indosteger@gmail.com   +62818716828

Proses Las Besi Cor yang Baik dan Benar

Media
18 Jan 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Las besi cor adalah proses penyambungan besi cor dengan menggunakan temperatur yang tinggi dan teknik tekanan. Besi cor sendiri memiliki komponen berupa mangan, silikon, kromium, nikel, dan masih banyak lagi. Agar dapat menjadi struktur bangunan yang kokoh, penyambungan besi cor dilakukan dengan bahan logam yang memiliki sifat yang sama. 

Biasanya jenis bahan logam lain yang umum digunakan untuk disambungkan memiliki ketebalan yang cukup tebal seperti besi, seng, atau tembaga. Prosesnya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam jenis las seperti listrik, gas, atau las dengan bahan pengisi. Untuk mengetahui bagaimana proses las besi cor lebih lengkap, simak artikel berikut ini.

Apakah Besi Cor Bisa Dilas?

Anda mungkin bertanya apakah sebuah besi cor dapat dilas atau apakah metode pengelasan pada besi cor aman dilakukan untuk menyambungkan logam. Hal ini karena besi cor menjadi komponen penting dalam pembangunan dan memengaruhi kekuatan konstruksi dalam menahan beban.

Tenang saja, pada faktanya besi cor dapat dilas sebab merupakan jenis besi dengan bahan yang umum digunakan dalam proses las. Meskipun memang terdapat kemungkinan munculnya masalah sebab tingginya kandungan karbon di dalam besi cor.  

Sebagai bahan pengisi dalam proses las, besi cor memiliki beberapa kelebihan seperti mudah didapat, harganya lebih murah dibandingkan dengan bahan pengisi lain, serta memiliki sifat-sifat mekanis yang cukup kuat.

Bagaimana Pengelasan Pada Besi Cor?

Dalam proses pengelasan besi cor, terdapat 4 tahapan yang harus dilalui untuk memastikan bahwa pengelasan berjalan efektif. Di bawah ini merupakan ulasan lengkap mengenai tahapan las besi cor yang tepat agar menghasilkan konstruksi yang kuat:

1. Mengidentifikasi Jenis Paduan Besi

Beberapa jenis besi cor memiliki tingkat keuletan yang rendah, akibatnya besi dapat retak karena tekanan suhu yang diterima saat proses pemanasan. Namun, hal ini bergantung pada paduan dalam besi yang digunakan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengenal terlebih dahulu jenis besi yang akan dilas agar hasilnya maksimal. Beberapa tipe besi yaitu:

  • Grey cast iron dengan campuran karbon, mangan, dan silikon. 
  • Ductile iron dengan komposisi karbon dalam bentuk serpihan grafit, mangan, dan silikon.

Baca Juga: Macam Macam Besi Pada Konstruksi Bangunan

2. Membersihkan Besi Cor

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan peralatan las yang dibutuhkan dan membersihkan besi cor. Tahap ini dilakukan dengan proses pertama yaitu pembersihan permukaan logam yang akan disambung. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan peralatan las, dan penentuan jenis las yang sesuai untuk menyambung logam tersebut.

3. Proses Pengelasan

Tahap ini merupakan tahap utama dari proses pengelasan besi cor, di mana logam akan disambung dengan menggunakan suhu panas yang tinggi dan ditekan perlahan. Pada tahap pengelasan, bahan pengisi berupa besi cor akan ditambahkan ke dalam lubang las untuk menyambungnya dengan logam lain. 

Pastikan proses ini dilakukan oleh ahlinya sebab suhu dan teknik pengelasan harus dipilih dengan benar serta tepat. Hal ini akan menentukan hasil sambungan logam dengan besi cor, sehingga hindari untuk melakukannya sendiri jika belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pengelasan besi cor.

Baca Juga: Pahami 5 Teknik Mengelas untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal

4. Pendinginan

Setelah proses penyambungan selesai, besi cor yang telah tersambung dengan logam lain tersebut akan melalui proses pendinginan dengan cara dicelupkan ke dalam air atau diberi pendingin lain. Tujuan pendinginan ini adalah untuk menstabilkan struktur kedua logam yang telah disambung.

5. Finishing

Setelah seluruh tahapan di atas, selanjutnya akan dilakukan finishing yang merupakan tahap akhir dari proses pengelasan. Tahap ini dilakukan dengan pengecoran lubang las yang terbentuk akibat proses penyambungan dengan bahan penutup seperti logam cair atau plastik. Cara ini dilakukan agar memberikan perlindungan terhadap besi cor yang telah disambung.

Selanjutnya, Anda bisa mulai membersihkan sisa-sisa bahan pengisi yang terdapat di permukaan las besi cor, serta pemolesan atau pengecatan untuk memberikan perlindungan tambahan.

Jika dilihat dari kelima tahapan tersebut, proses pengelasan besi cor memang terlihat mudah. Kenyataannya, Anda membutuhkan konsentrasi dan ketepatan pengelasan agar hasilnya maksimal. Maka dari itu, biasanya proses ini dilakukan oleh pekerja bangunan yang ahli dan berpengalaman dalam pengelasan agar seluruhnya tersambung sempurna. 

Besi cor yang disambung dengan baik akan menghasilkan sambungan logam yang memiliki kekuatan tinggi, sehingga dapat digunakan untuk membuat struktur atau konstruksi yang kokoh, kuat, dan awet untuk menahan beban bangunan. Terlebih proses pengelasan besi cor ini dapat digunakan pada jenis besi yang memiliki ketebalan tinggi. 

Selain memperhatikan teknik pengelasan dan berbagai teknik lainnya dalam membuat konstruksi yang kuat, Anda tentunya juga membutuhkan material besi yang berkualitas untuk bangunan. Jangan salah pilih, pastikan Anda mendapatkan besi berkualitas di Indosteger. 

Memiliki kualitas unggulan, kuat, dan kokoh, tetapi harga besi hollow 5x10 di Indosteger tetap terjangkau. Tak hanya besi saja, Indosteger juga menyediakan penyewaan scaffolding dengan material kokoh sehingga aman dan cocok untuk segala jenis kegiatan konstruksi Anda. 

Tunggu apalagi? Kunjungi Indosteger segera dan ciptakan bangunan kuat impian Anda. Semoga informasi proses las besi cor ini bermanfaat!

 

Sumber: 

https://www.twi-global.com/technical-knowledge/faqs/can-you-weld-cast-iron

https://www.teknikkita.com/2018/07/cara-las-besi-cor-tidak-retak.html

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb