indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Berapa Standar Tinggi Plafon Rumah? Berikut Informasinya!

Jika ditanya berapa standar tinggi plafon rumah, banyak orang yang belum mengetahui informasi ini. Padahal menentukan tinggi plafon rumah yang tepat sangat penting agar mendapatkan berbagai manfaat. 

Ketika Anda berada di dalam rumah dengan tingkat ketinggian plafon yang terhitung rendah, pasti akan merasa sumpek atau ruangan terasa sempit. Namun sebaliknya, ketika Anda berada di dalam rumah dengan ketinggian plafon yang tinggi, maka ruangan terasa luas dan nyaman. Pertukaran udara di dalamnya juga terasa lebih baik. 

Jadi, sebenarnya berapa standar tinggi plafon rumah? Apa saja keuntungannya jika tinggal di rumah dengan plafon yang tinggi?

Berapa Standar Tinggi Plafon Rumah yang Ideal?

Sebenarnya, tinggi plafon rumah bisa berbeda-beda untuk setiap ruangan. Contohnya, ruang tamu memiliki plafon yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamar mandi. Namun untuk tinggi plafon rumah yang paling standar di Indonesia sendiri, berada di antara 2,8 meter hingga 3,5 meter. Namun jika dibuat lebih tinggi, tentu saja diperbolehkan.

Baca Juga: Rangka Plafon Kayu Kaso Vs Besi Hollow Galvanis

Standar tinggi tersebut sebenarnya cocok untuk iklim tropis Indonesia sendiri. Diperlukan sirkulasi udara yang lebih baik, khususnya pada siang hari agar tetap terasa sejuk. 

Untuk standar tinggi plafon ruangan di dalam rumah, juga perlu dibedakan. Biasanya, ruang keluarga dapat menggunakan standar ketinggian plafon setinggi 3 meter. Untuk ruangan kamar mandi atau kamar tidur dapat menggunakan ukuran tinggi plafon 2,4 meter. 

Perlu diingat bahwa plafon yang lebih tinggi membuat ruangan memerlukan pencahayaan lebih banyak lagi. Jangan sampai Anda lupa akan hal ini. Dengan kondisi seperti ini, maka sebaiknya pastikan jendela di dalam ruangan tersebut dapat langsung membuka ruang pencahayaan lebih banyak. 

Jika jendela di ruangan tersebut terhitung minim pencahayaan dari luar, Anda bisa menitikberatkan pencahayaan dari lampu. Peletakan titik lampu di dalam ruangan dengan pencahayaan minim perlu dibuat sebaik mungkin agar seluruh sudut mendapatkan penerangan yang tepat.

3 Keuntungan Tinggal di Rumah dengan Plafon Tinggi

Anda sudah tahu bagaimana standar tinggi plafon rumah yang ternyata membawa banyak keuntungan, khususnya bagi Anda yang tinggal di rumah dengan plafon tinggi.

1. Udara Terasa Lebih Sejuk

Udara di dalam ruangan rumah Anda akan terasa lebih sejuk karena semakin tinggi plafon rumah, maka sirkulasi udara menjadi lebih baik. Namun kalau jarak plafon rumah dengan lantai terhitung pendek, ruangan tersebut akan terasa lebih panas lagi.

Baca Juga: Apa Saja Ciri-Ciri Rumah Bersih dan Sehat?

2. Rumah Terlihat Lebih Mewah

Tidak dapat dimungkiri bahwa rumah dengan plafon yang tinggi akan terlihat lebih mewah. Itulah mengapa jika Anda melihat rumah dengan harga tinggi, maka biasanya plafon di setiap ruangannya termasuk tinggi. 

Selain itu rumah dengan plafon tinggi dapat lebih mudah didesain agar terlihat lebih indah. Penggunaan lampu gantung hingga lebih mudah meletakkan foto atau lukisan di dinding dapat membuat rumah akhirnya terlihat semakin mewah.

3. Terasa Luas

Keuntungan lain dari plafon rumah yang tinggi adalah rumah terasa luas. Bahkan walaupun sebenarnya luas bangunan tersebut tidak sebesar yang dibayangkan, namun plafon rumah yang tinggi membuat rumah menjadi terasa lebih lapang. Beraktivitas di dalamnya semakin menyenangkan dan membuat rumah semakin homey.

Instalasi rumah dengan plafon yang tinggi tidak semudah plafon yang lebih pendek. Anda membutuhkan dukungan layanan sewa steger dari Indosteger. Dengan menggunakan steger dari Indosteger, Anda bisa memasang lampu serta wallpaper plafon rumah secara lebih mudah. Semoga informasi standar tinggi plafon rumah di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Recent Articles