indosteger@gmail.com   +62218294428

News

3 Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVC dengan Tepat

Jika Anda sedang membutuhkan pipa PVC, maka Anda harus mempelajari cara mengetahui ukuran pipa PVC. Pipa PVC banyak dipilih karena ekonomis dan fleksibel, pipa PVC bisa diaplikasikan untuk berbagai hal seperti saluran air bersih, pembuangan, irigasi, dan sebagainya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa saja jenis serta ukuran dari pipa PVC yang Anda perlu ketahui.
 

Jenis-Jenis Pipa PVC

Sebelum membahas ukuran dari pipa PVC, Anda harus mengenal jenis-jenis dari pipa PVC itu sendiri terlebih dahulu. Ada tiga jenis pipa PVC yang bisa Anda gunakan, antara lain:
 

1. PVC Kelas AW

Pipa PVC dengan kelas AW merupakan pipa yang paling tebal. Pipa dengan jenis ini mampu menahan tekanan hingga 10 kg per cm2. Pipa ini sangat cocok digunakan sebagai saluran air bertekanan tinggi atau saluran yang menggunakan pompa air seperti saluran air bawah tanah, air keran, dan saluran penyediaan air untuk rumah tangga lainnya.

2. PVC Kelas D

Pipa PVC dengan kelas D biasanya digunakan untuk saluran air yang bertekanan tidak terlalu besar. Pipa jenis ini memiliki ketebalan yang sedang, maka dari itu tidak cocok jika digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi.

Pipa PVC kelas D mampu menahan tekanan hingga 5 kg per cm2. Karena ketebalan dan daya tahannya yang lebih kecil, harga dari pipa ini pun lebih murah dari pipa PVC kelas AW. Umumnya, pipa dengan jenis ini digunakan sebagai saluran pembuangan air rumah tangga.
 

3. PVC Kelas C

Pipa PVC dengan kelas C merupakan pipa PVC dengan ketebalan yang paling tipis. Pipa ini biasanya digunakan sebagai saluran pembuangan air, namun untuk kegunaan yang paling umum biasanya digunakan sebagai pelindung kabel listrik. Harganya juga lebih murah dari dua jenis pipa PVC sebelumnya.

Baca Juga: Sistem Plumbing: Jenis, Fungsi dan Metode Pemasangan
 

Ukuran Pipa PVC Sesuai Jenisnya

Ukuran dari pipa PVC disesuaikan dengan jenisnya. Setelah mengenal jenis-jenisnya, baru kita bisa mengetahui ukuran pipa PVC yang harus kita pakai. Berikut adalah ukuran pipa PVC sesuai dengan jenisnya:

Jenis

Ukuran

AW

D

C

-

-

C ?”

17 mm

AW ½”

-

C ½”

22 mm

AW ¾”

-

C ¾”

26 mm

AW 1”

C 1”

32 mm

AW 1 ¼”

D 1 ¼”

C 1 ¼”

42 mm

AW 1 ½”

D 1 ½”

C 1 ½”

48 mm

AW 2”

D 2”

C 2”

60 mm

AW 2 ½”

D 2 ½”

C 2 ½”

76 mm

AW 3”

D 3”

C 3”

89 mm

AW 4”

D 4”

C 4”

114 mm

AW 5”

D 5”

C 5”

140 mm

AW 6”

D 6”

-

165 mm

AW 8”

D 8”

-

216 mm

AW 10”

D 10”

-

267 mm

Setelah mengetahui jenis dan ukuran dari pipa PVC, Anda harus memilih pipa PVC sesuai dengan tujuan penggunaannya. Jangan sampai Anda menggunakan pipa PVC kelas C untuk saluran air bertekanan tinggi, karena hal tersebut tidak akan berhasil.

Jika ingin menggunakan pipa untuk saluran air bertekanan tinggi seperti saluran air bawah tanah dan sebagainya, gunakan pipa PVC dengan kelas AW. Jika Anda bertujuan untuk membuat saluran air bertekanan sedang seperti saluran pembuangan air, Anda bisa menggunakan pipa PVC kelas D. Sedangkan untuk pipa PVC kelas C sebaiknya hanya Anda gunakan untuk saluran air bertekanan rendah atau sebagai pelindung kabel listrik.

Jika Anda membutuhkan pipa berkualitas tinggi yang kokoh, Anda bisa menemukannya di Indosteger. Semoga artikel tentang cara mengetahui ukuran pipa PVC ini dapat membantu.

Baca Juga: Jenis Jenis Pipa Air yang Umum Digunakan

Recent Articles