indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Kelebihan Stainless Steel serta Kekurangannya yang Harus Anda Pahami

Kelebihan stainless steel dapat dilihat dari ketahanannya terhadap korosi yang membuat material ini digunakan pada banyak peralatan. Stainless steel sendiri memiliki lapisan oksida dengan bahan dasar besi, mangan, krom, silikon, karbon, dan nikel yang membantu menghambat proses karat pada baja.  

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari banyak sekali produk rumah tangga, otomotif, medis, dan konstruksi yang sebagian besar menggunakan stainless steel sebagai materialnya. Hal tersebut karena stainless steel memiliki banyak sekali kelebihan. Simak penjelasan kelebihan stainless steel berikut ini.

Apa Kelebihan Stainless Steel?

Banyaknya peralatan dengan menggunakan bahan stainless steel menunjukkan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh stainless steel. Salah satunya adalah awet dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Adapun kelebihan stainless steel antara lain:

1. Bahan Kuat dan Ketahanan yang Baik

Stainless steel memiliki susunan logam yang padat dan rapat sehingga memiliki kekuatan yang baik. Selain itu, stainless steel juga tidak mudah retak atau bocor serta mampu bertahan pada kondisi suhu tinggi maupun rendah tanpa terjadi perubahan kualitas material atau proses karat. 

2. Perawatan dan Pembersihan yang Mudah

Berbeda dengan benda dengan jenis baja lainnya, stainless steel merupakan jenis baja yang memiliki cara perawatan dan pembersihan yang mudah. Hal ini disebabkan oleh sifat isolator pada stainless steel yang membuat baja tidak mudah bercampur dengan unsur atau bahan lainnya. 

3. Usia Pemakaian yang Tahan Lama

Hal yang menjadi kelebihan stainless steel adalah baja ini dapat bertahan dalam jangka waktu panjang di segala kondisi. Kandungan nikel dan kromium merupakan bahan yang menjaga ketahanan stainless steel dari kemungkinan munculnya karat. 

4. Multifungsi

Kelebihan stainless steel selanjutnya adalah dapat digunakan pada berbagai kebutuhan dan keperluan atau multifungsi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, stainless steel dapat digunakan pada berbagai industri seperti rumah tangga, konstruksi, otomotif, hingga medis.

Hal ini disebabkan oleh tidak munculnya reaksi negatif pada penggunaan stainless steel di berbagai aktivitas baik yang berhubungan dengan api maupun di lokasi dengan suhu rendah.

Apa Kekurangan Stainless Steel?

Meski hadir dengan berbagai kelebihan, stainless steel juga memiliki kekurangan dalam penggunaannya. Namun, kekurangan stainless steel ini tidak memberikan pengaruh yang besar pada jenis baja ini. Berikut ini merupakan kekurangan stainless steel yang harus Anda ketahui:

1. Penghantar Panas

Meskipun dapat bertahan pada kondisi panas, produk stainless steel saat digunakan bersamaan dengan api akan menghantarkan rasa panas apabila Anda memegang bagian baja.

2. Berubah Hitam

Masih berkaitan dengan panas, stainless steel yang terus-menerus digunakan di atas api akan menyebabkan perubahan warna menjadi lebih hitam pada bagian yang terkena api. Hal ini dapat Anda temukan pada produk rumah tangga yang digunakan untuk memasak di atas api. Bagian bawah alat tersebut dapat berubah menjadi hitam sebab paparan api secara terus-menerus.

3. Harga Sedikit Lebih Mahal

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh stainless steel tentu dapat memengaruhi besaran harga yang ditawarkan. Stainless steel memiliki kisaran harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan jenis besi lainnya. Hal ini tentu juga memengaruhi harga pada produk yang dihasilkan.

5. Muncul Bintik Putih

Apabila sebuah material stainless steel terlalu sering terkena garam, maka hal ini akan menyebabkan timbulnya bintik putih pada baja tersebut. Proses paparan garam yang terlalu sering tidak hanya akan menyebabkan timbulnya bintik putih, tetapi juga pengelupasan stainless steel sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Apa Saja Kegunaan Stainless Steel?

Setelah mengenal kelebihan dan kekurangan dari stainless steel, Anda juga harus memahami apa saja kegunaan dari baja dengan bahan dasar besi dan krom ini. Berikut ini merupakan kegunaan dari stainless steel, antara lain:

1. Kebutuhan Arsitektur dan Konstruksi

Stainless steel banyak digunakan pada dunia arsitektur dan konstruksi karena kelebihan stainless steel yang tahan terhadap karat. Hal ini tentu menjadi faktor penting sebab sebuah konstruksi dan peralatan yang digunakan harus tahan disegala kondisi agar tetap berdiri kuat dalam jangka waktu yang panjang. 

Baca Juga: 7 Bahan Mentah untuk Bangunan Kuat dan Kokoh

Selain itu, stainless steel juga merupakan material yang dapat membantu memantulkan cahaya alami, mudah untuk dilas, perawatan yang mudah, dan tetap menarik untuk digunakan sebagai interior rumah seperti meja, gagang pintu, dan lain-lain.

2. Industri Makanan dan Alat Rumah Tangga

Dalam penggunaan alat dapur, Anda pasti sering menemukan peralatan dengan material stainless steel. Hal ini dikarenakan stainless steel mampu menjaga rasa makanan jika digunakan sebagai tempat penyimpanan. Stainless steel dengan sifat yang kurang elastis dapat digunakan sebagai pisau dengan ujung yang tajam. 

Sedangkan stainless steel yang memiliki sifat elastis atau ulet dapat digunakan untuk wajan, kompor, oven, dan lain-lain. Anda juga dapat menemukan stainless steel pada pelapis akhir freezer, meja, dan lemari es.

3. Dunia Medis

Kelebihan stainless steel yang mudah dibersihkan serta tahan terhadap korosi menjadikan material ini digunakan pada beberapa alat medis seperti meja operasi, alat bedah dan periksa gigi, piring yang digunakan untuk organ, dan masih banyak lagi.

4. Otomotif dan Transportasi

Stainless steel juga digunakan pada peralatan otomotif dan transportasi seperti trim dan grills, pipa pembuangan, kontainer kapal, hingga kendaraan sampah. Hal ini disebabkan stainless steel dapat bertahan pada bahan kimia dan cairan yang membolehkan penghematan pada bahan bakar serta berkurangnya biaya perawatan yang dibutuhkan.

5. Industri Tambang dan Energi

Industri tambang dan energi umumnya bekerja pada lingkungan dengan suhu yang tinggi dan berkaitan dengan zat berbahaya. Kelebihan stainless steel yang digunakan pada berbagai peralatan tambang dan energi dapat digunakan dalam kondisi tersebut tanpa terjadi proses korosi. Stainless steel digunakan pada katup, pipa, tangki penyimpanan, dan masih banyak lagi. 

Demikian tadi merupakan penjelasan mengenai kekurangan, kelebihan, dan kegunaan stainless steel. Tanpa disadari, sebagian besar peralatan yang digunakan sehari-hari ternyata berbahan dasar stainless steel. 

Perawatan simpel yang dapat Anda lakukan pada stainless steel yaitu mencuci dengan lembut. Apabila diharapkan stainless steel terlihat lebih mengilat, gunakan cuka dan air untuk menggosok bagian yang kotor. 

Bagi Anda yang membutuhkan peralatan konstruksi berbahan stainless steel, Indosteger menyediakan sewa scaffolding dan komponen lainnya untuk kebutuhan pembangunan. Melalui informasi kelebihan stainless steel, hubungi Indosteger untuk informasi lebih lanjut seputar scaffolding dan alat konstruksi lainnya yang berkualitas.

Recent Articles