yang Aman

Bagaimana Cara Membuat Pondasi Rumah 2 Lantai yang Kokoh?

Dari penjelasan di atas, Anda sudah tahu bahwa pondasi rumah 2 lantai yang layak adalah pondasi cakar ayam. Untuk membuat pondasi yang kuat, sudah pasti harus dilakukan perencanaan tepat karena beban yang harus ditanggung jauh lebih besar. Anda bisa mendapatkan pondasi rumah yang kuat dengan mengikuti beberapa poin di bawah ini:

  • Anda harus memperhatikan kedalaman galian pondasi. Mengapa begitu? Tanpa kedalaman pondasi yang cukup, maka kekuatan yang dimiliki dasar rumah sudah pasti kurang baik. Pondasi tidak akan mampu menahan beban bangunan di atasnya.
  • Anda pasti akan menggunakan pondasi cakar ayam dalam pembuatan rumah 2 lantai. Sebaiknya dalam pembuatan pondasi, gunakan besi 12 mm sebagai tulangannya.
  • Anda juga wajib melihat kualitas beton yang digunakan. Manfaatkan beton dengan mutu kisaran K225. Kemudian adukan semen pasir dan kerikil juga terdiri dari rasio berbeda, yakni 1:2:3.
  • Terakhir, Anda harus memastikan bahwa struktur besi atau tulangan 12 mm sudah menyatu 100% dengan kolom struktur hingga ke bagian atas bangunan. Dengan memastikan hal ini, kekuatan pondasi jauh lebih terjamin. Anda tidak perlu khawatir ada masalah kurangnya kekuatan yang diberikan pondasi cakar ayam.

Itulah dia kiat membangun pondasi rumah 2 lantai yang dapat Anda jadikan panduan. Dalam perspektif ilmu sipil, ada berbagai macam pondasi yang dapat Anda gunakan untuk pondasi rumah 2 lantai; seperti batu kali, cakar ayam, foot plat, bor pile, dan lain-lain.

Tiap pondasi tentu memiliki kekurangan dan kelebihan serta kasus penggunaan masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu budget serta kondisi tanah di mana Anda akan membangun hunian Anda agar dapat memilih tipe pondasi yang tepat.

Dalam proses pembangunan sendiri juga sebaiknya jangan lupakan penggunaan scaffolding agar berjalan lancar. Untungnya sekarang Anda tidak perlu kebingungan mencari jasa sewa scaffolding karena telah hadir Indosteger. Indosteger memberikan penyewaan scaffolding terlengkap dan terbaik dengan kualitas kokoh sepanjang proses pembangunan. Dengan informasi kiat membuat pondasi rumah 2 lantai, kunjungi tempat sewa scaffolding terdekat dari Indosteger sekarang juga. 

Baca Juga: 9 Jenis Pondasi Bangunan yang Umum Diterapkan

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya