indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Bagaimana Cara Kekuatan Baja Ringan Menahan Beban yang Berat?

Kekuatan baja ringan menahan beban merupakan salah satu hal yang menarik untuk kita perhatikan. Bagaimana baja yang tidak terlalu berat ini bisa menahan beban yang sangat besar, terutama pada rangka bangunan berukuran besar. Untuk bisa memahami mengapa baja jenis ini dapat menahan beban dengan besar, maka informasi yang kami persiapkan untuk Anda di bawah ini akan bisa membantu. Mari kita perhatikan dengan saksama.

Berapa Besar Kekuatan Baja Ringan Menahan Beban yang Berat?

Karena sifatnya, baja ringan menjadi salah satu bahan bangunan yang banyak diminati di berbagai industri. Material ini memiliki cara penerapan yang mudah dan tak tertandingi, membuatnya dapat membantu Anda dalam menghemat biaya namun tetap menyajikan kekuatan yang dibutuhkan dari sebuah baja.

Beberapa sifat fisik baja ringan adalah sebagai berikut:

  • Tensile strength yang tinggi
  • Kekuatan yang tinggi
  • Mudah untuk di las sehingga tidak repot pada pengaplikasiannya
  • Merupakan logam magnetik karena kandungan feritnya
  • Kelenturan yang baik, dapat dibentuk menggunakan teknik cold-forming

Baja ringan adalah jenis baja karbon rendah, yaitu logam yang mengandung persentase kecil karbon maksimal 2,1%. Hal inilah yang bisa  meningkatkan sifat besi murni yang ada pada baja ringan. Pada baja karbon rendah, terkandung karbon dalam kisaran 0,05 hingga 0,25 persen. Elemen lain bisa ditambahkan untuk meningkatkan sifat yang berguna, seperti tahan korosi, anti aus, dan tensile strength yang bisa ditambah lagi

Bila kita berbicara mengenai kemampuan baja ringan dalam menahan beban yang berat, salah satu elemen yang berperan penting dalam hal ini adalah tensile strength atau biasa juga dikenal sebagai kekuatan tarik.

Kekuatan tarik mengacu pada jumlah maksimum tegangan yang dapat ditahan material saat diregangkan atau ditarik tanpa putus. Pengujian untuk hal ini biasanya melibatkan pengambilan sampel bahan dengan luas penampang tetap, menempatkannya dalam tensiometer, kemudian memberikannya gaya hingga patah. 

Beberapa bahan akan pecah tanpa mengalami deformasi, bahan lain yang lebih kuat akan meregang atau menyusut pada titik di mana tegangan paling besar dirasakan. Tensile strength diukur sebagai gaya per satuan luas - satuannya adalah pascal (Pa)/megapascal(MPa), newton per meter persegi (N/m2) atau pound-gaya per inci persegi (psi).

Besi ringan yang mengandung karbon dalam jumlah yang sedikit, memberikannya keuletan sehingga bisa menahan beban dengan baik. Baja ringan ini memiliki kekuatan tarik yang rendah yaitu 4000 MPa.

3 Penggunaan Baja Ringan

Karena sifat-sifatnya yang menarik, membuat baja ini bisa diaplikasikan dalam beragam bentuk. Beberapa diantaranya adalah:

1. Konstruksi

Kemampuannya yang bisa menahan beban berat, menjadikan besi ini digunakan pada beragam bentuk konstruksi. Mulai dari bahan rangka bangunan, rangka atap, hingga struktur lantai. Harganya yang juga tidak terlalu tinggi semakin membuatnya menjadi primadona dalam dunia konstruksi.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan Dalam Konstruksi

2. Aplikasi pada Mesin

Baja ini juga menjadi salah satu bahan dasar dalam membuat berbagai mesin dan juga mobil, Murah, mudah dibentuk, dan gampang untuk dilas membuat cocok sebagai rangka, panel, dan beragam bagian mesin lainnya.

3. Pagar

Karena mudah dibentuk, maka baja ini akan bisa menjadi material yang bagus untuk dibuat menjadi pagar yang kokoh namun masih memiliki estetika yang menarik. Tambahkan lapisan anti karat untuk membuatnya tahan lebih lama lagi pada kondisi cuaca di luar ruangan yang cukup ekstrem.

Baca Juga: Cara Memasang Pagar Besi dengan Aman agar Tetap Awet

Itulah penjelasan tentang seberapa besar kekuatan baja ringan menahan beban yang berat. Jika Anda memerlukan baja ringan untuk digunakan, maka segera cek harga Hollow baja ringan 4x4 per batang yang ada di Indosteger. Belanja dengan mudah, hanya dari rumah. Semoga informasi kekuatan baja ringan menahan beban ini berguna untuk Anda.

Recent Articles