indosteger@gmail.com   +62818716828

7 Model Talang Air Rumah untuk Melindungi Rumah dari Serangan Hujan

Media
02 Agu 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Talang air rumah adalah salah satu elemen penting dalam sistem drainase bangunan yang seringkali diabaikan oleh pemilik rumah. Padahal, talang air berperan sangat vital dalam menjaga rumah dari serangan hujan yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinding, atap, dan pondasi rumah. Terdapat beberapa model talang air rumah yang bisa diterapkan di rumah Anda. Apa saja itu? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Model Talang Air Rumah

Talang air rumah tersedia dalam berbagai model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya bangunan rumah Anda. Setidaknya ada beberapa model talang rumah yang penting Anda ketahui. Berikut ini model talang air yang umum digunakan.

1. Talang Air PVC

Talang air PVC adalah salah satu model yang paling populer di pasaran. Terbuat dari plastik uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride), talang air PVC tahan terhadap korosi dan cuaca ekstrem. 

Model ini mudah dipasang dan ringan sehingga tidak memberikan tekanan berlebih pada struktur rumah. Kelebihan lainnya dari talang air PVC yaitu tersedia dalam berbagai warna dan ukuran, jadi dapat dengan mudah disesuaikan dengan desain dan warna eksterior rumah Anda.

2. Talang Air Baja Galvanis

Talang air baja galvanis terbuat dari baja berlapis seng yang tahan terhadap karat dan korosi. Model ini sangat kokoh dan tahan lama, sehingga cocok untuk wilayah dengan iklim yang keras. Talang air baja galvanis biasanya hadir dalam warna metalik yang memberikan kesan estetis tersendiri pada rumah Anda. Namun, pemasangan talang air ini memerlukan keahlian khusus dan alat yang sesuai untuk memastikan ketepatan dan kekokohan struktur.

3. Talang Air Aluminium

Talang air aluminium sering menjadi pilihan bagi pemilik rumah yang mengutamakan tampilan estetis. Talang air ini ringan, tahan karat, dan tahan terhadap cuaca ekstrem, sehingga umumnya memiliki umur pakai yang panjang. 

Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, talang air aluminium dapat dipilih sesuai dengan desain rumah Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa talang air aluminium cenderung lebih mudah rusak jika terkena benturan atau tekanan berat.

4. Talang Air Beton

Talang air beton sering digunakan pada bangunan dengan desain klasik atau bergaya industrial. Model ini dibuat dengan campuran beton dan serat, sehingga kokoh dan tahan lama. Talang air beton memiliki ketahanan yang baik terhadap perubahan suhu dan tekanan air. Namun, pemasangan talang air beton memerlukan tenaga dan waktu yang lebih banyak, serta keahlian khusus dalam menciptakan saluran air yang rata dan bebas dari kebocoran.

Baca Juga: Tahapan Penting dalam Proses Pembuatan Beton

5. Talang Air Kaca

Talang air kaca merupakan pilihan unik bagi rumah dengan desain modern dan minimalis. Terbuat dari kaca tempered atau kaca laminasi yang tahan pecah, talang air kaca memberikan tampilan elegan dan transparan pada bangunan. 

Kelebihan lainnya adalah talang air kaca mudah dibersihkan dan tahan terhadap perubahan warna akibat sinar UV. Meskipun begitu, talang air kaca cenderung lebih mahal daripada model talang air lainnya dan memerlukan perawatan khusus agar tetap bersih dan jernih.

6. Talang Air Vinyl

Talang air vinyl merupakan salah satu model yang cukup populer di kalangan pemilik rumah. Talang air ini terbuat dari bahan vinyl atau PVC (Polyvinyl Chloride) yang tahan terhadap korosi, cuaca ekstrem, dan sinar UV. 

Harga talang air ini lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa model talang air lainnya. Selain itu, talang air ini juga mudah dipasang karena berbentuk fleksibel dan ringan. Anda dapat memotongnya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan tanpa memerlukan banyak peralatan khusus.

7. Talang Air Stainless Steel

Talang air stainless steel merupakan pilihan yang elegan dan tahan lama untuk rumah Anda. Terbuat dari baja tahan karat, talang air ini memiliki sifat anti-korosi dan tahan terhadap perubahan suhu, sehingga dapat bertahan dalam kondisi cuaca ekstrem. 

