indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Apa Itu Besi Cor

Bagi Anda yang ingin membangun atau mempelajari konstruksi, pernahkah mendengar apa itu besi cor? Jika belum, Anda berada di laman yang tepat. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu besi cor, jenis besi cor, kelebihan, kekurangannya, dan kegunaannya dalam konstruksi. Mari simak selengkapnya!

Apa yang Dimaksud dengan Besi Cor?

Besi cor adalah salah satu komponen yang penting di bidang konstruksi bangunan. Besi cor memiliki ketahanan yang kuat untuk menjaga bangunan agar tetap bisa berdiri tegak dan aman. Selain kuat, besi cor juga memiliki harga yang terjangkau.

Besi cor terbuat dari campuran berbagai macam material menjadi satu. Oleh karena itu, besi cor tahan terhadap aus, lembap, dan juga korosi. Besi cor juga disebut sebagai besi tuang karena cara membuatnya adalah dituang ke cetakan. 

Bes cor terbuat dari lelehan bijih besi yang dicampurkan dengan bahan lainnya, kemudian dituang ke cetakan dan menjadi besi cor. Proses pembuatannya terbilang mudah jika dibandingkan dengan jenis besi lainnya. Besi cor juga mudah digunakan untuk jadi kerangka yang rumit. Produksi besi cor bisa dilakukan dengan masif karena kemudahan dalam proses membuatnya.

Apa Saja Jenis Besi Cor?

Ada empat jenis besi cor yang bisa dibedakan berdasarkan campuran material pembuatannya. Berikut jenis besi cor yang Anda perlu ketahui:

1. Besi Cor Kelabu

Besi cor kelabu merupakan jenis yang paling sering ditemukan dalam sebuah bangunan. Harganya yang relatif murah dan barangnya mudah didapatkan menjadi alasan besi jenis ini jadi andalan masyarakat. Walaupun harganya murah, tetapi tidak mengurangi manfaat dari besi cor ini.

Baca Juga: Macam Macam Besi Pada Konstruksi Bangunan

Kandungan atau campuran yang digunakan untuk membuat besi cor kelabu mengandung grafit. Grafit dicampur dengan merata sehingga warna abu atau kelabu muncul di besi ini. Hal ini pula yang membuat jenis besi ini bernama besi cor kelabu.

2. Besi Cor Nodular

Jika dilihat secara detail menggunakan alat khusus, grafit dalam campuran besi tuang ini berbentuk bulat (nodular). Selain bercampur grafit, besi cor nodular juga memiliki kandungan magnesium dan serium. Nama lain dari besi cor nodular adalah besi ulet. 

Besi ini lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Besi cor nodular biasa dipakai dalam konstruksi di area lengkungan. Tidak hanya itu, besi cor nodular bisa dipakai sebagai pipa, porong engkol, atau suku cadang khusus.

3. Besi Cor Putih

Berikutnya, ada jenis besi cor putih. Kandungan sementit yang mendominasi campuran besi ini menghasilkan warna putih. Besi ini pada dasarnya sama dengan besi cor kelabu. Yang membedakan antara besi cor putih dan kelabu adalah besi cor putih memiliki daya tahan yang lebih tinggi.

Besi cor putih umumnya dipotong dengan mesin karena daya tahannya terlalu kuat. Besi ini sangat cocok untuk material suku cadang yang tahan terhadap korosi. Harga besi cor putih pun relatif lebih mahal dari besi kelabu.

4. Besi Cor Tempa

Jenis besi cor yang terakhir adalah besi cor tempa. Jenis ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan baja ringan. Besi cor tempa mampu menahan beban dan getaran dengan baik. Umumnya, besi ini digunakan untuk industri otomotif, kereta api, dan lain sebagainya.

Besi cor tempa dapat dikatakan sebagai salah satu besi yang memiliki kekuatan tertinggi. Faktor ini juga yang membuat besi cor tempa menjadi material yang digunakan di kereta api. Kualitas dan daya tahan besi ini lebih padat dari yang lainnya.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Besi Cor?

Setelah mengetahui berbagai jenis besi cor, Anda juga perlu tahu kelebihan dan kekurangan dari besi cor. Berikut kelebihan dan kekurangan dari besi cor:

1. Kelebihan besi cor

Semua jenis besi cor disebutkan di atas memiliki kesamaan kelebihan, yaitu tahan korosi. Korosi menyebabkan karat pada besi dan berbahaya untuk konstruksi. Jika rangka bangunan yang Anda miliki berkarat, kualitas dan daya tahan dari besi itu pun berkurang.

Tidak hanya tahan karat, besi cor juga tahan terhadap suhu tinggi dan aus. Untuk jenis besi cor kelabu, Anda juga dapat dengan mudah menemukan serta membelinya dalam jumlah yang banyak karena harganya terjangkau dan mudah diproduksi.

Besi cor memiliki titik lebur yang rendah, sehingga proses pembentukannya bisa dilakukan dengan cepat. Banyak sekali kelebihan dari besi cor, tetapi harganya lebih terjangkau daripada material sejenisnya. Kelebihan ini membuat besi ini jadi pilihan yang pas.

Baca Juga: Kenali Proses Pembuatan Besi Lebih Dalam

Namun, ada pula kekurangan dari besi cor. Berikut kekurangan besi cor:

2. Kekurangan besi cor

Sesuai dengan namanya, besi cor memang khusus untuk cor bangunan dan masih bisa dibengkokkan. Namun, besi cor tidak bisa ditempa ulang atau dibentuk berbeda dari asalnya. Jadi, lebih baik Anda memilih besi yang memang sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

Besi cor juga tidak bisa disambung dengan las untuk menambah panjangnya. Selain itu, besi cor juga kurang pas untuk dipakai dalam konstruksi bangunan besar. Namun, masih ada pilihan lain bagi Anda jika ingin membeli besi cor dengan bentuk dan ukuran yang sesuai keinginan. 

Apa Kegunaan Besi Cor dalam Konstruksi?

Kegunaan besi cor dalam konstruksi bisa beragam. Berikut kegunaan besi cor dalam konstruksi:

  • Besi cor bisa dipakai untuk material utama dari konstruksi dasar kolom dan rangka kolom.
  • Daya tahan dan kekuatan besi cor yang tinggi bisa dimanfaatkan sebagai dudukan cetakan dari tangga baja sampai rangka pagar batu bangunan Anda.
  • Kelebihan besi cor, yaitu mampu bertahan di kelembapan tinggi bisa digunakan untuk membuat rangka pipa saluran air.

Manfaat dari besi cor ini mungkin dapat diketahui lebih dalam lagi jika Anda berkonsultasi dengan ahlinya. Dari pengenalan tentang jenis besi cor, kekurangan dan kelebihan besi cor, serta kegunaan besi cor dalam konstruksi, apakah Anda memilih material ini untuk konstruksi Anda? Pasalnya, pemilihan material yang tepat untuk konstruksi bangunan Anda merupakan hal yang krusial.

Di Indosteger, Anda bisa menyewa scaffolding secara bulanan atau mingguan. Harga yang kami tawarkan juga sangat bersaing. Anda bisa berkonsultasi dengan kami untuk mengetahui jumlah yang ditentukan atau kebutuhan material lainnya.

Kami menyediakan berbagai jenis besi, scaffolding, pipa support, dan material konstruksi lainnya untuk Anda. Apapun pilihannya, pastikan Anda memilih material dan pekerja konstruksi untuk rumah dengan tepat. Alasannya, material yang digunakan oleh rumah tersebut perlu diperhatikan agar Anda merasa nyaman dan aman.

Itulah penjelasan mengenai apa itu besi cor pada artikel ini. Jika Anda sedang mencari peralatan konstruksi seperti steger dengan budget yang minim, kunjungi website Indosteger

 

Indosteger juga menyediakan jasa sewa steger dan alat-alat kebutuhan konstruksi lainnya dengan harga terbaik. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau menyewa tangga steger untuk keperluan pembangunan konstruksi Anda.

 

Semoga artikel terkait apa itu besi cor dapat berguna bagi Anda! 

Recent Articles