indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Pondasi Umpak serta Keunggulan dan Teknik Pembuatannya

Apakah Anda mengetahui apa itu pondasi umpak? Dalam menciptakan sebuah bangunan yang kokoh, terdapat pondasi sebagai struktur utama agar bangunan dapat berdiri. Melalui pondasi, beban yang diterima dari bagian atas bangunan dapat diteruskan ke lapisan bawah. Dengan kata lain, pondasi adalah penopang beban bangunan yang membuat bangunan tetap kokoh. 

Tidak hanya satu, tetapi terdapat beragam jenis pondasi yang dapat digunakan untuk mendirikan bangunan, salah satunya adalah pondasi umpak. Pondasi umpak dapat Anda temui pada bangunan rumah atau proyek pembangunan dengan beban ringan lainnya. Dalam proyek konstruksi, memilih jenis pondasi adalah hal utama yang harus dipertimbangkan.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan pondasi umpak, kenali terlebih dahulu pengertian, fungsi, dan kelebihannya agar tidak salah memilih. Sebab kesalahan dalam memilih pondasi dapat memberikan dampak buruk pada ketahanan dan kekuatan bangunan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Pondasi Umpak?

Pondasi umpak adalah jenis pondasi yang terbuat dari beton atau batu dengan bentuk pondasi berupa prisma. Untuk memasang pondasi umpak, Anda dapat menanam pondasi pada kedalaman tanah tertentu dengan ukuran tinggi dan lebar penampang yang berbagai macam. Perbedaan tinggi dan luas penampang disesuaikan oleh estimasi berat bangunan. 

Bahan yang digunakan untuk menyusun pondasi umpak adalah bata, batu kali, cor beton tanpa tulang, dan batu alam. Seluruh bahan tersebut disusun bertangga menjadi umpak.Pondasi umpak umumnya digunakan pada bangunan yang tidak memiliki beban yang terlalu berat. 

Jenis dinding pada bangunan pun berupa kayu, papan, atau anyaman bambu. Namun perihal kualitas ketahanan dan kokohnya pondasi umpak tidak perlu diragukan. Sebab pondasi umpak merupakan salah satu jenis pondasi yang tahan guncangan dan mampu menyesuaikan bangunan saat terjadi guncangan.

Baca Juga: Konstruksi Rumah Tahan Gempa yang Aman dan Nyaman

Apa Fungsi Pondasi Umpak Bagi Konstruksi?

Tidak hanya rumah, pondasi umpak secara umum juga menjadi penopang beban pada bangunan seperti warung, restoran, dan saung. Selain bertugas menyalurkan beban yang diterima dari atap, pondasi umpak juga memiliki beberapa fungsi lain. Adapun fungsi dari pondasi umpak bagi konstruksi adalah:

1. Membantu Elemen Penyangga

Fungsi pondasi umpak yang pertama adalah menjadi struktur bangunan yang membantu elemen penyangga pada ketinggian tertentu. Dalam menahan bangunan, elemen penyangga dengan tinggi tertentu mungkin saja tertekuk apabila beban yang diterima terlalu besar dan ketinggiannya melebihi batas. 

Maka dari itu, dibutuhkan pondasi umpak dengan pijakan yang lebih tinggi agar tidak lagi memaksakan ukuran penyangga. Dalam hal ini, Anda perlu menghitung ketinggian rumah agar tidak salah dan tiang penyangga dapat berfungsi secara optimal dan menjaga bangunan tetap berdiri dengan aman.

2. Membatasi Kontak Antara Tanah dan Material Konstruksi

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai apa maksud dari fungsi membatasi kontak tanah dan material. Pada dasarnya, logam maupun kayu adalah jenis material yang dapat dipengaruhi oleh kondisi kelembapan tanah. 

Logam apabila terus-menerus berada di tempat lembap, maka akan timbul korosi. Sedangkan kayu akan menjadi lapuk. Hal tersebut tentu akan memengaruhi ketahanan bangunan. Karena logam dan kayu digunakan sebagai material pada dinding. Oleh karena itulah pondasi umpak dibutuhkan. 

Apa Kelebihan Pondasi Umpak Dibanding Jenis Pondasi Lainnya?

Meski hanya mampu menahan beban dari bangunan kecil saja, tetapi pondasi umpak memiliki berbagai kelebihan yang tidak kalah dari jenis pondasi lainnya. Berikut merupakan kelebihan pondasi umpak yang harus Anda ketahui agar dapat mempertimbangkan penggunaan jenis pondasi ini: 

1. Memiliki Bentuk yang Sederhana

Pondasi umpak menjadi pondasi dengan bentuk yang lebih sederhana dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Dengan demikian, pekerja bangunan yang bertugas dapat dengan mudah mengerjakan pemasangan pondasi dan penyambungan dengan komponen konstruksi lainnya.

2. Tahan Terhadap Guncangan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pondasi umpak memiliki ketahanan yang lebih unggul daripada jenis pondasi lainnya, tidak terkecuali guncangan. Jika Anda tinggal di daerah dengan frekuensi gempa yang sedikit lebih sering dibandingkan daerah lain, maka pembangunan rumah atau bangunan lain dapat dilakukan dengan pondasi umpak sebagai struktur utamanya. 

Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai kondisi rumah ketika gempa, sebab pondasi ini cocok untuk keamanan, ketahanan, dan kokohnya rumah. 

3. Pengerjaan yang Lebih Cepat

Karena memiliki bentuk dan struktur yang sederhana, proses pengerjaan bangunan dengan pondasi umpak dapat lebih cepat selesai. Pekerja bangunan dapat dengan mudah meletakkan pondasi pada tanah dan memasang elemen penyangga, sehingga waktu yang dibutuhkan pun tidak banyak. Apabila bangunan lebih cepat berdiri dan selesai, maka bangunan juga dapat segera digunakan untuk keperluan tertentu. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Pondasi

Memasang pondasi sebaiknya dilakukan oleh pekerja bangunan profesional yang telah ahli dibidangnya. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui hal yang harus diperhatikan saat memasang pondasi agar tidak terjadi kesalahan dan membahayakan pengguna bangunan maupun pekerja lainnya. Adapun hal yang harus diperhatikan antara lain:

1. Ukuran dan Kondisi Tanah

Hal pertama yang harus dilakukan saat memasang pondasi adalah memastikan bahwa lebar dasar pondasi harus sesuai. Selain itu, pastikan pula bahwa pemasangan pondasi dilakukan di tanah yang keras dan padat. Lapisan tanah yang lebih lunak memiliki sifat yang labil dan berubah-ubah. 

2. Kepadatan Tanah 

Tingkat kekerasan dan kepadatan tanah juga harus sama pada setiap bagian pondasi yang dipasang. Meletakkan dan memasang pondasi pada tingkat kepadatan yang berbeda akan mengurangi kemampuan untuk menopang bangunan dan pondasi tidak mampu membagi beban secara merata.

3. Bahan Pondasi

Pastikan pondasi yang digunakan dalam struktur bangunan memiliki bahan yang awet dan kuat. Sebab, kualitas bahan pondasi dapat menciptakan kemampuan pondasi untuk menciptakan gaya desak bangunan yang lebih baik. 

Teknik Membuat Pondasi Umpak

Setelah mengenal hal yang harus diperhatikan, Anda dapat mengenal teknik membuat pondasi umpak pula. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Pertama, siapkan bekisting sloof. Olesi bagian bekisting terlebih dahulu sebelum memasang besi sloof untuk mempermudah pemasangan.
  2. Kedua, cor sloof dengan panjang sesuai dengan hasil perhitungan sebelumnya. Ukuran panjang sloof dapat diubah dengan menggeser besi sloof.
  3. Ketiga, untuk membuat pondasi umpak, cetak dengan semen menggunakan ember yang bagian bawahnya dilubangi.
  4. Keempat, pastikan pekerja konstruksi telah melakukan pengecoran pada bagian persegi panjang terlebih dahulu. Sedangkan pemasangan besi dilakukan bersamaan dengan pengecoran.
  5. Kelima, diamkan selama 12 hingga 24 jam. Jika sudah, bongkar bekisting, sloof, dan tumpuk dengan pondasi umpak. Beberapa pekerja ahli akan langsung melakukan pemasangan pondasi umpak agar proses pembangunan menjadi lebih cepat.
  6. Keenam, cetak semen kembali dengan bekisting.
  7. Ketujuh, pasang patok untuk menandai posisi pondasi umpak dengan menggali sebagian tanah dan menancapkan patok di dalam lubang tersebut. Setelah pengukuran tepat, pasang pondasi umpak.
  8. Kedelapan, setelah pondasi selesai dipasang, pasang juga sloof di atasnya dan cor bagian antara sloof dan pondasi.
  9. Terakhir, apabila proses di atas telah selesai, pekerja bangunan dapat melanjutkan kegiatan pembangunan. 

Demikian tadi merupakan beberapa informasi yang sebaiknya Anda ketahui mengenai pondasi umpak. Jika Anda merencanakan konstruksi bangunan berat dan bertingkat, hindari menggunakan pondasi umpak. Sebab, jenis pondasi ini tidak cocok digunakan sebagai pondasi gedung bertingkat dan tidak mampu menahan beban yang terlalu besar. 

Apabila Anda membutuhkan suri suri bekisting dan berbagai perlengkapan pembangunan lainnya, Indosteger dapat memenuhi segala kebutuhan Anda. Indosteger hadir dengan produk baja ringan, bekisting, perlengkapan scaffolding dan penyewaan scaffolding berkualitas. 

Sehingga Anda dapat melakukan pembangunan dengan aman dan memiliki bangunan yang kuat. Hubungi tim Indosteger sekaran juga untuk merasakan layanan penyediaan kebutuhan pembangunan secara cepat, profesional, dan tepercaya. Semoga informasi seputar pondasi umpak ini bermanfaat untuk Anda.

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya