indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Jenis, Kegunaan, dan Ukuran Besi Siku

Besi siku adalah batang besi yang berpenampang sudut siku-siku atau 90 derajat, ukuran besi siku juga sangat beragam. Besi siku termasuk ke dalam salah satu material penting dalam sebuah konstruksi sebagai penguat atau penstabil. Besi siku memiliki ukuran lebar penampang dan ketebalan yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang ukuran besi siku, kegunaannya, serta jenis-jenis besi siku yang dapat kita temui.

Apa Saja Ukuran dan Kegunaan Besi Siku?

Ukuran besi siku biasanya diproduksi dengan panjang standar yaitu 6 meter per batangnya. Namun, untuk lebar penampang dan ketebalannya lebih bervariasi. Ukuran lebar penampang besi siku yang bisa kita temui biasanya adalah 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Sedangkan untuk ketebalannya berkisar di antara 1.4 - 3.4 mm.

Sebagai contoh, besi siku dengan lebar penampang 50 mm x 50 mm atau 5 cm x 5 cm tersedia dengan beberapa ketebalan mulai dari 2.2 mm, 2.4 mm, 3.2 mm, dan 3.4 mm.

Besi siku biasa dimanfaatkan di berbagai konstruksi umum karena memiliki daktilitas yang cukup tinggi. Meskipun begitu, baja siku ini kurang mendukung jika digunakan untuk konstruksi yang terlalu berat.

Besi siku tidak hanya digunakan di lingkungan rumah tinggal, namun besi siku juga dibutuhkan di bangunan komersial, seperti untuk pembuatan pagar besi, gerbang, dan konstruksi tangga; konstruksi menara pemancar atau radio; penyangga tangki air; rangka reklame atau billboard; teralis jendela; rangka rak buku, rak minimarket, rak etalase; dan sebagainya.

3 Jenis Besi Siku

Besi siku memiliki jenis yang beragam dengan ukuran yang berbeda-beda pula. Hal ini bertujuan agar besi siku dapat digunakan sesuai dengan dimensi yang dibutuhkan untuk pengerjaan proyek penggunanya. Berikut ini adalah tiga jenis besi siku beserta fungsinya:

1. Besi Siku Sama Sisi

Sesuai dengan namanya, besi siku jenis ini mempunyai panjang yang sama pada sisi-sisinya. Misalnya, besi siku sama sisi yang berukuran 40 mm x 40 mm atau 4 cm x 4 cm berarti kedua sisinya memiliki panjang 2 cm. Lalu panjang per batangnya adalah 6 cm.

2. Besi Siku Berlubang

Besi siku berlubang memiliki lubang-lubang pada sisinya. Hal ini bertujuan agar penggunanya bisa menggunakan lubang-lubang tersebut sebagai tempat perekat baut, sehingga ketika dipasang dapat dihubungkan dengan material lainnya.

3. Besi Siku Tidak Sama Sisi

Besi siku yang satu ini memiliki panjang yang berbeda pada kedua sisinya. Biasanya besi siku tidak sama sisi berukuran 100 mm x 75 mm, 125 mm x 75 mm, dan 150 mm x 90 mm.

Mengapa Besi Siku Dibutuhkan Saat Konstruksi?

Besi siku dibutuhkan saat sedang melakukan konstruksi karena beberapa keunggulan yang dimilikinya. Antara lain:

1. Kokoh dan Memiliki Daktilitas Tinggi

Meskipun berbentuk plat besi, baja dari besi siku ini memiliki daktilitas yang tinggi. Daktilitas sendiri adalah ketahanan dari sebuah logam besi bisa diberikan beban tarik. Karena daktilitasnya yang tinggi, besi siku tidak mudah memuai sehingga ukurannya tidak akan bertambah atau menyusut ketika diberikan beban tarik.

2. Material Serbaguna

Selain karena ketahannya, besi siku juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam hal ketika sedang melakukan konstruksi. Karena fleksibilitasnya, besi siku mudah dibentuk dan diaplikasikan sedemikian rupa.

3. Anti Karat

Besi siku juga anti karat karena saat proses produksi bahan dasar dari besi siku ini dilapisi dengan bahan anti karat.

Sekarang kita sudah tahu mengenai ukuran besi siku, kegunaan, dan jenis-jenisnya. Kita juga sudah mengetahui bahwa besi siku adalah salah satu material penting untuk konstruksi. Namun, selain besi siku, material penting lainnya yang harus dimiliki saat konstruksi adalah scaffolding. Untuk mendapatkan scaffolding, Anda bisa menyewa ataupun mendapatkan scaffolding rental terbaik dan berkualitas tinggi di PT. Indosteger jaya Perkasa. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan ukuran besi siku yang ingin dipakai untuk konstruksi yang akan Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Cepat Memotong Pipa Besi dengan Sudut 45 Derajat

Recent Articles