indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Rangka Plafon Kayu Kaso Vs Besi Hollow Galvanis

Rangka plafon kayu kaso memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan. Sesuai fungsinya. plafon adalah salah satu bagian penting dalam konstruksi bangunan. Fungsi utamanya tentu adalah mencegah orang yang tinggal di dalam bangunan langsung terpapar sinar matahari atau hujan. Dalam pembangunannya, ada berbagai jenis material yang bisa Anda pakai untuk membuat rangka plafon. Agar tidak bingung saat memilih, yuk simak penjelasan tentang rangka plafon kayu dan besi hollow galvanis berikut ini!

Apa Kelebihan dan Kekurangan Rangka Plafon Kayu Kaso?

Kebutuhan konstruksi ataupun furnitur, material kayu sangat populer karena jenisnya pun sangat beragam. Dalam hal ini, kayu kaso adalah salah satu jenis kayu yang juga banyak diterapkan pada bangunan. Mari cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan jika Anda menggunakan rangka plafon kayu kaso!

1. Kelebihan Kayu Kaso untuk Rangka Plafon 

Pada dasarnya, bahan dasar pembuatan kayu kaso cukup beragam. Seperti misalnya, Anda bisa menemukan kayu kaso yang terbuat dari jati, kamper, atau bahkan meranti. Sementara dari segi ukuran, kayu kaso biasanya tersedia dalam dua pilihan, yakni 5x7 cm atau 4x6 cm, dengan panjang masing-masing sekitar 4 meter. 

Lantas, apa kelebihan atau keuntungan jika kita memakai rangka plafon kayu kaso? 

  1. Karena bobotnya tidak begitu berat, proses distribusi dan ongkos angkutnya tentu lebih ringan.
  2. Anda tidak membutuhkan banyak tukang dalam pemasangan konstruksi kayu kaso. Hal ini tentu karena bobot material kayu kaso yang cenderung ringan sehingga bisa diangkat oleh dua orang saja. 
  3. Pengaplikasian kayu kaso terbilang simpel sehingga Anda pun bisa dengan mudah menemukan pekerja yang bisa melakukannya.

2. Kekurangan Kayu Kaso untuk Rangka Plafon 

Namun, rangka plafon kayu kaso tentunya juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja? Berikut adalah beberapa kekurangan atau kerugian jika Anda menggunakan material tersebut pada rangka plafon.

  1. Harganya terus meningkat.
  2. Ketersediaannya semakin menipis.
  3. Material kayu mudah lapuk karena efek perubahan cuaca dan serangan rayap.

Bagaimana cara memasang plafon rangka kayu?

Pemasangan plafon rangka kayu umumnya relatif mudah sehingga Anda dapat melakukannya seorang diri. Berikut adalah langkah-langkah cara memasangnya yang dapat Anda jadikan panduan:

  1. Yang pertama, ukur terlebih dahulu ketinggian plafon yang akan dipasang. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada seberapa banyak Anda membutuhkan material kayu.
  2. Setelah melakukan pengukuran, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti kayu, paku, serta alat pendukung lainnya, seperti kursi, meja, dan lainnya.
  3. Pasang angle wall atau penahan rangka plafon sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.
  4. Anda bisa langsung mulai memasang rangka plafon kayu.
  5. Setelah terpasang, Anda bisa melakukan uji ketahanan dengan mencoba menggantungkan sesuatu pada rangka plafon kayu yang sudah terpasang.
  6. Kalau Anda sudah yakin dengan kekuatan plafon, maka Anda bisa langsung memasang penutup plafon.
  7. Terakhir, Anda bisa mengecek tingkat kerataan plafon yang sudah terpasang untuk memastikan semuanya sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Baca juga: 8 Jenis Atap Kanopi yang Kuat dan Tahan Lama

Apa Kelebihan dan Kekurangan Rangka Plafon Besi Hollow Galvanis?

