indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Mengetahui Ukuran Tinggi Tangga Ideal dan Tepat

Menentukan ukuran tinggi tangga ideal adalah salah satu to-do-list yang harus diperhatikan dalam pembangunan rumah bertingkat. Tinggi tangga ini juga berpengaruh pula pada pemasangan anak tangganya. Selain itu, ketinggian tangga juga bisa menentukan kenyamanan penghuni rumah saat melewatinya.

Prinsip utama dalam pemasangan tangga bukanlah perkara keindahan, melainkan kenyamanan dan fungsi dari tangga tersebut. Pemilik rumah harus ingat tujuan pemasangan tangga, yakni menghubungkan dua lantai yang berbeda. Karena itu, dimensi pembangunan tangga harus dihitung serinci mungkin, terutama dalam menentukan tingginya.

Dimensi Tinggi Tangga Ideal dalam Pembangunan Rumah

Rumah bertingkat sudah menjadi pilihan bagi setiap orang saat ini, terlepas dari ukuran rumah yang dimilikinya. Jangan salah, ukuran rumah terkecil yaitu tipe 32 pun sudah banyak yang dibangun secara bertingkat. Meskipun luas rumahnya relatif sempit, mayoritas pemilik rumah melakukan penambahan ruang dengan cara renovasi vertikal.

Baca Juga: Ketahui Ukuran Tangga Rumah Minimalis yang Tepat

Renovasi vertikal dengan menambahkan tangga lebih digemari saat ini karena tidak memakan lahan yang tersedia. Langkah ini dinilai lebih menguntungkan, apalagi bagi pemilik rumah yang sudah memanfaatkan lahan yang tersisa sebagai taman atau eksterior lainnya.

Salah satu hal yang paling menantang dalam pembangunan rumah bertingkat adalah mengukur tangga yang sesuai. Pemasangan tangga tidak boleh dilakukan sembarangan, tetapi harus dengan pengukuran yang tepat. Kesalahan dalam pengukuran membuat tangga kehilangan fungsinya. Bukan tidak mungkin jika terjadi kecelakaan akibat konstruksi tangga yang tidak sesuai.

Lebar dan tinggi tangga adalah dua dimensi yang harus diukur pertama kali dalam membuat konstruksi tangga. Dari situlah, kita bisa mengetahui jumlah dan ukuran anak tangga yang mau dibuat. Tidak hanya itu, pengukuran kedua dimensi tersebut juga harus menyesuaikan area tangga yang harus dibangun dalam rumah. Alhasil, tangga pun tidak akan memakan ruang di setiap tingkatnya berkat pengukuran yang ideal.

Baca Juga: Bagaimana Ukuran Lebar Tangga Ideal untuk Rumah?

Tangga yang terlalu tinggi bisa menyebabkan bahaya saat dilewati. Baik orang dewasa maupun anak kecil, mereka bisa berisiko terjatuh saat melewati tangga yang terlalu tinggi. Tangga yang terlalu rendah juga kurang ideal, sebab bisa membuat jarak tangga menjadi lebih panjang. Penghuni rumah manapun pasti akan mudah merasa lelah apabila mereka menggunakan tangga yang terlalu rendah.

Tinggi tangga ideal sebenarnya bervariasi untuk setiap rumah, tergantung pada jarak antar lantai yang ingin dibangun. Rata-rata rumah memiliki tangga dengan tinggi 3 meter (300 cm) dan itu adalah tinggi yang pas. Dengan tinggi tangga tersebut, pemilik rumah bisa membangun anak tangga dengan jumlah dan tinggi yang ideal untuk dilangkahi.

Sebagai informasi, tinggi anak tangga yang pas untuk dilalui maksimal 20 cm untuk orang dewasa di atas 150 cm. Apabila ada anak kecil di dalam rumah, tinggi anak tangga minimal 15 cm. Jangan terlalu rendah, karena akan membuat jumlah anak tangga semakin bertambah dan Anda bisa kecapaian saat melewatinya.

Tinggi tangga 3 meter bisa membangun anak tangga sejumlah 15-20 buah. Anda juga bisa membuat satu bordes di tengah tangga sebagai tempat peristirahatan. Bordes wajib dipasang jika jumlah anak tangga berjumlah lebih dari sepuluh. Bentuk tangga juga sebaiknya dibuat berbelok, seperti bentuk L atau U. Tangga 3 meter lebih baik tidak dibuat lurus agar tidak curam.

Setelah mengetahui dimensi tangga secara keseluruhan, kini Anda bisa mulai membangunnya. Pastikan pembangunan tangga berjalan aman dan selamat dengan rental scaffolding Jakarta dari Indosteger. Lebih baik menyewa tangga scaffolding daripada membelinya, karena belum tentu tangga tersebut digunakan sewaktu-waktu. Jadi, sudah tahu tinggi tangga ideal untuk rumah?

Recent Articles