indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Macam Lem Besi yang Bagus Untuk Anda Gunakan

Pada masa sekarang, lem besi yang bagus sangat dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Mengapa? Karena besi merupakan salah satu logam yang sampai saat ini paling berkontribusi terhadap berbagai aspek kehidupan manusia seperti untuk pembangunan, bahan dasar alat elektronik, dan lain sebagainya.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai mengapa besi merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan dan jenis lem besi yang bagus.

Bagaimana Besi Dimanfaatkan?

Besi pada masa lalu banyak digunakan untuk membuat berbagai perabot hingga peralatan perang. Berbeda dengan logam mulia yang biasanya digunakan sebagai perhiasan, besi biasanya digunakan sebagai pedang, tameng, pisau, ujung tombak, dan masih banyak lagi.

Saat ini, penggunaan besi telah merambah ke berbagai bidang yang lebih maju lagi. Berbagai produk berbahan besi juga dapat kita lihat di berbagai jenis perabot, kerajinan, kendaraan, peralatan rumah tangga, alat pertukangan, alat pertambangan, mesin perkapalan, dan masih banyak lagi.

Salah satu alasan mengapa besi banyak digunakan besi adalah karena kualitasnya yang tinggi tetapi lebih mudah untuk diproses daripada beberapa bahan logam lainnya. Walaupun begitu, besi tetap memiliki kekurangannya tersendiri, yaitu material ini sangat rentan terhadap korosi yang jika dibiarkan akan mengikis seluruh material.

Baca Juga: Mengenal 7 Manfaat Besi dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengapa Lem Besi yang Bagus Dibutuhkan?

Penggunaan besi di berbagai bidang berdampak pada kebutuhan bahan pendukung untuk logam jenis ini. Misalnya, cat khusus yang bisa digunakan untuk mewarnai besi, hingga alat-alat yang bisa membuat kita membentuk besi sesuai keinginan.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya, pengolahan besi juga seringkali membutuhkan lem atau bahan perekat khusus. Sayangnya, memilih lem untuk besi tidak semudah memilih lem untuk material lain seperti kertas atau kayu. Namun setidaknya, ada beberapa pilihan perekat yang bisa digunakan untuk jenis logam ini.

Apa Saja Jenis Lem yang Bisa Digunakan Pada Besi?

Jenis lem yang dibutuhkan untuk merekatkan besi tergolong kedalam lem untuk logam. Berikut ini adalah beberapa jenis lem logam yang dapat Anda gunakan untuk merekatkan material logam seperti besi:

1. Lem Epoksi

Lem epoksi adalah lem yang digunakan dengan mencampur hardener dengan resin. Lem epoksi mampu menjadi pengisi celah (gap filling), tahan lama, tahan air, tahan panas, dan yang paling penting, sangat kuat (memiliki ketahanan benturan yang baik).

2. Lem PU

Lem PU atau polyurethane merupakan lem yang lebih fleksibel dibandingkan dengan lem epoksi. Lem ini juga lebih awet dan tahan terhadap perubahan suhu. Penggunaannya tidak memerlukan pencampuran bahan, tetapi membutuhkan waktu kering yang lebih lama.

3. Super Glue atau Lem Cyanoacrylate

Super glue atau lem super merupakan lem yang paling praktis digunakan dibandingkan dengan lem epoksi dan lem PU. Namun, lem super juga menawarkan fitur yang kualitasnya lebih rendah dibandingkan dua lem lainnya. Lem super, lem epoksi, atau lem PU dapat digunakan sebagai perekat antara besi dan logam lain atau lem antara besi dan bahan non-ferrous.

Perlu Anda perhatikan, ketiga jenis lem di atas hadir dengan merek yang berbeda ketika Anda mencarinya di pasaran. Walaupun masing-masing merek memiliki jenis lem yang sama, namun terkadang memiliki kualitas yang berbeda. Jadi, ketika Anda ingin membeli lem besi, jangan hanya memperhatikan jenis lemnya saja ya tapi perhatikan juga mereka dari lem besi tersebut.

Demikian penjelasan tentang lem besi dan juga pemanfaatan dari besi. Nah, jika Anda sedang mencari material besi seperti cross bracing, Anda bisa mendapatkannya di Indosteger. Semoga Anda dapat menemukan lem besi yang bagus setelah membaca artikel ini.

Sumber:

https://www.lemkayu.net/jenis-jenis-lem-besi-yang-paling-bagus-7033.html

Recent Articles