Hollow besi galvanis kini juga sering digunakan dalam pembuatan rangka plafon. Dalam praktiknya, material ini terbuat dari besi hollow yang diberi coating aluminium dan zinc. Nah, berikut adalah kelebihan dan kekurangan rangka plafon dari material besi hollow galvanis!

1. Kelebihan Besi Hollow Galvanis untuk Rangka Plafon

Jika Anda tertarik menggunakan material besi hollow galvanis untuk rangka plafon, berikut adalah kelebihannya.

  1. Memiliki daya tahan yang sangat baik. Tidak seperti kayu kaso, material ini tergolong anti-rayap dan tahan terhadap perubahan cuaca. 
  2. Proses pemasangannya terbilang mudah dan cepat. Ya, selain karena bobotnya memang ringan, material besi hollow galvanis juga mudah dibentuk. 
  3. Bisa untuk pemakaian jangka lama. Karena sudah dilapisi zat coating, besi hollow galvanis tidak gampang rusak karena serangan rayap dan perubahan cuaca. 
  4. Harganya terjangkau. 
  5. Karena bobotnya ringan, distribusi material dan ongkos angkutnya tentu juga ringan.

Baca juga: Ini 5 Langkah Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow

2. Kekurangan Besi Hollow Galvanis untuk Rangka Plafon 

Tentu saja, setiap material bangunan memiliki nilai plus dan minus sendiri. Sementara untuk jenis material dari besi hollow galvanis, kekurangannya adalah sebagai berikut.

  1. Ukuran Hollow besi galvanis ini memang tidak dirancang untuk menanggung beban konstruksi yang terlalu berat. 
  2. Ukuran untuk besi hollow jenis ini rata-rata hanya 6 meter saja. Artinya, jika Anda ingin membuat konstruksi yang berukuran sangat besar, rangka besi hollow galvanis perlu disambung dengan metode las. Namun, cara tersebut tentunya akan membuat rangka menjadi tidak begitu kuat. 

Bagaimana cara memasang rangka plafon hollow galvanis?

Karena ukurannya yang ringan, pemasangan rangka plafon dengan hollow galvanis akan relatif mudah dan cepat sehingga Anda dapat melakukannya seorang diri. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dapat Anda jadikan panduan:

  1. Ukur tinggi plafon terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan menentukan seberapa banyak Anda membutuhkan material hollow galvanis. Jangan lupa juga untuk menandai titik-titik pengukuran sehingga Anda nanti dapat memasang rangka plafon dengan lurus.
  2. Setelah melakukan pengukuran, sekarang Anda bisa mulai memasang penahan rangka plafon atau angle wall. Pastikan Anda memasang penahan sesuai pada garis-garis yang telah Anda buat dalam proses pengukuran.
  3. Setelah memasang penahan, sekarang saatnya Anda mulai mengukur bentangan tiap rangka hollow nantinya. Umumnya besi hollow dijual dengan panjang 6 meter. Jika panjang bentangan lebih dari 6 meter, maka Anda harus menyambungnya. Namun, jika kurang dari 6 meter, maka Anda harus memotongnya.
  4. Kalau Anda sudah melakukan pengukuran panjang bentangan dan mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, Anda bisa langsung mulai proses pemasangan rangka plafon.
  5. Setelah memasangnya, pastikan menguji kekuatan rangka plafon dengan menggantungkan sesuatu pada rangka yang barus saja Anda pasang.

Demikian penjelasan singkat tentang rangka plafon kayu kaso vs besi hollow galvanis. Jika ingin membeli bahan material besi hollow galvanis berkualitas, Indosteger adalah tempat yang tepat. Apalagi, Indosteger juga melayani pengiriman ke seluruh kawasan Indonesia. 

Indosteger juga melayani jasa sewa scaffolding dan jual scaffolding. Produk lainnya seperti UNP besi galvanis, CNP besi galvanis dan hollow besi galvanis. Pengiriman bisa dilakukan untuk wilayah JABODETABEK.

Baca juga: 5 Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya