indosteger@gmail.com   +62818716828

Apa itu Struktur Atap dak Beton untuk Atap Hunian Anda

Media
08 Mei 2023

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Struktur atap dak beton merupakan salah satu konstruksi atau rangkaian elemen yang digunakan untuk menopang atap yang terbuat dari beton. Struktur ini sendiri saat ini sudah sering digunakan oleh para pemilik rumah, terutama jika pemilik rumah ingin memperluas rumah tetapi hanya memiliki lahan yang terbatas. 

Jika Anda tertarik untuk membuat atap dak beton pada rumah yang Anda miliki, maka Anda harus mengetahui beberapa informasi terlebih dahulu mengenai struktur atap dak beton. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan artikel Indosteger di bawah ini sampai tuntas ya!

Apa yang Dimaksud Dak Beton?

Secara umum, pengertian dari dak beton adalah suatu pembatas yang terbuat dari beton antara satu lantai dengan lantai lainnya. Selain pembatas lantai yang terbuat dari beton, ternyata Anda juga bisa membuat dak dari berbagai jenis material yang tersedia, di antaranya seperti tanah liat dan kayu.

Penggunaan dak beton sebagai atap rumah sendiri dinilai sangat memberikan kelebihan yang banyak terhadap penghuni rumah, di antaranya seperti dapat dibuat sebagai tambahan ruang, tahan cuaca, tahan lama, serta memiliki perawatan yang mudah.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengenal 5 Jenis Dak Rumah ini?

Apa itu Struktur Dak?

Lalu, apa yang dimaksud dengan struktur dak? Pada dasarnya, struktur dak merupakan bagian dari bangunan yang digunakan untuk memisahkan antara lantai bawah dengan lantai atas. 

Saat ini sendiri, sudah banyak bangunan-bangunan hingga rumah yang menggunakan struktur atap dak beton sebagai atap rumah yang dimilikinya untuk melindungi diri dari hujan dan cuaca lainnya.

Dalam pembuatan struktur dak, Anda bisa menggunakan beberapa bahan material yang tersedia, seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di atas. Namun, bahan material yang paling sering digunakan ketika membuat struktur atap dak beton adalah semen cor. Hal ini dikarenakan, semen cor mampu menciptakan struktur yang kuat dan tahan lama serta mampu untuk menahan beban berat. 

Apa Saja Karakteristik Dak Beton yang Kokoh?

Sebelum membuat atap rumah dari dak beton, Anda harus mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh dak beton yang kokoh terlebih dahulu. Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh struktur atap dak beton, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kokoh dan Kuat

Karakteristik pertama dari struktur dak beton adalah kokoh dan kuat. Artinya, dalam proses pembuatan struktur atap beton, Anda harus bisa membuatnya dengan proses yang sempurna agar dapat menghasilkan atap beton yang kokoh dan kuat. Pembuatan dak beton yang kokoh dan kuat sendiri bertujuan untuk menahan beban pada bengunan yang bertingkat.

2. Halus dan Rata

Karakteristik kedua dari struktur dak beton adalah halus dan rata. Artinya, dalam mengerjakan proses atap dak beton, Anda harus melakukannya dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil permukaan yang terlihat halus dan rata. Adapun tujuan dilakukannya pembuatan atap dak beton yang halus dan rata, yaitu untuk memberikan fungsi serta nilai estetika yang dimiliki oleh sebuah rumah.

3. Efisien 

Selanjutnya adalah efisien, yang memiliki arti bahwa proses pengerjaan atap beton harus bisa dilakukan dalam waktu yang singkat atau tidak terlalu lama. Untuk melakukan hal ini, tentu Anda harus membuat kalkulasi terhadap waktu pengerjaan dak beton. 

Pembuatan dak beton dengan waktu yang tidak terlalu lama ternyata memiliki tujuannya tersendiri. Jika Anda mengerjakan atap beton dengan waktu yang lama, maka akan dikhawatirkan bahwa dak beton tersebut akan mudah retak dan keropos, apalagi jika Anda melakukan pengerjaan dak beton di saat musim hujan sedang berlangsung. 

4. Ekonomis

Karakteristik terakhir adalah ekonomis yang memiliki arti bahwa menggunakan dak beton sebagai pembatas lantai merupakan salah satu opsi yang paling ekonomis atau relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis material yang lainnya, seperti dak kayu yang bahan bakunya terbilang mahal.

Bagaimana Cara Membuat Atap Dak Beton yang Kokoh dan Kuat?

Jika Anda ingin membuat struktur atap dak beton pada rumah yang Anda huni, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat atap dak beton yang kokoh dan kuat. Berikut adalah penjelasan dari cara membuat atap dak beton yang kokoh dan kuat.

1. Melakukan Perhitungan dan Persiapan Material

Sebelum memulai pembuatan dak beton, hal pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan perhitungan hingga mempersiapkan material yang akan dibutuhkan. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan perhitungan terhadap dimensi dak beton yang hendak dibuat serta jumlah besi tulangan yang akan Anda butuhkan nantinya. 

Dalam melakukan langkah pertama ini, terdapat hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu dengan menghindari penggunaan besi tulangan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, akan menambah bobot struktur dak serta menambah beban biaya.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan perhitungan terhadap komposisi beton yang akan digunakan. Untuk pekerjaan non struktural, maka Anda bisa menggunakan beton mutu B0, untuk komposisi pasir dan kerikil sebaiknya tidak melebihi 8:1. Sedangkan, untuk pekerjaan struktural, Anda bisa menggunakan beton mutu B1 serta K125 yang biasanya menggunakan komposisi 1:2:3 untuk campuran semen, pasir, dan split.

Baca Juga: Rumus Campuran Beton yang Aman, Kokoh dan Sesuai SNI

2. Melakukan Pengadukan Bahan-bahan Dasar Beton

Jika Anda sudah melakukan perhitungan dan mempersiapkan seluruh bahan material yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengaduk bahan-bahan dasar beton. 

Pada proses ini, Anda bisa melakukannya dengan cara manual atau dengan bantuan mesin untuk hasil yang lebih optimal. Dalam melakukan pengadukan sendiri, pastikan bahwa hasil dari adukan yang dilakukan bersifat homogen yang ditandai dengan warna yang merata, tidak terdapat segregasi atau butir-butir yang terpisah, serta hasil adukan yang tidak terlalu kental maupun cair. 

Campuran yang tidak merata dapat menghasilkan dak beton berkualitas buruk, jadi penting bagi Anda untuk memerhatikan langkah yang satu ini.

3. Melakukan Proses Pengecoran

Langkah terakhir adalah dengan melakukan proses pengecoran. Sebelum proses pengecoran dimulai, Anda bisa membuat bekisting dan pembesian terlebih dahulu. Bekisting sendiri merupakan sebuah cetakan yang sifatnya hanya sementara dan akan dipakai untuk menahan beton selama proses penuangan dengan tujuan untuk mendapatkan bentuk sesuai dengan keinginan. 

Pada sisi bagian dalam papan bekisting, sebaiknya Anda mengolesi dengan minyak supaya bekisting tidak terlalu melekat pada beton setelah kering. Sedangkan, pembesian elemen struktur yang meliputi kolom, pelat, dan balok sebaiknya diikat atau saling mengikat agar menjadi satu kesatuan. Untuk mendapatkan hasil pengecoran yang bagus, maka Anda harus melakukan proses pengecoran dalam waktu 1 hari secara bersamaan dan cepat.

Dalam melakukan langkah ini, Anda juga harus memerhatikan ketebalan dari dak beton yang akan Anda buat. nantinya Adapun ketebalan dak beton yang cukup kuat untuk menahan gaya tekan, yaitu dengan ketebalan minimal 8cm. Sedangkan, untuk dak lantai beton, Anda bisa membuatnya dengan ketebalan 12cm.

Baca Juga: Berapa Jarak Anyaman Besi Cor Dak yang Ideal?

Jika proses pengecoran sudah selesai, maka Anda bisa menyiramnya dengan air sedikit demi sedikit untuk menghindari cor beton yang mengeras dengan cepat. Setelah itu, Anda bisa menunggu selama kurang lebih 2 minggu guna mendapatkan hasil yang optimal. 

Itulah informasi mengenai struktur atap dak beton yang dapat Anda ketahui. Jika Anda hendak membuat atap dak beton untuk pelindung atap rumah, maka Anda bisa langsung saja mencari material yang berkualitas di website Indosteger. Seluruh spesifikasi hingga harga besi hollow galvanis 4x8 juga bisa Anda dapatkan saat mengunjungi website Indosteger. Segera hubungi tim Indosteger untuk pemesanan sekarang! 

 

Sumber:

https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/dak-beton/

https://strong-indonesia.com/artikel/membuat-dak-beton-yang-benar 

https://www.rumah.com/panduan-properti/dak-beton-29981

https://www.klopmart.com/article/detail/struktur-atap-dak-beton

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb