indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Trik Membangun Sekat Ruangan dari Besi Holo yang Indah

Sekat ruangan dari besi holo bisa dimanfaatkan pula sebagai dekorasi rumah yang indah, asalkan mengetahui pola yang ingin dibangun. Apabila rumah memiliki satu kamar yang diisi oleh dua orang, sekat ruangan juga bisa menjadi solusi atas permasalahan privasi. 

Sekat ruangan juga bisa digunakan untuk memisahkan bagian dapur dan ruang makan. Di kamar mandi, sekat ruangan berbahan besi holo jadi pembatas antara kloset dan ruang mandi, sehingga menambah kesan privasi saat Anda menggunakan kamar mandi. Jika rumah Anda terlalu kecil untuk membuat ruangan yang baru, sekat ruangan adalah jawaban atas permasalahan ini.

Lebih baik membuat sekat ruangan dengan besi holo karena bisa memberikan kesan mewah pada suatu bangunan. Nilai estetika besi holo juga tergolong lebih tinggi daripada jenis besi lainnya. Selain itu, besi holo juga tahan lama dan lebih kuat, sehingga sering mampu menciptakan sekat ruangan yang kokoh.
 

Kelebihan Sekat Ruangan dari Besi Holo untuk Rumah

Menariknya lagi, sekat ruangan juga bisa dibangun sendiri di rumah, jadi Anda bisa menghemat biaya untuk membelinya. Anda juga bisa bebas berkreasi dengan desain dan pola sekat ruangan, sehingga rumah pun terlihat lebih indah dan khas dengan gaya yang diinginkan.

Lagipula, Anda sendiri yang tahu ukuran rumah dan setiap ruangan yang ada di dalamnya, jadi Anda bisa memperkirakan ukuran sekat yang ingin dibangun. Ukuran sekat bisa lebih kecil atau lebih besar dari ruangan, semua itu tergantung pada pertimbangan kita.

Bagi pemilik apartemen, memanfaatkan sekat ruangan dari besi holo bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Untuk tipe studio, pemasangan sekat ruangan juga bisa menjaga privasi ketika ada tamu yang datang berkunjung.
 

Cara Membangun Sekat Ruangan dari Besi Holo

Membangun sekat ruangan dari besi holo berarti memanfaatkan material besi tersebut sebagai kerangkanya. Seperti yang disebutkan di atas, besi holo memiliki keunggulan daripada besi lainnya. Daripada menggunakan kayu yang bisa saja dimakan rayap sehingga bisa roboh sewaktu-waktu, besi holo bisa tahan lama dan tidak mudah berkarat.

Selain besi holo sebagai kerangka sekat ruangan, material lainnya yang dibutuhkan adalah wallpaper yang mudah dilepas dan engsel dari kuningan berukuran sempit. Untuk peralatannya, gunakan bor dan pisau dengan mata yang tajam untuk memotong materialnya.

Setelah mempersiapkan alatnya, sekarang waktunya Anda mengikuti langkah-langkah ini.
 

1. Memilih Posisi Sekat Ruangan

Penentuan posisi tetap harus dilakukan, meskipun Anda sekedar membangun sekat ruangan yang tidak besar. Tanpa adanya penentuan posisi, sekat ruangan jadi terlalu kecil atau terlalu besar untuk suatu ruangan. Perhatikan juga, apakah ruangannya memang cocok untuk dipasangi sekat atau tidak.

Positioning ini juga berguna dalam menentukan dekorasi atau hasil akhir yang diinginkan. Pastinya, Anda ingin sekat ruangan yang terlihat menyatu dengan ruangan yang lain, bukan, sehingga tidak terkesan ‘maksa’?
 

2. Mulai Membangun Sekat Ruangan

Setelah menentukan posisi yang tepat, barulah Anda bisa mulai membangun sekat ruangan. Untuk memulainya, Anda bisa mulai dengan meletakkan besi holo yang sudah jadi kerangka di lantai. 

Kemudian, pasangkan wallpaper di setiap sisinya, mulailah dengan membungkusnya dulu, kemudian menempelkannya di sisi sekat ruangan sesuai keinginan. Jangan buru-buru mengerjakannya, karena bisa menghancurkan wallpaper yang sedang dipasang.

Setelahnya, Anda bisa menambahkan engsel di setiap sisi sekatnya. Jumlah engsel yang dibutuhkan tergantung pada seberapa kokoh sekat yang Anda inginkan. Agar tidak memakan waktu lama, gunakan saja bor untuk memasang engsel tersebut. Semakin banyak engselnya, semakin mudah sekat ruangan dilipat.
 

3. Tambahkan Hiasan atau Dekorasi

Terakhir, Anda bisa menambahkan hiasan untuk sekat ruangan yang telah jadi. Ketika memasang wallpaper pada sisi sekat, jangan terlalu mengharapkan hasil yang sempurna sampai melupakan apakah sekatnya sudah kokoh. Lagipula Anda, bisa menambahkan hiasan seperti gantungan lainnya sebagai finishing.

Untuk bagian bawahnya, Anda bisa menggunakan roda atau kaki berbahan karet, sehingga sekat bisa dipindah atau dilipat apabila tidak diperlukan.

Sekat ruangan dari besi holo yang kuat tentunya membutuhkan bahan yang kuat, seperti scaffolding galvanis. Apabila Anda sudah merencanakan pembuatan sekat ruangan, waktunya Anda memilih scaffolding frame dari Indosteger. Kami menyediakan besi frame yang kuat dan berkualitas terbaik, sehingga Anda bisa membuat frame sekat ruangan yang kokoh dan tahan lama.

Baca juga: 10 Ide Partisi Ruangan Rumah Minimalis yang Mudah Ditiru

Recent Articles