indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Daur Ulang Limbah Besi

Frasa daur ulang mungkin sudah sering sekali kita dengar, tetapi apakah Anda sudah tahu bagaimana cara daur ulang limbah besi? Limbah besi merupakan limbah yang berbahaya bagi lingkungan sehingga perlu dilakukan daur ulang. 

Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang daur ulang limbah besi, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Limbah Besi?

Limbah besi termasuk dalam limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) yang tidak dapat terurai dan berpotensi mencemari lingkungan. Limbah besi terbuat dari bahan logam yang berasal dari berbagai sumber, seperti industri konstruksi, perabotan rumah tangga, elektronik bekas, kendaraan tua yang sudah tidak layak pakai, dan lain-lain.

Pengolahan limbah dalam skala kecil dapat dilakukan secara manual dan menggunakan alat yang sederhana. Namun, pengolahan dalam skala besar sebaiknya menggunakan peralatan yang lebih canggih dan memakai mesin berteknologi tinggi.

Bagaimana Cara Mengolah Limbah Besi?

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara mengolah limbah besi, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Pengumpulan dan Pemisahan Limbah Besi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengolah limbah besi adalah pengumpulan limbah. Setelah limbah besi berhasil dikumpulkan, selanjutnya Anda perlu memisahkannya. Anda bisa memisahkan limbah besi berdasarkan sumbernya, contohnya: limbah pabrik, perabotan rumah tangga, industri konstruksi, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Pipa PVC

Proses pemisahan juga berfungsi untuk menyortir bahan-bahan non logam yang masih menempel pada limbah besi.

2. Penghancuran Besi

Langkah selanjutnya adalah penghancuran besi. Pada tahap ini, besi yang sudah dikumpulkan dan dipisahkan akan dihancurkan dengan cara diparut atau dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Hal ini dilakukan agar proses peleburan besi lebih mudah nantinya.

3. Peleburan Besi

Setelah besi dihancurkan atau dipotong menjadi bagian yang lebih kecil, berikutnya adalah proses peleburan. Saat peleburan, besi akan dimasukan kedalam tungku berukuran besar dan dipanaskan. 

Suhu yang digunakan untuk melebur besi harus tinggi agar besi bisa meleleh dan menjadi cair. Nantinya, besi yang sudah cair atau lebur tersebut akan dipadatkan dan dibentuk kembali menjadi besi yang baru.

4. Pemurnian Besi

Sebelum besi dipadatkan, besi harus melewati proses pemurnian terlebih dahulu. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa besi yang akan dicetak terbebas dari kandungan bahan-bahan non logam yang mungkin terbawa saat peleburan.

Baca Juga: Kenali Proses Pembuatan Besi Lebih Dalam

Bahan non logam ini dapat membuat kualitas besi daur ulang menjadi buruk apabila tidak dipisahkan. Oleh karena itu, proses pemurnian ini harus dilakukan dengan benar dan teliti agar produk besi daur ulang benar-benar terbuat dari besi murni, sehingga kualitasnya baik.

5. Pemadatan dan Pendinginan Besi

Setelah besi daur ulang dipastikan tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan non logam, besi siap dipadatkan. Besi dapat dipadatkan dalam beberapa bentuk seperti lempengan besi, pipa besi, lembaran besi dan lain-lain. Setelah itu, besi didinginkan agar lebih mudah untuk dibentuk menjadi produk besi yang baru.

Setelah didinginkan, besi bisa dibentuk menjadi barang baru sesuai kebutuhan seperti bahan besi tulangan, peralatan rumah tangga, sparepart kendaraan dan sebagainya.

Pengolahan limbah besi ini tidak hanya membantu mengurangi sampah besi dan menjaga kelestarian lingkungan saja, tapi juga bisa membantu menekan biaya produksi untuk pembuatan produk besi yang baru.

Anda pun dapat berpartisipas dalam pengurangan limbah besi dengan cara menyewa peralatan konstruksi daripada membelinya. Contohnya, Anda bisa menyewa tangga scaffolding di Indosteger jika hanya digunakan sekali saja.

Jika Anda saat ini membutuhkan informasi terkait sewa scaffolding, suri-suri bekisting, pipe support atau peralatan konstruksi lainnya, Anda sudah berada di laman yang tepat. Anda bisa menyewa berbagai peralatan konstruksi di Indosteger dengan kualitas dan harga terbaik. Segera hubungi tim kami untuk info selengkapnya!

Itulah dia beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan daur ulang limbah besi.

Recent Articles