indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berbagai Dimensi Besi Hollow yang Perlu Anda Tahu

Dimensi besi hollow yang tepat mampu memberikan Anda berbagai macam kemudahan dalam proses konstruksi. Besi jenis ini menjadi pilihan populer untuk diaplikasikan pada alat mekanik, struktural dan konstruksi. Beberapa contoh penggunaannya dapat Anda temukan pada rangka kanopi, besi plafon, hingga partisi untuk dinding rumah. Besi hollow ini memiliki berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk seperti tabung, persegi, dan persegi panjang. Setiap bentuk tentu akan memiliki keunggulan tersendiri. Ukuran dari besi juga akan menentukan fungsi yang bisa dihasilkan.

Berikut ini adalah daftar dimensi besi hollow yang akan bisa Anda gunakan untuk memilih besi yang mungkin diperlukan. Mari kita perhatikan berbagai macam ukuran dari besi hollow tersebut.

Apa Saja Ukuran Dimensi Besi Hollow?

Dimensi dari besi hollow akan dinyatakan dalam satuan milimeter. Format untuk penulisan dimensi besi ini adalah lebar penampang x panjang penampang x tebal. Ukuran besi hollow berdasarkan informasi dari SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah:

  • 15 x 30 x 0,60 mm
  • 15 x 30 x 0,80 mm
  • 15 x 30 x 1,10 mm
  • 15 x 30 x 1,40 mm
  • 17 x 37 x 1,40 mm
  • 17 x 37 x 1,70 mm
  • 20 x 20 x 0,60 mm
  • 20 x 20 x 1,40 mm
  • 20 x 20 x 1,70 mm
  • 20 x 40 x 0,80 mm
  • 20 x 40 x 1.40 mm
  • 30 x 60 x 1.40 mm
  • 30 x 60 x 1.70 mm
  • 37 x 37 x 1.40 mm
  • 40 x 60 x 1.40 mm
  • 40 x 60 x 2.00 mm
  • 50 x 50 x 1.40 mm
  • 50 x 50 x 2.00 mm

Angka pertama akan menunjukkan lebar penampang dari besi hollow, angka kedua menyatakan panjang penampangnnya, sedangkan itu angka ketiga menunjukkan tebal dari besi hollow.

Apa Saja Jenis Besi Hollow Yang Dapat Anda Temukan?

Besi berongga atau besi hollow dikategorikan menjadi tiga jenis utama CHS (Circular Hollow Sections),  RHS (Rectangular Hollow Sections), SHS (Square Hollow Sections) Setiap jenis besi berongga memiliki atributnya sendiri, untuk tujuan tertentu.

1. CHS (Circular Hollow Sections)

Besi hollow berbentuk lingkaran atau tabung akan menawarkan bentuk yang estetik namun masih memiliki ketahanan yang baik. Umumnya digunakan di berbagai bidang struktural, mekanik dan konstruksi. Garis yang bersih dan konsisten, tidak adanya tepi yang menonjol dan sangat halus membuat jenis besi hollow yang satu ini menjadi pilihan populer untuk tampilan estetis dalam berbagai aplikasi.

2. RHS (Rectangular Hollow Sections)

Jenis yang satu ini sangat populer untuk digunakan pada aplikasi mekanis, struktural, dan konstruksi. Permukaan rata yang dimiliki besi jenis ini akan menghasilkan solusi struktur yang lebih ekonomis untuk penyambungan dan berbagai jenis pekerjaan fabrikasi lainnya.

Dikarenakan berbentuk persegi panjang, ketika digabung dengan permukaan datar lainnya maka kita tidak perlu repot memotongnya. Cukup memotong bagiannya dengan lurus saja. Proses pengelasan atau penyambungan juga tidak sulit. Dari segi estetika besi hollow persegi panjang ini memiliki garis yang bersih dan menawarkan daya tahan struktural yang baik.

Baca Juga: Inilah Cara Menyambung Besi Hollow Tanpa Las

3. SHS (Square Hollow Sections)

SHS merupakan jenis tabung baja struktural, di mana atribut, penampilan, dan strukturalnya berada di antara dua jenis besi hollow sebelumnya. Jenis ini memiliki permukaan datar yang juga ekonomis untuk penyambungan dan pengelasan dengan garis bersih pada bagian tepi yang mudah untuk dilas. Tampilan simetrinya dibentuk di bagian berongga persegi dengan sisi yang sama. Besi hollow berbentuk persegi ini akan memberikan keseimbangan ideal antara kekuatan, fungsionalitas, dan tampilan yang menarik. SHS bisa digunakan jika Anda membutuhkan ketiga aspek tersebut.

Apa Saja Kelebihan Besi Hollow Galvanis Dibanding Besi Yang Lain?

Besi hollow galvanis dibuat dari campuran aluminium dan zinc sehingga menawarkan berbagai macam keunggulan yang sangat bermanfaat. Besi ini sangat populer untuk digunakan karena kelebihannya tersebut. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari besi hollow galvanis berikut ini. 

1. Mudah dan cepat saat dipasang

Keunggulan utama dari besi hollow galvanis adalah kemudahan dalam memasangnya. Ukurannya yang tidak terlalu besar serta bobotnya yang cukup ringan menjadikan proses instalasi tidak memakan waktu yang lama.

Baca Juga: Materi Besi Hollow Beserta Kegunaannya dalam Bangunan

2. Tahan Lama

Besi hollow galvanis memiliki ketahanan yang baik. Bila dijadikan bahan konstruksi atap, bahan yang satu ini akan lebih tahan lama, tidak mudah berkarat, dan tahan dari rayap. 

3. Bukan Penghantar Api

Jenis besi ini sangat aman dan tidak akan menghantarkan api. Besi ini memiliki ketahanan yang baik terhadap api sehingga jika Anda butuh bahan untuk struktur bangunan yang bagus dan tahan dari api, maka produk ini menjadi pilihan yang populer.

4. Anti Karat

Sifat anti karat dari besi hollow galvanis ini akan memberikan keamanan yang baik sehingga bisa menjadi pilihan yang baik jika ingin dijadikan sebagai bahan struktur atap atau pun bangunan. Keunggulan ini dapat dimiliki karena terdapat campuran aluminium dan zinc sebagai bahan dasar pembuatannya.

Baca Juga: Cara Mencegah Korosi Pada Besi

Itulah daftar dimensi besi hollow yang bisa Anda gunakan ketika memilih besi mana yang akan digunakan dalam proses konstruksi. Jika Anda membutuhkan besi hollow untuk digunakan, maka segera cek harga besi hollow galvanis 4x8 di Indosteger sekarang juga. Semoga informasi mengenai dimensi besi hollow akan bisa membantu Anda.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya