indosteger@gmail.com   +62218294428

News

5 Cara Hitung Ukuran Tangga Rumah Tinggi 3 Meter yang Aman

Perkara utama dalam membangun rumah bukanlah memilih desain interior dan eksterior yang sesuai, tapi melakukan penghitungan terhadap setiap elemen bangunannya. Rumah yang bertingkat juga membutuhkan tangga sebagai penghubung setiap lantainya. Biasanya, rumah bertingkat yang minimalis membutuhkan tangga setinggi 3 meter. Lantas, bagaimana caranya menghitung ukuran tangga rumah tinggi 3 meter agar tidak terlalu tinggi saat dilangkahi?

Seperti halnya membangun ruangan dalam rumah, pembangunan tangga juga harus diperhatikan dengan teliti. Membangun tangga tidak hanya menyusun anak tangga hingga mencapai tingkat berikutnya. Ada juga hal-hal lain yang harus dihitung sebelum membangun tangga di rumah, yaitu jumlah, lebar dan jarak antar anak tangga (trap). Semua itu harus dihitung dalam proses desain rumah, sehingga menghasilkan tangga yang nyaman untuk dilangkahi.

Apa Saja Syarat Tangga Rumah yang Aman?

Pemilik rumah, arsitek atau kontraktor juga harus memiliki informasi mengenai tangga rumah yang aman dan nyaman untuk digunakan. Tidak masalah bila Anda ingin membangun model tangga berbentuk lurus atau melengkung, yang penting perhatikan unsur keamanan tangganya. Berikut ini adalah ukuran bagian tangga yang bisa dibilang aman:

  • tinggi antar anak tangga (trap) maksimal 20 cm, sehingga tidak terlalu tinggi saat dilangkahi.

  • lebar anak tangga (trap) minimal 30 cm, menyesuaikan dengan lebar langkah kaki. Bila kurang dari angka tersebut, tangga menjadi terlalu sempit dan bisa berisiko terjatuh.

  • lebar tangga secara keseluruhan minimal 120 cm bila dibuat simpangan, sehingga bisa dilewati pula oleh dua orang.

Agar lebih aman, tangga juga bisa dilengkapi dengan railing tangga untuk menjaga langkah Anda agar tidak terpeleset. Pastikan juga jarak antar railing ini tidak terlalu lebar untuk mencegah anak kecil jatuh melewati railing atau dinding tangga ini.

Railing ini juga bisa diganti dengan dinding, asalkan tangganya dibuat lebih mendalam dan berbentuk lurus ke atas.

Apa Rumus Ukuran Tangga Dengan Ukuran 3 Meter?

Sekarang waktunya untuk menghitung besar tangga rumah dengan tinggi 3 meter antar lantainya. Di sini, kita harus mengetahui dengan rinci jumlah, lebar, dan tinggi setiap anak tangganya.

Untuk model atau bentuk tangga sendiri sebenarnya ada banyak jenis yang dapat Anda gunakan, mulai dari tangga putar, tangga berbentuk L, dan tangga lurus. Untuk kali ini, kita akan membuat ukuran model tangga lurus.

Tidak susah menghitung jumlah anak tangga untuk model lurus, karena tidak membutuhkan perhitungan yang lebih rumit. Sebelumnya, kita ubah angka 3 meter ini ke 300 cm, agar selaras dengan syarat keamanan tangga yang disebutkan tadi. Inilah beberapa rumus untuk menghitung ukuran tangganya:

1. Menghitung Jumlah Anak Tangga

Menghitung anak tangga adalah langkah penting dalam proses mendesain tangga rumah yang nyaman. Rumus menghitungnya adalah tinggi tangga dibagi dengan tinggi trap maksimal, yaitu 20 cm. Untuk tinggi 3 meter atau 300 m, kita bagi 300/20, sehingga hasilnya adalah 15 anak tangga. Anak tangganya ini harus dibuat dengan ukuran yang sama sehingga tangga menjadi aman saat dilangkahi.

