indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Apa Saja Ciri-Ciri Rumah Bersih?

Ciri-ciri rumah bersih seperti apa yang Anda ketahui? Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa menyapu dan mengepel lantai sudah termasuk ciri rumah bersih. Padahal, ciri-ciri rumah bersih tidak hanya itu. Yuk kita lihat apa saja ciri-ciri rumah bersih dan layak huni!
 

Ciri-Ciri Rumah Bersih

Ada lima ciri-ciri rumah bersih yang bisa langsung Anda terapkan dan cek di rumah sendiri. Penasaran dengan setiap caranya?
 

1. Rumah Bebas Serangga Mengganggu

Sulit memang untuk tinggal di rumah yang benar-benar bebas dari serangga. Namun, ciri-ciri rumah bersih bisa dilihat dari ada tidaknya serangga kotor seperti kecoa, nyamuk, lalat, dan rayap. Serangga-serangga ini senang tinggal di lingkungan yang kotor atau pojokan-pojokan rumah yang jarang dibersihkan. 

Tentunya selain menggelikan, kehadiran serangga-serangga kotor ini pun membawa segudang risiko penyakit, misalnya saja demam berdarah, chikungunya, diare, keracunan makanan, dan lain sebagainya. Bahkan, kehadiran rayap pun akan berdampak buruk pada kualitas bangunan dan perabotan rumah Anda yang terbuat dari kayu. 

Agar bisa memiliki rumah bersih yang bebas dari serangga kotor, rajinlah membersihkan rumah agar tidak ada debu maupun kotoran yang menumpuk. Cari sarang serangga dan basmi dengan obat pengusir serangga. Ingat, serangga senang sekali tinggal di tempat yang gelap, berbau, dan lembap, jadi pastikan tidak ada sudut rumah yang seperti ini.
 

2. Rumah yang Terbuat dari Material Aman

Rumah yang layak huni adalah rumah yang bersih dan kokoh. Ternyata, dua hal ini juga saling berkesinambungan. Material bangunan yang digunakan untuk membangun rumah sangat menentukan kebersihan rumah dan juga kesehatan para penghuninya. Lagipula, rumah adalah tempat kita beristirahat, jadi kita akan menghabiskan banyak waktu di dalam rumah. 

Sejatinya, rumah yang sehat dan bersih tidak dibuat dari bahan-bahan berbahaya seperti asbes dan timah hitam. Untuk itu, pastikan bahwa hunian Anda tidak menggunakan material yang mengandung >300 mg/kg timah hitam, >150 µgm3, maupun 0,5 fiber/m3/4 jam.
 

3. Rumah Berventilasi

Coba hitung ada berapa banyak jendela dan bukaan rumah yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara? Sangat dianjurkan untuk memiliki ventilasi udara di setiap ruangan di rumah, yakni minimal sebesar 10% dari total luas area lantai. Pentingnya ventilasi di rumah menyangkut kebersihan dan juga kesehatan penghuni. 

Rumah yang minim ventilasi akan terasa lebih sumpek, lembap, dan mudah berbau karena kurangnya siklus pergantian udara dari dalam ruangan dengan udara dari luar rumah. Hal tersebut menyebabkan udara yang tidak segar beserta kuman dan bakteri yang ada pun menjadi terperangkap dalam ruangan. 

Selain bisa menambah jendela atau bukaan rumah dengan renovasi, Anda sebetulnya juga bisa menambah ventilasi rumah dengan menggunakan exhaust fan. Namun, memang lebih baik untuk memiliki jendela yang bisa dibuka untuk memperlancar sirkulasi udara dan menambah pencahayaan alami dalam rumah.
 

4. Rumah Bebas Bau dan Sampah Menumpuk

Ciri-ciri rumah bersih itu tidak hanya bisa dilihat, tetapi juga dicium. Jika lantai sudah bersih, tembok bebas kotoran, dan perabotan rumah bebas debu, itu saja belum cukup. Apakah rumah Anda sudah bebas dari bau? Hal ini yang seringkali diabaikan oleh penghuni rumah, biasanya karena mereka sudah terbiasa dengan bau yang ada di rumah. 

Bau ini bisa jadi datang dari tumpukan pakaian kotor yang belum dicuci, WC, piring-piring kotor, makanan basi, kotoran hewan, sampah menumpuk, dan debu. Apalagi bau-bau ini akan semakin diperparah oleh minimnya ventilasi udara di dalam rumah. 

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat
 

5. Rumah yang Hijau

Rumah yang bersih juga menjadi rumah yang enak untuk dilihat. Mungkin dikarenakan minimnya lahan kosong, banyak rumah tangga yang memilih untuk membuat garasi ketimbang taman. Padahal, salah satu ciri rumah bersih adalah rumah yang asri, alias rumah yang memiliki sentuhan segar dari tanaman-tanaman hijau. 

Walau hanya merupakan taman kecil, sudah bisa membuat rumah terlihat lebih asri. Anda juga bisa menanam tanaman-tanaman hijau dalam pot jika memang tidak memiliki lahan yang cukup. 

Itulah sejumlah ciri rumah bersih yang bisa Anda contoh. Jadikan hidup Anda lebih sehat dan berkualitas dengan tinggal di hunian yang bersih. Cek juga biaya renovasi rumah untuk segera menambah ventilasi, lahan hijau, atau material bangunan supaya rumah bisa sesuai dengan ciri-ciri rumah bersih yang dijabarkan di atas.

Apakah sulit untuk bisa menjadikan hunian kita sebagai hunian yang bersih dan sehat? Tidak juga, kok!

Baca juga: 5 Cara Renovasi Rumah Lama Dengan Tepat, Cepat Serta Hemat

Recent Articles