indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Pelajari Cara Membuat Tower Tandon Air

Pada umumnya, tandon air diletakkan pada tempat yang lebih tinggi. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar aliran air lebih lancar saat digunakan. Dengan demikian, keberadaan tower tandon air merupakan hal yang penting. Tidak perlu risau, karena Anda dapat mempelajari cara membuat tower tandon air melalui artikel ini.

Perlu diketahui, tandon air merupakan alat yang digunakan untuk menampung air yang memiliki kapasitas ratusan hingga ribuan liter. Tandon air membantu ketika sumber air tidak berjalan, akan tetap tersedia cadangan air. Bagi pengguna sumur, tandon air dapat membantu menghemat energi listrik karena hanya perlu pengisian penuh pada tandon air saja.

Bagaimana Cara Membuat Tower Tandon Air?

Membuat tower tandon air dapat dilakukan apabila kondisi pada bagian atap rumah tidak memungkinkan untuk dijadikan tempat tandon air. Perlu diperhatikan bahwa tidak hanya kondisi alas yang kuat yang dibutuhkan, tetapi juga material penyangga yang kokoh.

Baca Juga: Bak Penampungan Air Bocor, Ini Tips Memperbaikinya!

Sebelum memulai pembuatan tower tandon air, dibutuhkan beberapa material. Material di bawah digunakan untuk tandon air berukuran 500 liter dan dapat membangun tower setinggi antara 2 hingga 3 meter. Material yang dibutuhkan yaitu:

  • 5 batang besi siku dengan ukuran 40 cm x 40 cm
  • 4 batang besi siku dengan ukuran 30 cm x 30 cm
  • Kawat las elektroda
  • Batu potong
  • Cat

Setelah seluruh material didapatkan, berikut langkah-langkah pembuatan tower tandon air.

1. Pembuatan rangka kotak

Hal pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan tower tandon air ialah membuat rangka di mana tandon air akan diletakkan. Rangka dibuat dalam bentuk kotak dengan memotong besi berukuran 40 x 40 menjadi 4 bagian yang masing-masing bagiannya berukuran 85 cm. Kemudian satukan dan las untuk menghubungkan setiap sisinya.

2. Pembuatan rangka tiang

Langkah selanjutnya adalah membuat rangka tiang. Pada bagian ini, rangka dibuat makin melebar pada bagian bawah serta perlu diperhatikan bahwa bagian bawah tiang harus lebih lebar dibandingkan rangka kotak di atasnya. Hal ini dilakukan agar tiang dapat menopang berat tower dan tandon air. 

Apabila dirasa susunan rangka sudah benar, las pada bagian yang harus disambungkan dengan rangka lain. Sebagai referensi, Anda juga dapat memasangkan palang besi pada rangka tiang agar memperkuat struktur tiang tower.

3. Finishing

Langkah terakhir yang dapat dilakukan ialah pengecekan terhadap hasil las. Pastikan rangka besi sudah dilas dengan benar dan tersambung dengan baik. Apabila merasa ragu, maka dapat mengunjungi bengkel las terdekat.

Bagaimana cara memasang tandon air?

Setelah pembuatan tower tangki air selesai, langkah selanjutnya adalah pemasangan tandon air. Terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan tandon air, yakni memastikan alas dari tower kuat dan telah tersambung sempurna. Apabila dirasa kurang, dapat ditambahkan papan di bagian atasnya untuk membantu menopang tandon air.

Baca Juga: Langkah dan Saran Penempatan Tandon Air

Perhatikan pula ukuran fondasi alas yang akan digunakan untuk meletakkan tandon air. Makin lebar ukuran alas tandon air, maka makin kecil kemungkinan tandon air akan jatuh. Apabila seluruh persiapan sudah matang, dapat dilakukan pemasangan tandon air dengan cara berikut.

  1. Letakkan tandon air pada rangka tower yang sudah dibuat.

  2. Lakukan pengecekan pada waterpass. Langkah ini penting untuk dilakukan agar diketahui tingkat kemiringan tandon air, pastikan tandon air terpasang rata atau lurus.

  3. Selanjutnya, pasang ring pengaman serta pastikan pemasangan ring sudah benar dan tepat.

  4. Jika diinginkan pemasangan alat kontrol water level dan pelampung, Anda dapat memasang sebagai langkah terakhir. 

Pemasangan tandon air akan lebih baik apabila disertai dengan pipa ventilasi. Pipa ventilasi berfungsi sebagai alat yang mengatur keluar masuknya udara dalam tandon air. Selain pipa ventilasi, alat kontrol water level juga cukup penting dalam pemasangan tandon air. Hal ini dikarenakan alat tersebut dapat membantu mengurangi penggunaan energi listrik

Berapa Biaya Membuat dan Memasang Tower Tandon Air di Rumah?

Rincian anggaran sangat dibutuhkan dalam setiap perencanaan pembangunan. Termasuk pada pembuatan dan pemasangan tower tandon air. Hal ini dilakukan agar segalanya tepat dan dana yang dibutuhkan tidak melebihi anggaran. Dalam pembuatan dan pemasangan tower tandon air, berikut merupakan rincian biaya yang dibutuhkan.

1. Biaya Pembuatan Tower Tandon Air

Untuk membuat tower tandon air berukuran 500 liter, dibutuhkan setidaknya 800 ribu hingga 1 juta Rupiah untuk membeli seluruh material. Hal tersebut tentu bergantung pada harga material yang ditawarkan pada lokasi masing-masing. Berikut gambaran rincian yang mungkin dapat digunakan sebagai patokan pembelian bahan pembuatan.

Besi siku 40x40 cm (5 batang) : Rp485.000

Besi siku 30x30 cm (5 batang) : Rp300.000

Biaya potong, las, dan pengecatan : Rp200.000

Baca Juga: Jenis, Kegunaan, dan Ukuran Besi Siku

2. Biaya Pemasangan Tower Tandon Air

Biaya pemasangan tower tandon air juga berbeda pada setiap daerah. Biaya pemasangan juga dipengaruhi oleh tingkat kesulitan, ukuran tandon air yang akan dipasang dan rancangan instalasi pipa. 

Dalam hal pemasangan tower pada tandon air berbentuk menara, biaya yang dibutuhkan berada pada kisaran 500 ribu hingga 1 juta Rupiah. Sedangkan dalam pemasangan tower tandon air tanam, dibutuhkan biaya kisaran 3 juta hingga 8 juta

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai cara membuat tower tandon air yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Perhatikan hal-hal yang diperlukan dalam pembuatan tower tandon air dan perhatikan pula aspek keselamatan. Bila diperlukan, Anda dapat melakukan sewa steger untuk membantu pekerjaan pemasangan tandon air pada tower. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut sekarang juga!

Recent Articles