indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengenal Ukuran Besi untuk Rumah 2 Lantai Agar Aman dan Kokoh

Rumah 2 lantai tentunya membutuhkan ukuran besi cor yang berbeda dari rumah 1 lantai. Saat ini, rumah 2 lantai dan 1 lantai menjadi pilihan hunian favorit banyak orang karena simpel dan cocok untuk keluarga kecil. Jika membangun rumah 2 lantai, lahan yang digunakan juga tidak terlalu besar karena bisa memanfaatkan space secara vertikal.

Jika Anda ingin tinggal di rumah yang memiliki halaman luar luas tapi area dalam tidak sempit, rumah 2 lantai juga layak untuk dipertimbangkan. Namun, dalam tahap perencanaan pembangunan rumah 2 lantai, tentu ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya mengenali ukuran besi untuk rumah 2 lantai agar aman dan kokoh. Mari simak info selengkapnya berikut ini!

Berapa Ukuran Besi untuk Rumah 2 Lantai?

Rumah 2 lantai tentu saja harus mampu menopang beban yang sangat besar. Karenanya, sejumlah pertimbangan dan perhitungan wajib dilakukan untuk memastikan kekokohan dan keamanan hunian, salah satunya ukuran besi untuk rumah 2 lantai.

Baca Juga: Konstruksi Rumah Tahan Gempa yang Aman dan Nyaman

Berbagai proyek perumahan saat ini umumnya masih menggunakan besi dan beton, dua material yang bersifat kokoh dan aman. Besi aman terhadap tarikan, sementara itu beton tahan terhadap tekanan. Bersama-sama, keduanya bisa dijadikan material untuk membangun fondasi, rangka, kuda-kuda, hingga atap rumah. 

Masing-masing bagian membutuhkan besi cor untuk membuatnya cukup kuat menahan beban. Untuk mengenal ukuran besi yang digunakan pada rumah 2 lantai agar aman dan kokoh, mari simak informasi berikut ini:

1. Ukuran Besi untuk Fondasi

Ukuran besi untuk fondasi rumah 2 lantai yang ideal umumnya adalah besi dengan diameter 12 mm. Ukuran besi ini dipilih karena cukup kuat untuk digunakan sebagai fondasi besi tulangan pijakan kaki. Biasanya, rumah 2 lantai menggunakan ukuran besi 12 mm dengan bentang kolom standar jarak sekitar 3-4 meter, selama kondisi tanah normal atau keras.

Baca Juga: Harga Besi Pondasi Per Batang dari Berbagai Ukuran Diameter

Untuk memastikan keamanan dan kekokohan bangunan rumah 2 lantai, sangat penting untuk memilih bahan yang berkualitas. Asal memilih ukuran besi untuk fondasi berpotensi menimbulkan risiko terhadap bangunan yang seharusnya dihindari.

2. Ukuran Besi untuk Sloof

Sloof atau balok pengikat biasanya ditempatkan di atas fondasi. Untuk bangunan rumah 2 lantai, biasanya sloof berukuran 15 x 35 cm sudah cukup. Anda sudah bisa mendapatkan struktur bangunan yang baik dengan menggunakan besi tulangan 12 mm, begel besi 8 mm, dan ketebalan cor 15 mm.

Baca Juga: Inilah Cara Menghitung Kebutuhan Besi Sloof Pada Sebuah Bangunan

3. Ukuran Besi untuk Kolom/Tiang

Ukuran besi untuk kolom/tiang rumah 2 lantai idealnya ada dua, yaitu besi berbentuk persegi empat 25 cm x 25 cm dan besi berbentuk persegi panjang ukuran 15 cm x 40 cm. Berikut info kelebihan dan kekurangannya:

1. Besi untuk KolomTtiang Ukuran 25 cm x 25 cm

Menggunakan kolom ukuran 25 cm x 25 cm merupakan alternatif yang cukup bisa diandalkan, hanya saja memiliki kekurangan berupa adanya tonjolan pada dinding. Karenanya, jika Anda menggunakan besi untuk kolom/tiang ukuran ini, maka Anda memerlukan pekerjaan ekstra untuk finishing-nya. Tonjolan pada dinding ini sering kali juga bisa menyulitkan proses penempatan furnitur, terutama yang diletakkan pada area sudut.

Baca Juga: Daftar Harga Besi Kolom Per Batang Sesuai Jenis dan Ukuran

Rumah 2 lantai yang menggunakan kolom ukuran 25 cm x 25 cm bisa memakai besi tiang diameter 12 mm sebanyak enam buah, serta besi cincin/sengkang diameter 8 mm dengan jarak pemasangan setiap jarak adalah 15 cm.

2. Besi untuk Kolom/Tiang Ukuran 15 cm x 40 cm

Besi untuk kolom/tiang ukuran 15 cm x 40 cm biasanya dipakai jika Anda tidak mau mendapati banyak tonjolan di area dinding bangunan. Dengan kata lain, besi untuk kolom/tiang ukuran 15 cm x 40 cm ini dapat menghasilkan dinding rata yang terkesan rapi. 

Untuk hasil terbaik, Anda bisa menyamakan lebar kolom dengan ketebalan dinding, yaitu rata-rata 15 cm. Untuk panjangnya bebas selama masih tertanam pada dinding. 

Jika menggunakan besi untuk kolom/tiang ukuran 15 cm x 40 cm seperti contoh ini, maka diameter besi tulangan pokok yang dipakai adalah 12 mm sebanyak 8 buah. Sedangkan besi tulangan sengkang/cincin berdiameter 8 mm dipasang setiap jarak 15 cm.

4. Ukuran Besi untuk Ring

Besi untuk ring ditempatkan di atas tembok yang akan menjadi penyangga untuk lantai 2 dan juga atap. Ukuran besi untuk ring yang sebaiknya digunakan adalah 12 x 15 cm. Supaya mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa menggunakan tulang utama sebesar 10 mm, begel 8 mm, dan jarak antar begel 15 cm, serta ketebalan 1,5 cm untuk cor dari permukaan begel terluar.

Baca Juga: Berapa Ukuran Ring Balok Untuk Rumah yang Anda Butuhkan?

Demikian informasi tentang ukuran besi rumah 2 lantai yang perlu Anda ketahui agar bangunan aman dan kokoh. Pastikan Anda menggunakan ukuran besi untuk rumah 2 lantai yang tepat agar bangunan rumah Anda tidak mengalami masalah ke depannya. Bagi Anda yang membutuhkan sejumlah alat konstruksi lain untuk pembangunan rumah, Anda bisa langsung saja cari di Indosteger. 

Di Indosteger, Anda bisa menemukan berbagai alat dan bahan kebutuhan konstruksi. Semua alat konstruksi di sini lengkap dan tepercaya sehingga bisa diandalkan, mulai dari scaffolding hingga besi hollow berbagai ukuran.

Spesifikasi sekaligus harga besi hollow galvanis 4x8 juga bisa Anda lihat di Indosteger. Tidak perlu bingung memilih alat dan bahan yang tepat untuk pembangunan rumah Anda karena Anda bisa langsung hubungi tim Indosteger untuk berkonsultasi. Pesan alat dan bahan kebutuhan Anda di Indosteger sekarang juga!

Reference:

https://www.klopmart.com/article/detail/ukuran-besi-cor-untuk-rumah-2-lantai

https://kpssteel.com/besi-beton/pondasi-dan-ukuran-besi-untuk-rumah-2-lantai-tepat/

https://www.pinhome.id/blog/ukuran-besi-untuk-tiang-rumah-2-lantai/

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya