indosteger@gmail.com   +62218294428

News

8 Jenis Mata Bor Besi yang Bisa Anda Gunakan

Ada banyak jenis mata bor besi dan ukuran lubang yang dapat dibuat, selain itu berbeda jenis mata bor maka berbeda juga fungsinya.

Berikut ini adalah jenis-jenis mata bor besi yang perlu Anda ketahui:

Apa Saja Jenis-Jenis Mata Bor Besi?

Fungsi mata bor secara umum adalah untuk memudahkan dan membantu pekerjaan pemboran di berbagai bidang dan material agar dapat menghasilkan bentuk lubang yang tepat dan sesuai.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Sumur Bor Menggunakan Paralon

Berikut ini adalah jenis mata bor besi yang bisa Anda temui:

1. Twist Drill Bits

Twist Drill Bits atau Jobber atau Spiralbohrer adalah mata bor besi yang paling banyak digunakan dari semua jenis mata bor. Mata bor jenis ini dapat memotong apa saja mulai dari kayu, plastik, hingga baja dan beton.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Besi dan Baja

Mata bor jenis ini paling sering digunakan untuk memotong logam, sehingga umumnya terbuat dari high speed steel. Namun, meskipun dirancang untuk memotong logam, mata bor jenis ini juga bekerja dengan baik pada kayu.

Twist Drill Bits ini menawarkan pilihan ukuran terluas dari mata bor lainnya, ditambah mata bor ini juga yang termurah dari semua mata bor yang dapat digunakan oleh tukang kayu.

2. Hole Saw Bits

Hole Saw Bits biasa digunakan untuk melubangi material kayu dengan ukuran yang cukup besar. Berbeda dengan jenis mata bor yang memotong kayu sesuai diameternya, Hole Saw Bits akan menyisakan potongan kayu pada casingnya sehingga mata bor jenis ini sering digunakan untuk membuat lingkaran ban mainan.

3. Masonry Bits

Masonry Bits adalah mata bor yang dapat digunakan untuk mengebor lubang pada material dinding, beton, dan batu bata. Mata bor jenis ini terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik sangat keras, karena penggunaan mata bor ini tidak hanya berputar tetapi juga memukul. Mata bor Masonry Bits ini umumnya memiliki ukuran dari 4 mm hingga 15 mm.

4. Spur Bits

Mata bor jenis ini dikenal dengan mata bor kayu karena sering digunakan untuk membuat lubang pada kayu. Pada mata bor ini terdapat mata bor runcing yang terletak di ujungnya, dan juga terdapat pisau pengiris di bagian pinggirnya.

Fungsi ujung runcing mata bor ini adalah untuk menjaga mata bor tetap lurus sehingga menghasilkan lubang yang presisi. Mata bor jenis ini memiliki ukuran mulai dari 6 mm hingga 15 mm.

5. Countersink Bits

Mata bor jenis ini umumnya digunakan untuk membuat lubang pada kayu untuk kepala ulir agar permukaannya memiliki ukuran yang rata. Mata bor ini memiliki ujung yang bersudut 90 derajat yang berguna untuk membuat lubang 45 derajat pada permukaan kayu.

6. Forstner Bits

Forstner Bits sebagian besar digunakan dalam industri pertukangan kayu untuk mengebor lubang yang lebih besar daripada yang dapat dibuat dengan mata bor biasa. Mata bor jenis ini akan lebih baik digunakan dengan menggunakan mesin bor duduk sehingga penggunaannya lebih stabil.

Jika mata bor ini digunakan dengan menggunakan mesin bor tangan maka akan sulit untuk mengontrol kestabilan posisi mata bor dan akan menghasilkan bentuk lubang yang kurang berkualitas.

7. Chisel Bits

Chisel Bits adalah jenis mata bor yang biasa digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada permukaan material yang berbahan kayu. Mata bor jenis ini biasanya digunakan pada mesin Hollow Chisel Mortiser.

Baca Juga: 8 Jenis Kayu Untuk Furniture Rumah

8. Flat Bits

Flat Bits biasanya digunakan untuk mengebor berbagai jenis kayu dan material lunak. Flat Bits memiliki bentuk yang datar atau datar. Tipe ini biasanya digunakan menggunakan bor manual dengan putaran mesin yang sangat rendah. Mata bor jenis ini tidak disarankan dipakai menggunakan bor listrik.

Demikian beberapa jenis mata bor besi yang dapat Anda temui di pasaran, beserta fungsinya masing-masing. Jika Anda membutuhkan material besi seperti besi hollow galvanis, Anda bisa mendapatkannya di Indosteger.

Semoga artikel tentang jenis-jenis mata bor besi ini dapat membantu Anda.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya