indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC Dengan Mudah

Air yang bersih dan jernih merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi semua manusia. Tidak hanya untuk air minum, air yang bersih juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, tidak semua air yang Anda temukan bersih dan jernih. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tahu cara membuat filter air dari pipa PVC.

Air kotor yang keruh, berwarna dan bau, memiliki risiko buruk terhadap kesehatan. Hal ini umumnya dapat ditemukan pada rumah yang masih memanfaatkan air sumur. Untuk mencegah Anda dan keluarga Anda dari penyakit yang datang akibat air yang kotor, Anda bsia menggunakan filter air sederhana dengan media filter sebagai saringan air. Berikut adalah cara membuat filter air dari pipa PVC yang dapat Anda coba.

Mengapa Air Harus Disaring?

Sumber air memang mudah ditemukan, tapi banyak yang sudah tercemar oleh berbagai faktor. Akibatnya, sebagai seseorang yang membutuhkan air, Anda perlu menyaringnya untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik. Sistem filtrasi memungkinkan air meninggalkan kandungan-kandungan buruknya, seperti kandungan kapur atau bakteri yang menyertainya.

Jika Anda tidak menyaringnya, akan sangat mungkin Anda akan terkontaminasi dengan kuman, bakteri, bahkan virus, yang bisa menyerang sistem imun tubuh. Bakteri e.coli misalnya, sering menyebabkan banyak laporan diare, terutama di kawasan bantaran sungai, di mana kondisi airnya sangat memprihatinkan.

Bakteri lain seperti Salmonella juga rentan bercampur dalam air. Jika Anda mengonsumsi air yang terkontaminasi, dampak kesehatan akan menjangkiti tubuh Anda, salah satunya demam tinggi berkelanjutan. Untuk itu, Anda perlu melakukan penyaringan air. Menyaring air tidak harus menggunakan alat canggih. Anda bisa memanfaatkan benda di sekitar rumah seperti pipa pvc.

Berikut cara membuat filter air dari pipa pvc yang mudah dan praktis.

Langkah Membuat Filter Air dari Pipa PVC

Memiliki filter air di rumah bisa jadi solusi sederhana untuk tetap menjaga keluarga Anda sehat. Jika Anda tidak dapat memiliki filter air yang bagus dan mahal, Anda masih bisa memiliki filter air sederhana dengan mengikuti cara membuat filter air berikut ini.

1. Persiapkan Bahan

Sebelum melakukan sesuatu, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya. Untuk membuat saringan sederhana, Anda perlu menyiapkan 1 meter selang air, pipa pvc 5 dim, 75 cm pipa pvc 3 dim, 80 cm pipa pvc ½ dim, 4 dop paralon 3 dim, 2 dop paralon ½ dim, dan 5 buah L-½ dim. Kemudian, batu zeolite, 2 kapas filter akuarium, dan potongan genteng atau batu bata, karbon efektif atau arang. Setelah semua bahan terkumpul, Anda bisa memulai membuat filter sederhana.

2. Mulai Membuat Pipa

Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat filter dari pipa.

  1. Langkah pertama, potong pipa 3 dim menjadi dua bagian yang sama. Masing-masing potongan pipa harus memiliki panjang 44 cm dan 37 cm.
  2. Kemudian, lubangilah masing-masing pipa 5 dim yang akan dijadikan bagian alas dengan ukuran pipa ½ dim dengan tinggi 12 cm.
  3. Setelah itu, potong pipa ½ dim hingga menjadi empat bagian yang sama berukuran 10 cm. Masing-masing potongan pipa digunakan sebagai inlet, outlet, dan dua bagian dalam pipa 5 dim.
  4. Rekatkan pipa yang sudah menjadi bagian outlet dengan L dan pipa 10 cm yang telah diberi lubang kecil-kecil. Lalu, pasang dop ½ dim pada ujung pipa ½. Jika rekatannya sudah kuat, pasang rangkaian pada pipa 5 dim yang memiliki ukuran lebih pendek.
  5. Gunakan lem yang sudah disiapkan sebelumnya untuk membuat rekatan agar semakin kuat
  6. Tempelkan dop 5 dim pada bagian bawah masing-masing pipa 5 dim. Untuk merekatkannya, Anda bisa menggunakan lem pvc.
  7. Lubangi kedua dop 5 dim yang belum terpasang seukuran pipa ½ dim
  8. Setelah itu, Anda bisa memulai merakit pipa sebagai penghubung antara pipa 5 dim panjang dan pipa 5 dim pendek.
  9. Mulai masukkan media filter ke dalam tabung filter pipa PVC. Urutannya, masukkan media filter yang akan ditempatkan di paling bawah hingga ke atas. Umumnya, urutan yang digunakan adalah saringan atau kapas akuarium yang dilipat membulat, potogan genteng atau bata, lalu kapas akuarium lagi, diikuti batu zeolite. Selanjutnya, pasang sarigan akuarium dan tutup pipa dengan karbon aktif atau arang.
  10. Filter pipa pvc Anda telah jadi.

Anda bisa mengisinya dengan filtrat untuk mendapatkan hasil air yang maksimal. Tak perlu filtrat kimia, Anda dapat menggunakan bahan alami yang sudah Anda sediakan sebelumnya. Media pasir, batu kerikil, dan kapas bisa menghambat senyawa negatif yang ada di dalam air dengan cara mengendapkannya, sebelum akhirnya menghasilkan air dengan kualitas yang lebih baik.

Itulah dia cara membuat filter air dari pipa PVC yang dapat Anda coba. Memiliki saringan air adalah langkah mudah untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga Anda. Jika masih belum mampu membeli sebuah saringan air yang mahal, Anda bisa membuat saringan air sederahana seperti yang telah dijelaskan di atas.

Jika Anda sudah mengetahui cara membuat filter air dari pipa pvc, tidak ada salahnya Anda membagikan artikel ini ke rekan atau kerabat Anda. Jadi, mereka juga dapat membuatnya tanpa harus membeli alat saringan yang mahal. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan, tak perlu bingung, Anda bisa mengakses indosteger.co.id. Ada berbagai material yang Anda perlukan dengan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membuat filter air dari pipa pvc!

Jika bermasalah dengan pembuatan sistem saluran air Anda, coba gunakan Pipa Galvanis untuk sistem saluran pengairan. Simak ini kisaran harga dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Recent Articles