indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa itu Pondasi Plat Beton Lajur serta Cara Membangunnya

Pondasi plat beton lajur termasuk salah satu pondasi bangunan yang dapat membuat rumah menjadi sangat kuat dan kokoh. Pondasi sendiri merupakan bagian paling dasar dari konstruksi sebuah bangunan. Pondasi berfungsi meneruskan beban dari bagian atas struktur ke lapisan paling bawah.

Biasanya, pondasi beton lajur digunakan bila luas penampang yang menggunakan pondasi plat terlalu besar. Oleh sebab itu, luas penampang tersebut dibagi dengan cara memanjangkan lajur supaya tidak terlalu melebar. Untuk lebih mengenal pondasi ini lebih dalam, mari simak pembahasan di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud Pondasi Plat Beton Lajur?

Pondasi plat beton lajur merupakan pondasi yang sering digunakan untuk mendukung sederetan kolom. Pondasi ini sangat kuat, lantaran semua pondasi terdiri dari beton bertulang. Ukuran lebar pondasi lajur sama dengan lebar bawah dari pondasi batu kali, yaitu 70 cm.

Baca Juga: Daftar Berat Jenis Beton Bertulang Sebagai Material Bangunan

Salah satu fungsi pondasi ini yaitu sebagai pengganti pondasi batu kali apabila batu kali susah didapatkan. Selain itu, Anda dapat menerapkan pondasi ini bila memang sudah ada rencana pengembangan rumah ke atas.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Plat Beton Lajur?

Salah satu kelebihan dari pondasi plat lajur yaitu memiliki pondasi yang sangat kuat, tetapi harganya lebih terjangkau bila dibandingkan dengan pondasi batu kali. Namun, ada juga kekurangannya, seperti tidak semua tukang dapat mengerjakan pondasi ini. Tidak itu saja, terdapat kelebihan dan kekurangan lain dari pondasi plat beton lajur yang akan diuraikan di bawah ini.

Kelebihan Plat Beton Lajur

  • Proses pembuatan pondasi lebih terjangkau dari sisi biaya, karena berjarak dekat dengan telapak dan sisinya berimpit satu sama lain. 
  • Galian tanah lebih sedikit, lantaran hanya berada pada titik yang terdapat kolom strukturnya.
  • Penggunaan pondasi batu lebih mudah apabila diterapkan pada bangunan bertingkat bila dibandingkan dengan batu kali. Baik itu sebagai penopang vertikal maupun horizontal yang tahan dari gempa, angin, ledakan, dan lain sebagainya.

Kekurangan Plat Beton Jalur

  • Persiapannya lebih lama lantaran harus mempersiapkan bekisting atau cetakan terlebih dahulu.
  • Harus menunggu beton kering atau sesuai umur beton, sehingga diperlukan waktu pengerjaan yang lebih lama juga.
  • Tidak semua tukang bisa mengerjakan pondasi ini. Hal ini karena diperlukan pemahaman khusus untuk ilmu strukturnya.
  • Pekerjaan membuat rangka besi harus dibuat dari awal, kemudian harus selesai setelah Anda melakukan galian tanah.

Bagaimana Cara Membuat Pondasi Plat Beton Lajur?

Terdapat beberapa tahapan penting untuk membuat pondasi plat beton lajur dengan hasil yang maksimal. Anda perlu benar-benar memerhatikan galian tanah sebelum akhirnya memasang bekisting dan melakukan pengecoran. Berikut tahapan membuat pondasi tersebut.

  1. Gali tanah pada bouwplank dan shop drawing. Bouwplank adalah balok kayu, bambu, baja ringan, atau material sejenis lainnya yang disertai dengan benang ukur sebagai penanda batas-batas galian serta pemasangan pondasi pembangunan. Sementara itu, shop drawing biasanya dikaitkan dengan gambar perencanaan sebagai acuan teknis lapangan. 
  2. Setelah melakukan penggalian tanah, padatkan dasar galian tanah dengan menggunakan stamper supaya lebih cepat dan efisien. 
  3. Langkah selanjutnya yaitu tebar dan padatkan lapisan pasir urug di area pengecoran. Fungsi utama pasir urug yaitu supaya permukaan tanah asli menjadi lebih stabil dan dapat menyebarkan beban secara merata. 
  4. Lalu, pasang screed, bekisting, dan batako atau kayu.
  5. Selanjutnya, pasang penulangan, beton decking, dan stek.
  6. Bersihkan area pengecoran dengan menggunakan kompresor supaya lebih efisien.
  7. Cor beton dan padatkan menggunakan vibrator. Tunggu hasil pengecoran hingga benar-benar kering sambil melakukan perawatan pada hasil cor. 
  8. Terakhir, lakukan curing atau perawatan beton supaya hasilnya awet dan tahan lama. Cara perawatan beton yang baik yaitu dengan mempertahankan kadar air dan suhu tepat setelah pengecoran. Proses perawatan ini meliputi pemeliharaan kelembapan dan kondisi suhu, baik di permukaan beton maupun di dalamnya dalam periode tertentu.

Nah, itu dia informasi tentang pondasi plat beton lajur serta kelebihan dan kekurangannya. Penerapan pondasi ini akan memudahkan pekerja saat Anda berencana memperluas pembangunan hingga ke bagian atas. Saat memulai proses pembangunan, Anda dapat mempersiapkan berbagai alat untuk keperluan membangun rumah di Indosteger. 

Indosteger menyediakan besi hollow galvanis untuk berbagai keperluan, seperti tulangan kanopi, rangka atap, atau rangka besi lainnya. Hollow Galvanis memiliki kelebihan yang lebih tahan karat bila dibandingkan dengan hollow hitam, sehingga lebih awet dan tahan lama. 

Untuk mengecek harga besi Hollow Galvanis 4x8, Anda dapat mengunjungi situs resmi Indosteger sambil melihat-lihat peralatan pembangunan lain yang mungkin Anda butuhkan. Indosteger sendiri dikenal sebagai salah satu agen dan distributor scaffolding terbaik di Indonesia. 

Anda bisa mendapatkan Hollow Galvanis dengan mudah, karena Indosteger melayani penjualan hingga ke beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Kalimantan, dan Balikpapan. Hubungi Indosteger sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya