indosteger@gmail.com   +62818716828

5 Inspirasi Desain Plafon Garasi Mobil Minimalis dan Tips Anti Panas

Media
09 Jun 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Plafon garasi minimalis menjadi salah satu desain yang populer di kalangan pemilik rumah yang memiliki mobil. Selain memberikan tampilan yang estetis, plafon garasi juga berfungsi untuk melindungi mobil dari panas matahari dan hujan. 

Namun, untuk menciptakan desain plafon garasi yang sesuai dengan tema minimalis, dibutuhkan beberapa inspirasi dan tips anti panas yang dapat membantu memperindah tampilan garasi mobil Anda. 

Kalau begitu, mari simak beberapa inspirasi dan model plafon garasi minimalis yang simpel, tetapi tetap terlihat estetik di bawah ini. 

5 Model Plafon Garasi Minimalis yang Simpel

Model plafon garasi minimalis yang simpel menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mengutamakan kesederhanaan dan kepraktisan. Desain plafon yang simpel akan memberikan kesan minimalis dan modern pada garasi mobil. Plafon yang simpel juga lebih mudah dalam perawatannya. Mari simak beberapa model plafon untuk Anda jadikan sebagai referensi.

1. Desain Garasi Simpel dengan Atap Kanopi Tanpa Pagar

Desain Garasi Simpel dengan Atap Kanopi Tanpa Pagar

Desain garasi mobil yang simpel ini merupakan tipe garasi terbuka yang tidak dilengkapi dengan pagar. Jadi, Anda tidak perlu merasa kesulitan saat membuka atau menutup pagar ketika ingin memasukkan atau mengeluarkan mobil dari garasi.

Tidak hanya itu, desain garasi mobil yang simpel ini juga tidak membutuhkan dekorasi yang rumit. Anda hanya perlu memasang keramik sebagai lantai garasi dan menambahkan beberapa pot tanaman hijau pada bagian ujung dan sisi garasi untuk memberikan kesan segar dan alami pada garasi mobil tersebut.

Baca Juga: Ragam Ukuran Besi Hollow untuk Kanopi

2. Desain Garasi Bergaya Natural dan Modern

Desain Garasi Bergaya Natural dan Modern

Dalam rangka menyesuaikan dengan konsep bangunan secara keseluruhan, desain garasi mobil ini menggunakan material batu alam dan kayu untuk memberikan kesan natural yang kental. Garasi mobil dengan nuansa asri ini ditempatkan pada bagian bawah hunian, dan dilengkapi dengan pintu garasi modern yang dapat dibuka ke arah atas sehingga lebih praktis dan menghemat ruang.

3. Desain Garasi dengan Plafon Kayu

Desain Garasi dengan Plafon Kayu

Desain garasi dengan plafon kayu merupakan salah satu tipe desain garasi yang menggunakan material kayu pada bagian plafonnya. Penggunaan material kayu ini memberikan kesan alami dan hangat pada garasi mobil, sehingga terlihat lebih estetik dan menarik. 

Garasi dengan desain ini juga bisa memberikan sentuhan tradisional pada tampilan garasi mobil dan dapat disesuaikan dengan tema atau konsep bangunan keseluruhan. Penggunaan kayu pada plafon juga dapat menambah nilai artistik pada garasi mobil dan membuat garasi terlihat lebih elegan dan eksklusif.

Baca Juga: Rangka Plafon Kayu Kaso Vs Besi Hollow Galvanis

4. Desain Garasi dengan Tema Klasik untuk Rumah Minimalis

Desain Garasi dengan Tema Klasik untuk Rumah Minimalis

Banyak yang menggunakan desain garasi mobil dengan tema klasik, yang sebenarnya sangat sederhana. Salah satu cara untuk menciptakan kesan klasik pada garasi mobil ini adalah dengan menggunakan lantai berbahan semen atau batu alam. Untuk kanopi, Anda bisa memilih atap yang menggunakan material besi berwarna hitam agar sesuai dengan pagar rumah.

Desain garasi tema klasik ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah dengan tema industrial hingga modern minimalis. Jenis garasi yang sesuai dengan tema ini adalah garasi terbuka. Garasi mobil ini akan terlihat lebih elegan dan memberikan nilai tambah pada tampilan keseluruhan rumah.

Baca Juga: 4 Macam Model Kanopi Baja Ringan untuk Garasi Rumah

5. Desain Garasi Mobil Bertema Industrial Tertutup

Desain Garasi Mobil Bertema Industrial Tertutup

Selanjutnya, terdapat desain garasi mobil bertema industrial tertutup yang memiliki tampilan yang cukup maskulin. Hal ini ditunjukkan melalui penggunaan warna abu-abu dan hitam yang sangat dominan di dalamnya. Untuk bagian lantai menggunakan bahan semen yang sesuai dengan tema industrial. Jenis garasi ini adalah garasi tertutup yang memiliki pintu garasi dengan celah bergaris, sehingga cahaya masih bisa masuk ke dalam ruangan garasi.

3 Tips Garasi Anti Panas

Garasi mobil yang terlalu panas dapat memberikan ketidaknyamanan dan juga berpotensi merusak kendaraan yang diparkir di dalamnya. Untuk itu, diperlukan beberapa tips agar garasi mobil tidak terlalu panas. Berikut ini beberapa tips garasi anti panas yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

1. Buat Ventilasi Udara

Membuat sistem ventilasi udara yang baik di dalam garasi mobil sangat penting untuk mencegah terjadinya panas berlebih di dalamnya, terutama jika garasi mobil yang dimiliki bertipe tertutup. Garasi yang dilengkapi sistem ventilasi yang baik membuat udara di dalam garasi dapat bersirkulasi dengan lancar dan udara luar bisa masuk dengan mudah, sehingga suhu di dalam garasi tetap terjaga dan terasa sejuk.

2. Cat Luar Dinding dan Pintu Garasi

Memberikan sentuhan warna cat yang netral seperti warna putih pada bagian luar dinding dan pintu garasi dapat membantu menurunkan suhu di dalam garasi. Warna netral seperti putih dapat memantulkan sinar matahari sehingga suhu di dalam garasi menjadi lebih terkendali. Jika Anda kurang suka dengan warna putih, Anda bisa menggantinya dengan warna netral lain seperti warna cokelat muda. 

3. Menambahkan Tanaman Atau Pohon

Menambahkan tanaman hias atau pepohonan di sekitar garasi juga dapat membantu menurunkan suhu di dalam garasi. Tanaman dan pohon dapat memberikan efek sejuk pada garasi dan menjaga suhu di dalam garasi agar tidak terlalu panas. Anda bisa menyimpan satu atau dua pohon untuk memberikan suasana sejuk di dalam garasi.

Saat Anda membangun plafon garasi minimalis di rumah, pastikan Anda menggunakan besi hollow sebagai tulangan. Apalagi atap garasi mobil Anda akan menggunakan kanopi, terutama untuk model garasi rumah yang terbuka. 

Indosteger menyediakan besi hollow berbagai ukuran yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti besi hollow 5x10. Besi hollow ini mempunyai kelebihan anti karat yang cukup tinggi, sehingga lebih awet dan tahan lama.

Harga besi hollow 5x10 di Indosteger juga cukup terjangkau. Yuk, kunjungi Indosteger sekarang agar pembangunan garasi mobil dengan plafon minimalis di rumah Anda bisa bertahan lama. 

Sumber rujukan:

https://blkp.co.id/blogs/detail/7-inspirasi-desain-plafon-garasi-mobil

https://www.orami.co.id/magazine/desain-garasi-mobil

https://www.dekoruma.com/artikel/89361/ide-desain-garasi-mobil

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb