indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Jenis dan Ukuran Baja Ringan Terlengkap

Kebutuhan terhadap informasi ukuran baja ringan serta setiap jenisnya memang semakin meningkat. Apalagi baja ringan sudah dikenal sebagai pengganti kayu untuk pembuatan atap rumah. 

Dengan menggunakan baja ringan, maka Anda bisa mendapatkan satu material konstruksi bangunan yang lebih tahan lama, berkualitas, dan memiliki tingkat ketahanan lebih tinggi dibandingkan kayu. Ingin mengenal lebih dalam tentang ukuran dan jenis baja ringan? Simak rangkumannya di bawah ini.

Spesifikasi Baja Ringan

Sesuai namanya, baja ringan memiliki berat yang sangat memudahkan proses pembangunan konstruksi. Baja ini lebih fleksibel karena komposisi atom dan molekulnya diproses kembali. 

Bahan dasar baja ringan adalah galvalum dengan persentase dari yang lainnya, seperti carbon 1,70%, manganese 1,65%, silicon 0,60%, dan copper 0,60%. Baja ringan juga diberikan coating agar dapat memberikan perlindungan lebih baik serta maksimal dari potensi korosi dan karat. 

Jenis Baja Ringan

Ada empat jenis baja ringan yang dapat digunakan tergantung fungsi masing-masing. Apa saja penjelasan setiap jenis baja ringan?

Baja ringan Z


Sesuai namanya, baja ringan ini memiliki bentuk seperti huruf Z. Biasanya digunakan untuk penyambungan, khususnya struktur kuda-kuda dalam rangka atap. Titik berat baja ringan Z ada di bagian tengah. Inilah yang membuatnya mampu menyeimbangkan beban untuk sisi kanan-kirinya dengan optimal.

Baja ringan C dan W


Baja ringan C dan W sebenarnya memiliki fungsi dan kekuatan yang sama dengan versi Z. Dari segi bentuk, tentu saja ada perbedaan dari baja ringan Z. Namun baja ringan C dan W berbentuk sama. Tapi tetap ada perbedaannya, yakni baja ringan W memiliki ukuran lebih besar dibandingkan versi C. Biasanya ketebalan baja ringan Z,C, dan W berada di kisaran 0,8 mm sampai 1 mm.

Baja ringan B


Baja ringan B memiliki fungsi berbeda dibandingkan tiga jenis sebelumnya, yakni sebagai batang penahan untuk bagian penutup atap atau reng. Baja ringan jenis ini memiliki desain lebih tipis dibandingkan versi lainnya untuk dapat menjalani fungsi utamanya tersebut. 

Ukuran Baja Ringan 

Ukuran baja ringan sudah pasti beragam dari sisi panjang dan ketebalan. Harganya pun juga berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, lihat daftarnya di bawah ini:

Ukuran Baja Panjang    Ketebalan    


 20 x 20            6 Meter        1,5mm        
 30 x 15            6 Meter        1,5mm        
 30 x 30            6 Meter        1,5mm        
 30 x 30            6 Meter        1,7mm        
 40 x 20            6 Meter        1,5mm        
 40 x 20            6 Meter        1,7mm        
 40 x 40            6 Meter        1,7mm        
 40 x 40            6 Meter        2,7mm        
 50 x 50            6 Meter        1,7mm        
 50 x 50            6 Meter        2,7mm        
 60 x 30            6 Meter        1,5mm        
 60 x 30            6 Meter        1,7mm        
 60 x 40            6 Meter        1,7mm        
 75 x 75            6 Meter        2,7mm    

    
Sekarang Anda telah memahami setiap informasi terkait baja ringan. Membutuhkan baja ringan untuk membuat atap rumah? Mungkin Anda juga dapat mempelajari mengenai ukuran besi hollow untuk rangka atap.

Setiap kebutuhan baja ringan sesuai daftar di atas bisa Anda dapatkan bersama Indosteger. Seluruh produk baja ringan Indosteger telah terbukti berkualitas dengan daya tahan tinggi. Dengan informasi jenis dan ukuran baja ringan terlengkap yang telah diberikan, ketahui harga hollow baja ringan bersama Indosteger sekarang juga.

Recent Articles