Model talang air stainless steel memberikan tampilan modern dan estetis pada bangunan, sehingga cocok untuk rumah dengan desain kontemporer. Kelebihan lainnya adalah talang air ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu banyak perawatan. 

Tips Memasang Talang Air Rumah

Memasang talang air rumah bukanlah tugas yang mudah dan memerlukan perhatian khusus agar berfungsi dengan optimal. Untuk itu, penting bagi Anda tahu bagaimana memasang talang air dengan benar. Kalau begitu, mari simak tips memasang talang air rumah yang perlu Anda ketahui di bawah ini. 

1. Perencanaan yang Matang

Sebelum memasang talang air, lakukan perencanaan yang matang. Tentukan area mana saja yang memerlukan talang air dan hitung panjang talang air yang dibutuhkan. Perhatikan juga kemiringan yang tepat agar air dapat mengalir dengan lancar menuju saluran pembuangan. Perencanaan yang matang ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan pemasangan talang air dengan benar.

Baca Juga: Sistem Plumbing: Jenis, Fungsi dan Metode Pemasangan

2. Pilih Bahan dan Model yang Tepat

Pilih bahan dan model talang air yang sesuai dengan iklim dan desain rumah Anda. Pastikan talang air memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrem dan cocok dengan tampilan eksterior rumah. Jika Anda tidak yakin, konsultasikan dengan ahli atau tukang bangunan untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat. Anda juga bisa konsultasi dengan Indosteger. 

3. Pasang Pengaman Talang Air

Untuk mencegah daun, ranting, dan sampah lainnya masuk ke dalam talang air dan menyumbat aliran air, Anda bisa memasang pengaman talang air. Pengaman talang air dapat berupa wire mesh atau penutup berpori yang efektif dalam menjaga talang air tetap bersih dan fungsional.

4. Rutin Bersihkan Talang Air

Agar talang air berfungsi dengan baik, Anda harus rutin membersihkannya dari kotoran dan tumpukan sampah yang menghalangi aliran air. Bersihkan talang air setidaknya dua kali dalam setahun, terutama menjelang musim hujan, untuk menghindari genangan air yang berpotensi merusak bangunan.

5. Periksa Kondisi Talang Air Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan kondisi talang air secara berkala untuk mendeteksi kerusakan atau kebocoran sejak dini. Jika ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan atau penggantian agar talang air tetap berfungsi optimal dalam melindungi rumah dari serangan hujan. Anda bisa memeriksanya maksimal satu bulan satu kali untuk memastikan talang air yang dipasang dalam keadaan optimal. 

Saat Anda memahami berbagai model talang air rumah serta menerapkan tips pemasangan yang tepat, Anda dapat melindungi rumah Anda dari dampak buruk curah hujan. Jangan abaikan pentingnya peran talang air dalam menjaga integritas bangunan rumah Anda. 

Pilih model talang air yang sesuai dengan kebutuhan dan iklim wilayah Anda, serta pastikan pemasangan dilakukan dengan cermat agar Anda dapat merasa aman dan nyaman di dalam rumah, bahkan saat hujan deras turun.

Ingat untuk selalu melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala pada talang air guna memastikan kebersihannya dan berfungsi secara optimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli atau tukang bangunan jika Anda membutuhkan panduan lebih lanjut dalam memilih dan memasang talang air rumah. 

Saat proses pembangunan rumah dilakukan, Anda memerlukan berbagai alat untuk membantu para pekerja, salah satunya tangga scaffolding. Tangga ini akan membantu pekerja menjangkau media konstruksi pada ketinggian tertentu.

Anda bisa mendapatkan tangga tersebut di Indosteger dengan harga yang terjangkau. Bagaimana jika Anda hanya ingin sewa? Tentu saja bisa. Anda bisa sewa tangga scaffolding harian, mingguan, dan bulanan. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Indosteger sekarang juga. 

 

Sumber rujukan:

https://www.klopmart.com/article/detail/4-jenis-talang-air 

https://www.rucika.co.id/material-terbaik-untuk-talang-air-pada-rumah/

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb