indosteger@gmail.com   +62218294428

News

Ketahui dengan Pasti Ukuran Begel Tiang untuk Rumah

Ukuran begel tiang untuk rumah harus diperhatikan sedemikian rupa agar sesuai dengan standar. Begel alias sengkang adalah besi yang dibentuk melingkar untuk mengikat struktur tulangan utama besi beton. Pembuatan besi begel biasanya menggunakan jenis besi yang sama seperti yang digunakan dalam kolom atau fondasi. Jadi, Anda bisa memilih untuk menggunakan besi beton polos atau besi beton ulir.

Di Indonesia, khususnya untuk bangunan rumah, bentuk besi begel biasanya dibuat persegi atau persegi panjang sesuai dengan ukuran kolom. Namun, sebenarnya ukuran begel tiang bisa berbeda-beda, tergantung ukuran dan bentuk kolom yang ingin dibuat.

Besi begel harus dibuat sesuai standar ukuran yang sama, dengan bentuk yang konsisten dan jarak antar begel pun perlu diperhatikan. Berikut ulasan selengkapnya mengenai ukuran begel tiang dan cara pemasangannya.

Pentingnya Kolom atau Tiang Bangunan

Dalam setiap konstruksi bangunan, mulai dari rumah pribadi hingga fasilitas publik, kolom atau tiang adalah salah satu bagian terpenting dari struktur. Kolom harus cukup kuat untuk menahan beban dan menjadi bagian utuh dari fondasi.

Baca Juga: Apa itu Kolom Pada Bangunan dan Fungsi Pentingnya

Intinya, tiang atau kolom bangunan tersebut berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan sampai ke fondasi. Tiang juga harus saling terhubung dengan balok untuk membentuk satu struktur yang kuat.

Pembuatan kolom atau tiang bangunan juga harus memperhatikan banyak faktor, seperti tinggi bangunan, besar bangunan, luas plat lantai bangunan, dan semacamnya. Tiang bangunan pun tentunya harus diposisikan dengan tepat.

Nah, kolom atau tiang bangunan tersebut biasanya dibuat dari beton bertulang, yaitu kombinasi besi beton dengan cor beton. Pembuatan besi kolom tersebut perlu diperhatikan, di sinilah peran begel dibutuhkan untuk mengikat kolom dan menjaga kekuatannya.

Apa itu Besi Begel?

Kata begel sendiri berasal dari bahasa belanda, buegel. Di Indonesia kata tersebut diserap menjadi begel, bisa juga disebut sengkang dalam KBBI. Dalam bahasa Inggris, besi begel disebut clip, braca, atau strap.

Pada dasarnya, besi begel adalah bagian dari struktur bangunan, khususnya dalam pembuatan kolom. Besi begel berfungsi untuk mengikat kolom dan menahan ukurannya tetap konsisten. Ikatan tersebut juga membantu meningkatkan kekuatan struktur tulangan utama besi beton.

Pemilihan besi begel biasanya disesuaikan dengan jenis besi beton yang digunakan. Sebagai contoh, jika kolom dibuat dengan besi beton polos, kemungkinan besi yang sama akan dipotong dan digunakan untuk membuat besi begel. Begitu pula sebaliknya untuk besi ulir.

Ukuran dan bentuk besi begel juga bervariasi, tergantung dari bentuk kolom yang ingin dibuat. Anda juga bisa membeli besi begel yang sudah jadi dan tinggal memasangkannya pada kolom. Berikut beberapa jenis ukuran besi begel yang umum dijumpai di pasaran:

  • 90 x 90 mm
  • 90 x 150 mm
  • 90 x 250 mm
  • 90 x 300 mm

Berapa Ukuran Begel Tiang untuk Rumah?

Mengingat pentingnya tiang kolom dan penggunaan begel sebagai pengikat, ukuran begel tiang juga harus dipastikan dapat memenuhi kebutuhan. Begel diperlukan agar tiang berdiri tegak dan kokoh sebagai struktur.

Begel harus dipastikan kuat dan dapat mengikat kolom dengan baik, terlebih untuk bangunan bertingkat. Biasanya, begel dibuat berdasarkan aspek-aspek lain, seperti jarak antar tiang, ukuran kolom, hingga ketebalan cor yang digunakan.

Artinya, ukuran begel tiang untuk rumah mungkin berbeda-beda, tergantung keperluannya. Tiang dan begel untuk rumah satu lantai berbeda dari rumah dua lantai karena beban yang ditahan pun berbeda.

1. Rumah Satu Lantai

Ukuran kolom dan begel untuk rumah satu lantai biasanya relatif kecil, tidak sebesar kebutuhan untuk bangunan bertingkat atau rumah dua lantai. Biasanya, ukuran ditentukan berdasarkan ketebalan dinding.

Sebagai contoh, jika dinding menggunakan bata merah, maka ukuran tiang kolom dianjurkan sebesar 10 x 15 cm hingga 10 x 20 cm. Jadi, diameter begel yang dibutuhkan berkisar di angka 10-12 cm dengan pemasangan di empat titik.

Jarak antar-titik pemasangan begel atau sengkang tersebut juga disesuaikan dengan ukuran besi yang digunakan. Untuk besi ukuran 6-8 mm, jarak antar begel dianjurkan sebesar 15-20 cm. Tidak perlu khawatir, ukuran tersebut sudah cukup kuat untuk menopang beban dinding dan atap pada rumah satu lantai. 

2. Rumah Dua Lantai

Rumah dua lantai membawa beban yang berbeda, karena itu dibutuhkan standar yang berbeda pula dalam pembuatannya. Berdasarkan aturan SNI pemerintah, begel untuk tiang dua lantai minimal berukuran 20 x 20 cm.

Rumah atau bangunan dua lantai minimal membutuhkan 8 kolom beton bertulang yang diposisikan di delapan sisi berbeda. Diameter besi yang digunakan dianjurkan sebesar 12 mm dengan jarak antar tiang besi sebesar 10 cm.

Baca Juga: Rincian Konstruksi Rumah 2 Lantai: Fondasi, Struktur, hingga Lama Pengerjaan

Tentunya ukuran begel atau sengkang dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran kolom. Biasanya, ada kolom yang dibuat lebih pipih untuk ruangan tertentu. Misalnya untuk dapur dan ruang makan, Anda bisa menggunakan begel berukuran 15 x 40 cm.

Demikian ulasan singkat soal ukuran begel tiang untuk rumah dan pentingnya penggunaan begel dengan tepat untuk menopang kolom. Anda harus memilih besi yang tepat untuk membuat begel, pastikan Anda membelinya dari toko bangunan yang tepercaya. Untuk kebutuhan berbagai alat dan material konstruksi, Anda bisa mencarinya di Indosteger.

Indosteger menyediakan berbagai alat dan bahan kebutuhan konstruksi berkualitas baik secara lengkap, mulai dari scaffolding hingga besi hollow beraneka ukuran. Anda juga bisa melihat spesifikasi sekaligus harga besi hollow galvanis 4x8. Jika bingung memilih alat dan material yang tepat, segera hubungi tim Indosteger untuk mengonsultasikan kebutuhan konstruksi Anda!

Reference:

https://kpssteel.com/educational/ukuran-begel-tiang-untuk-rumah-1-lantai-dan-2-lantai/

https://www.smsperkasa.com/blog/mengulik-besi-beton-besi-begel-kawat-bendrat 

Recent Articles

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya