indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Memahami Cara Menghitung Konstruksi Kuda Kuda Baja Ringan dan Tips Membangunnya

Konstruksi kuda-kuda baja ringan adalah salah satu struktur bangunan yang dibutuhkan dalam membangun rumah hunian. kuda-kuda baja ringan dapat Anda temukan pada bagian atap, karena rangka ini berfungsi untuk menopang beban dan memberikan bentuk pada atap rumah agar tidak terlihat flat. 

Atap sendiri merupakan bagian penting pada setiap hunian karena menjadi pelindung bagian dalam banguan. Maka dari itu, kuda-kuda atap yang baik merupakan salah satu komponen penting bangunan dan harus diperhitungkan dalam pembuatannya. Untuk mengetahui cara menghitung konstruksi kuda-kuda baja ringan, simak informasinya dalam artikel berikut.

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Kuda-Kuda Baja Ringan? 

Saat membangun kuda-kuda baja ringan, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini juga penting sebagai pertimbangan sebelum menghitung kuda-kuda baja ringan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun kuda-kuda baja ringan:

1. Ketinggian

Ketinggian atap menjadi hal yang cukup penting untuk diperhitungkan sebelum membangun kuda-kuda baja. Tetapi sebelumnya, Anda perlu menentukan jenis penutup atap yang akan digunakan terlebih dahulu. Penutup atap menjadi komponen penting karena setiap jenis penutup memiliki batas sudut yang berbeda. Ketinggian atap dapat dihitung dengan rumus ½ x lebar bangunan x tan sudut.

2. Kemiringan 

Tingkat kemiringan atap dapat dihitung dengan rumus ½ x lebar bangunan : cos sudut atap. Tingkat kemiringan ini nantinya dapat membantu menentukan ukuran kuda-kuda baja ringan rumah Anda.

3. Overstek

Overstek adalah bagian pada atap yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari masuknya air hujan ke bagian dalam rumah atau air yang merembes melalui ventilasi maupun lubang pada tembok, terutama saat hujan disertai angin kencang. Overstek harus diperhitungkan dengan seakurat mungkin agar dapat berfungsi dengan baik.

Umumnya, overstek dibuat dengan bentuk yang tidak rata dan berbeda dari dinding atau atap. Untuk menghitung overstek, Anda dapat menggunakan rumus jarak horizontal dari dinding : cos sudut atap. 

Contoh Perhitungan Kuda-Kuda Baja Ringan

Untuk mempermudah pemahaman, Indosteger akan memberikan contoh perhitungan kuda-kuda baja ringan. Berikut ini merupakan cara lengkapnya:

Sebuah rumah memiliki atap pelana dengan ukuran 4 m x 6 m dan sudut kemiringan atap 30°. Jenis penutup atap yang digunakan adalah tanah liat dengan overstek 40 cm. Dari keterangan tersebut, maka langkah pertama yang dapat dihitung adalah ketinggian atap atau ditulis dengan simbol T. 

T = ½ x Lebar x Tan sudut

T = ½ x 4 x Tan 30°

T = 2 x 0,577

T = 1.154

Dari perhitungan di atas, dapat ditentukan bahwa ketinggian atap adalah 1.154 m. Selanjutnya, hitung kemiringan atap dengan simbol K.

K =   ½ x lebar / Cos 30°

K = ½ x 4 / 0.866

K = 2 / 0,866

K =  2,30 m

K = 230 cm

Perhitungan di atas menunjukkan bahwa ketinggian atap adalah 230 cm. Kemudian,  hitung overstek atap dengan simbol O.

O = Panjang overstek / Cos 30°

O = 40 / 0,866

O =  46,18 cm

O = 0, 46 m  

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai overstek adalah sebesar 0,46 m dan panjang keseluruhan sayap sebesar 2,3 m + 0,46 m = 2,76 m. Perhitungan komponen di atas kemudian dapat menjadi landasan Anda dalam membuat kuda-kuda baja ringan dengan baik. 

Apa Saja Langkah Memasang Kuda-Kuda Baja Ringan?

Selain perhitungan yang tepat, terdapat beberapa hal langkah yang harus diketahui pula agar kuda-kuda baja ringan dapat terpasang dengan baik dan aman. Adapun langkah memasang kuda-kuda baja ringan adalah:

1. Menentukan Bentuk Atap Rumah

Mungkin, sebagian orang berpikir bahwa atap rumah hanya akan dibangun sesuka hati dan tanpa perhitungan apa pun. Nyatanya, atap membutuhkan perhitungan dalam menentukan kuda-kuda agar tetap kokoh dan membutuhkan perencanaan yang matang. Sebelum memasang kuda-kuda, pastikan Anda telah menentukan bentuk atap rumah sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya

2. Memilih Konstruksi Atap 

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah memilih konstruksi atap. Saat ini konstruksi kuda-kuda baja ringan banyak dipilih sebab baja ringan memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya yaitu pemasangan yang cukup cepat. Waktu pengerjaan yang cepat membantu untuk mengurangi biaya pembangunan karena tidak lagi ada tambahan biaya saat harus menambah hari pengerjaan. 

3. Dipasang Oleh Ahlinya

Sebaiknya, pemasangan konstruksi kuda-kuda baja ringan dipasang oleh ahlinya. Hal ini dapat membantu mengurangi terjadinya kesalahan dan keselamatan diri sendiri. Tenaga profesional juga dapat memberikan perhitungan yang sesuai sehingga meminimalisir risiko atap jatuh.

Jadi itulah dia informasi mengenai konstruksi kuda-kuda baja ringan. Baja ringan dapat menjadi pilihan tepat bagi rumah hunian masa kini sebab bahan baja ringan dapat bertahan di segala cuaca tanpa khawatir keropos atau muncul karat. Baja ringan juga merupakan material yang cukup kuat menahan beban. 

Saat memilih baja ringan sebagai material konstruksi kuda-kuda, pastikan Anda memilih penutup atap dengan bahan yang sesuai. Hindari memilih penutup atap dengan bahan berat, karena dengan demikian, ketebalan baja ringan pun juga harus ditingkatkan. Selain beberapa hal di atas, pastikan Anda mendapatkan material baja ringan yang berkualitas di Indosteger. 

Indosteger menyediakan berbagai material dan alat pembangunan seperti scaffolding, baja galvanis, dan masih banyak lagi. Cek harga hollow baja ringan 4x4 per batang untuk konstruksi kuda-kuda baja ringan di website indosteger atau hubungi kami sekarang juga.

Recent Articles