2. Menghitung Ukuran Anak Tangga

Setelahnya, kita harus menghitung ukuran setiap anak tangganya. Rumusnya adalah tinggi tangga dibagi jumlah anak tangga. Hitunglah 300/15, dan hasilnya adalah 20 cm untuk tinggi setiap anak tangganya.

Bisa juga tangga rumah dibuat bordes atau tempat istirahat saat melewati tangga. Biasanya, bordes ini memiliki ukuran 90 cm.

3. Menghitung Panjang Tangga

Terakhir, kita juga harus menghitung panjang tangganya. Misalnya, lebar anak tangga adalah 30 cm sesuai syarat tadi, dan bordesnya berukuran 90 cm. Total panjang tangga bisa dihitung dengan rumus (lebar anak tangga x jumlah anak tangga) + bordes.

Dari rumus di atas, kita hitung (30 cm x15)+90 cm = 540 cm atau 5,4 m, maka kita bisa buat tangga sepanjang 5,4 m. Bila terlalu luas, gunakan saja tangga bolak-balik dua arah. Rumusnya, (lebar anak tangga x jumlah anak tangga)/2 + bordes.

Jadi, kita hitung (30 cmx15)/2 + 90 cm, dan hasilnya 315 cm atau 3,15 cm. Inilah panjang tangga yang dibangun apabila dibuat bolak balik.

4. Menghitung Kemiringan Tangga

Kemiringan tangga adalah dimensi penting yang harus Anda perhatikan untuk membuat tangga rumah. Untuk rumah minimalis, Anda mungkin tidak bisa bermain terlalu banyak terkait kemiringan tangga karena keterbatasan lahan.

Tetapi, dengan menggunakan desain tangga lurus, Anda tetap dapat mendapatkan tangga rumah yang ideal serta aman dan nyaman untuk digunakan.

Rumus perhitungan kemiringan tangga juga dapat Anda gunakan dengan mudah. Berikut adalah contohnya;

Semisal tinggi tangga adalah 3 meter dengan panjang 3,15 meter. Untuk mendapatkan kemiringan tangga yang ideal, Anda tinggal membagi keduanya;

3 meter / 3.15 meter = 0.9.

Koefisien kemiringan tangga yang Anda butuhkan adalah 0.9. Itu berarti kemiringan tangga Anda berada di angka 45 hingga 75 derajat.

Baca juga: Cara Menghitung Sudut Kemiringan Tangga

5. Menentukan Ukuran Bordes

Bordes adalah area istirahat dari struktur tangga Anda. Jika Anda mendesain tangga dengan jumlah anak tangga lebih 12 anak tangga, ada baiknya Anda membuat bordes pada denah tangga Anda.

Lalu, berapa ukuran bordes yang ideal?

Ukuran bordes dari segi panjang memiliki angka yang bervariasi. Umumnya, orang-orang membuat bordes mulai dari ukuran 80 cm hingga 120 cm. Anda bisa menyesuaikan ukuran bordes dengan ukuran tangga rumah Anda.

Lalu, untuk menjamin bahwa bordes tangga Anda nyaman untuk digunakan, pastikan lebar bordes Anda minimal 1 meter atau lebih.

Itulah dia cara menghitung ukuran tangga rumah tinggi 3 meter yang dapat Anda coba. Membuat perencanaan tangga sangatlah penting untuk mendapatkan tangga rumah yang ideal, khususnya bagi Anda yang memiliki hunian minimalis dan hanya memiliki sedikit ruang yang tersedia. Elemen-elemen yang harus Anda perhitungkan adalah kemiringan tangga, lebar pijakan, jumlah serta ukuran anak tangga, dan bordes.

Agar pembangunan tangga di rumah berjalan dengan aman, Anda bisa gunakan tangga scaffolding yang menjadi andalan Indosteger. Kami jual tangga scaffolding dengan harga yang terjangkau dan pastinya dengan kualitas yang sudah terjamin.

Baca juga: 4 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana yang Inovatif

Recent Articles