indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berapa Jarak Anyaman Besi Cor Dak yang Ideal?

Berapa jarak anyaman besi cor dak yang ideal? Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, ada banyak hal yang harus Anda pahami sebelumnya. Dak merupakan batas antara lantai dengan pondasi atau antara langit-langit dengan lantai diatasnya untuk bangunan bertingkat. Untuk membuatnya, cor beton menjadi pilihan banyak kegiatan konstruksi. Bagian ini sangatlah penting, karena punya fungsi yang penting. Mari kita pelajari secara lebih lanjut salah satu bagian struktur dari bangunan ini.
 

Jarak Anyaman Besi Cor Dak yang Ideal

Ketika ingin membuat anyaman besi cor untuk dak, ada satu hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut adalah diameter dari besi yang akan digunakan sebagai tulang dari dak. Berikut ini adalah beberapa ukuran diameter dari besi tulangan yang akan bisa digunakan. Setelah menentukan diameter besi, maka dari sana Anda akan bisa menentukan jarak aman untuk anyaman besi cor dak yang akan dibangun.
 

Diameter 8 mm

Anda bisa menggunakan besi dengan diameter 8 mm jika ingin membuat lantai yang tidak perlu menanggung beban begitu besar. Besi dengan diameter ini per meternya memiliki bobot sekitar 0,39 kg. Dengan ukuran yang kecil, jarak antar anyaman harus lebih rapat. Jarak 120 mm dinilai cukup ideal untuk besi dengan ukuran yang tidak terlalu besar ini.
 

Diameter 10 mm

Untuk permeternya, besi dengan diameter 10 mm ini akan memiliki berat 0,62 kg. Untuk ukuran ini biasanya menggunakan jarak sekitar 20 cm untuk menciptakan struktur yang kuat untuk menahan beban.
 

Diameter 12 mm

Diameter ini cocok jika Anda membutuhkan struktur yang lebih kuat. Terutama untuk menahan berat mobil atau kendaraan lain. Diameter 12 mm per meternya memiliki bobot sekitar 0,89 kg. Sehingga menjadi pilihan yang baik untuk bangunan yang sekiranya akan menahan beban berat. Jarak anyaman yang aman untuk digunakan adalah 250 mm.
 

Diameter 13 mm

Diameter 13 mm memiliki bobot sekitar 1,04 kg per meternya. Untuk besi dengan diameter 13 mm kita bisa menggunakan jarak seperti 12 mm yakni 250 mm juga. Diameter ini akan sedikit lebih kuat dalam menahan beban diatasnya.

Baca juga: Cara Membuat Pondasi Rumah Tingkat yang Kuat dan Aman
 

Perhatikan Juga Beton Anda

Selain diameter besi yang pas, Anda juga harus bisa memastikan bahwa beton yang digunakan memiliki karakteristik seperti:
 

1. Kokoh dan kuat

Beton harus dibuat dengan proses yang sempurna agar menghasilkan dak yang kokoh dan kuat. Gunanya untuk mampu menahan beban pada bangunan bertingkat.
 

2. Halus dan rata

Hasil permukaan harus bisa terlihat halus dan rata. Hal ini akan bisa memengaruhi fungsi dan nilai estetika dari rumah.
 

3. Efisien

Kalkulasi waktu pengerjaan dibutuhkan dalam pembuatan dak beton. Jika dikerjakan terlalu lama, dikhawatirkan akan mudah retak atau keropos.
 

4. Ekonomis

Opsi menggunakan dak beton akan lebih ekonomis dan relatif lebih terjangkau. Menyajikan hasil yang kokoh sebagai bagian dari pondasi rumah.

Nah itulah dia informasi mengenai jarak anyaman besi yang akan digunakan dalam pembangunan dak beton. Bila dibangun dengan baik, bangunan akan bisa menjadi kokoh dan lebih tahan lama. Sehingga akan bisa dihuni dalam jangka waktu yang panjang juga.

Selain informasi mengenai jarak anyaman besi cor dak, disini Anda juga bisa mengecek informasi mengenai scaffolding frame yang bisa digunakan dalam kegiatan konstruksi. Semuanya ada di IndoSteger, kunjungi website kami sekarang juga.

Baca juga: Langkah dan Saran Penempatan Tandon Air

Recent Articles