indosteger@gmail.com   +62818716828

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cor per Meter dengan Tepat

Media
18 Jan 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Sebelum melakukan pembangunan, Anda perlu memperhitungkan kebutuhan besi cor per meter dengan tepat. Pasalnya besi cor berguna untuk memperkuat struktur bangunan, sehingga pembuatannya pun perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tepat. Dalam artikel kali ini, Indosteger akan berbagi cara menghitung kebutuhan besi cor dengan tepat. Simak informasinya dalam artikel berikut ini.

Apa Fungsi Besi Cor Dalam Konstruksi?

Besi cor merupakan jenis besi yang memiliki bentuk seperti kawat dengan diameter yang lebih kecil daripada besi ulir. Dalam konstruksi, besi cor biasa digunakan dalam konstruksi bangunan untuk menjaga stabilitas dan kekuatan struktur.

Fungsi utama dari besi cor dalam konstruksi adalah sebagai pengikat atau penggabungan antara struktur bangunan seperti beton, batu bata, atau kayu. Besi cor juga bisa digunakan untuk memperkuat struktur dengan cara dipasang secara horizontal atau vertikal di dalam beton. Besi cor umumnya digunakan sebagai pengganti besi ulir pada struktur yang membutuhkan kekuatan tinggi namun dengan berat yang lebih ringan. 

Besi cor memiliki daya tahan yang tinggi terhadap deformasi dan retak, sehingga bisa digunakan dalam struktur yang akan terpapar oleh gaya yang besar seperti gempa bumi atau angin topan.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cor Per Meter?

Banyak orang mengira bahwa cara menghitung kebutuhan besi cor per meter terlalu rumit. Faktanya, cara perhitungannya justru mudah, tetapi memang membutuhkan ketelitian dan konsentrasi sebab akan cukup membingungkan. Adapun cara yang tepat untuk menghitung kebutuhan besi cor per meter antara lain:

Mencari Dimensi Grid Besi Cor

Cara menghitung kebutuhan besi cor yang pertama adalah mencari dimensi grid besi cor dengan rumus:

Grid besi cor = panjang pelat - (2 x jarak baja tulangan beton)

Mencari Total Panjang Besi Cor

Untuk menghitung total panjang cor besi, Anda perlu mengetahui panjang yang dibutuhkan pada setiap elemen struktur yang akan dibentuk dengan menggunakan besi cor. Berikut merupakan rumus perhitungannya:

Total panjang besi cor = (kolom baja tulangan beton x panjang baja tulangan beton) +  (baris baja tulangan beton x lebar baja tulangan beton)

Mencari Jumlah Baja Tulangan Beton yang Dibutuhkan

Selanjutnya, dalam menghitung total panjang besi cor yang dibutuhkan, Anda perlu mengetahui panjang besi cor pada setiap elemen struktur yang akan dibentuk. Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah besi cor atau baja tulangan yang dibutuhkan antara lain;

Jumlah baja tulangan yang dibutuhkan = Total baja tulangan beton / Panjang baja tulangan tunggal

Baca Juga: Pahami Apa itu Besi Tulangan untuk Proyek Konstruksi

Menghitung Total Harga Besi Cor

Cara terakhir yang tak kalah penting dalam menentukan kebutuhan besi cor adalah total harga besi cor. Sebagaimana telah diketahui bersama, Anda membutuhkan rincian biaya dalam setiap kegiatan konstruksi. Gunakan rumus berikut untuk menghitung total harga besi cor:

Total harga besi cor = jumlah baja tulangan beton x harga satuan

Contoh Perhitungan Kebutuhan Besi Cor Per Meter

Bila dilihat secara rumus, memang sedikit membingungkan dan lebih sulit untuk dipahami. Jangan khawatir, Indosteger akan memberikan contoh perhitungannya agar lebih mudah memahami dan mencoba setiap rumusnya. Simak penjelasannya berikut ini:

Diketahui:

  1. Panjang pelat beton = 8 m
  2. Lebar pelat beton = 6 m
  3. Jarak baja tulangan = 40 cm 
  4. Jarak edge-grid = 8 cm
  5. Baris baja tulangan = 18
  6. Kolom baja tulangan = 15
  7. Harga baja tulangan = Rp35.000
  8. Panjang baja tulangan satuan = 8 m

Hasil Perhitungan:

1. Grid Besi Cor

Grid besi cor = panjang pelat - (2 x jarak baja tulangan beton)

Grid besi cor = 8 m - (2 x 0,4 m)

Grid besi cor = 8 m - 0,8 m

Grid besi cor = 7,2 m

2. Total Panjang Besi Cor

Total panjang besi cor = (kolom baja tulangan beton x panjang baja tulangan beton) +     (baris baja tulangan beton x lebar baja tulangan beton)

Total panjang besi cor = (15 x 8 m) + (18 x 6 m)

= 120 m + 108 m

= 228 m

3. Jumlah Baja Tulangan Beton

Jumlah besi baja tulangan yang dibutuhkan (J) = total baja tulangan beton / panjang baja tulangan tunggal

J = 228 m / 8 m

J = 28,5

4. Total Harga Besi Cor

Total harga besi cor = jumlah baja tulangan beton x harga satuan

Total harga besi cor = 28,5 m x Rp35.000

= Rp997.500

5. Biaya per meter

Biaya baja tulangan per meter (B) = total harga besi cor / total panjang baja tulangan

B = Rp997.500 / 228 m

B = Rp4.375

Jadi, apakah cara menghitung kebutuhan besi cor per meter di atas membantu Anda dalam menemukan jumlah yang tepat? Menghitung besi yang dibutuhkan dapat membantu Anda menyesuaikan jumlah pembelian besi dengan kebutuhan, sehingga tidak ada lagi pengeluaran berlebihan saat melakukan pembangunan. 

Jika Anda membeli besi cor dalam bentuk batangan, maka Anda perlu menambahkan sedikit margin untuk mengantisipasi adanya potongan-potongan kecil yang mungkin dilakukan saat memotong besi cor sesuai dengan ukuran yang diinginkan. 

Namun, jika Anda membeli besi cor dalam bentuk roll, maka Anda bisa langsung menghitung total panjang besi cor yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila seluruh perhitungan telah dilakukan, Anda bisa langsung membeli kebutuhan besi di Indosteger. 

Mengapa Indosteger? Jawabannya adalah karena Indosteger menyediakan segala kebutuhan konstruksi Anda seperti besi hollow, suri suri bekisting, hingga scaffolding yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. 

Dalam mewujudkan pembuatan bangunan yang kokoh, Anda tentu membutuhkan material yang terjamin kualitasnya. Sebab itu, Indosteger lah solusinya. Kunjungi kami segera dan penuhi segala kebutuhan besi dan material pembangunan Anda. Semoga informasi cara menghitung kebutuhan besi cor per meter ini bermanfaat!

 

Sumber: 

https://theconstructor.org/building/cast-iron-types-properties-uses/16022/

https://www.omnicalculator.com/construction/rebar

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb